Tentang Penyakit Ambeien, Pantangan, Cara Mengatasi, Menyembuhkan dan Penyebabnya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 30 Maret 2020 14:14
Tentang Penyakit Ambeien, Pantangan, Cara Mengatasi, Menyembuhkan dan Penyebabnya
Tahu nggak sih, hampir tiga dari empat orang dewasa bakalan mengalami penyakit ambeien. Dan hingga kini, penyebabnya juga masih belum diketahui.

Penyakit ambeien atau yang juga disebut dengan wasir, adalah pembengkakan pembuluh darah di anus dan rektum di bagian bawah, mirip dengan varisis. Ambeien ini bisa muncul di dalam rektum atau di bawah kulit di sekitar anus.

Walaupun penyakit ambeien ini menyakitkan banget , tapi sangat bisa dicegah dan udah diobati kok. Karena penyakit ini sering kali memburuk dari waktu ke waktu, dokter biasanya bakaln menyarankan untuk segera dilakukan perawatan sesaat setelah muncul.

1 dari 3 halaman

Pantangan Penyakit Ambeien

Ilustrasi Sayuran © Diadona

Penyakit ambeien umumnya datang dengan gejala berikut:

  • Rasa gatal di sekitar anus
  • Iritasi dan rasa sakit di sekitar anus
  • Benjolan gatal atau nyeri di dekat anusKebocoran tinja
  • Rasa sakit saat buang air besar
  • Darah di jaringan setelah buang air besar

Nah, punya penyakit ambeien berarti siap-siap dengan rasa sakit yang sering menyerang. Dan ada beberapa pantangan yang harus ditaati untuk meringankan sakitnya?

Apa aja?

Jangan Menunda BAB

Setiap kali merasa pengen banget buang air besar, maka segeralah lakukan. Jangan menunggu waktu-waktu. Ini karena menunda buang air besar bisa memperburuk konstipasi, yang kemudian bakalan memperburuk sakit karena penyakit ambeien.

Makan Rendah Serat

Dengan makan tinggi serat, maka proses buang air bsar bakalam lebih mudah. Coba kalau yang kamu makan adalah makanan rendah serat, maka kotoran bakalan keras, trus butuh mengejan untuk mengeluarkannya. Akibatnya, penyakit ambeien jadi terasa lebih sakit.

Roti, Olahan Susu, Daging, Makanan Beku

Ini membuat BAB jadi sulit. Apa akibatnya? Yup, penyakit ambeien bakalan bertambah parah.

2 dari 3 halaman

Cara Mengatasi dan Menyembuhkan Penyakit Ambeien

Ilustrasi Garam Epsom © Diadona

Prosedur medis nggak selalu jadi pilihan banyak ornag untuk mengobati penyakit ambeien. Nggak usah khawatir, ada banyak pilihan pengobatan kok. Apa aja?

Mandi Air Hangat dengan Garam Epsom

Mandi air hangat bisa membantu meredakan iritasi, dan mengurangi rasa sakit akibat penyakit ambeien ini. Coba gunakan bak mandi kecil yang pas di atas kursi toilet, atau bisa juga dengan mandi seluruhnya.

Menurut Harvard Health, mandi air hangat selama 20 menit setelah setiap buang air besar paling efektif untuk mengobati penyaki ambeien dan emngobati rasa sakit.

Suplemen Serat

Suplemen serat seperti psyllium, dapat membantu mengurangi sembelit, membuat tinja menjadi lebih lunak, trus gerakan usus jadi lebih cepat dan nggak menimbulkan rasa nyeri. Dengan ini berarti rasa sakit pada penyakit ambeien jadi sedikit lebih ringan.

Witch Hazel

Tanaman ini memang nggak terkenal di Indonesia, padahal manfaatnya banyak banget, termasuk untuk mengobati penyakit ambeien.

Witch hazel dapat mengurangi gatal dan sakit yang merupakan dua gejala utama penyakit ambebien Tanaman ini juga anti-inflamasi alami, sehingga bisa mengurangi pembengkakan.

Lidah Buaya

Potensi lidah buaya buat mengobati penyakit ambeien sebenarnya udah dikenal dalam sejarah. Diperkirakan, ini karena lidah buaya punya sifat anti-inflamasi, yang dapat membantu mengurangi iritasi.

Memang sih sampai saat ini belum ada studi ilmiah buat membuktikan kemapuhan lidah buaya dalam penyakit ambeien ini. Tapi nggak ada salahnya buat mencoba.

Salep Penyakit Ambeien

Banyak salep ambeien yang dijual bebas dan dapat ditemukan di hampir setiap toko obat. Salep ini bisa mengurangi pembengkakakn dan dan membantu ambeien sembuh lebih cepat.

Kompres Air Dingin

Oleskan kompres air es atau air dingin ke anus sebagai cara mengobati amebien dengan meredakan pembengkakan yang terjadi. Lakukan selama 1 menit. Untuk wasir besar dan menyakitkan, cara mengobati penyakit ambeien ini terbukti sangat efektif.

Prosedur Medis

Kalau cara alami mengobati penyakit ambeien yang udah Diadona ulas di atas ternyata nggak membantu, mungkin ini waktunya buat mempertimbangkan prosedur medis. Apa saja?

Ligasi Gelang Karet

Yang merupakan prosedur nonsurgical paling umum untuk menghilangkan penyakit ambeien. Dokter akan menempatkan pita kecil dan kencang di sekitar ambeien untuk memotong sirkulasi ke jaringan dan membiarkannya lepas.

Skleroterapi

Dokter bakalan menyuntikkan obat kimia ke dalam ambeien ini untuk mengecilkannya.

Pembedahan

Pengangkatan dengan pembedahan pada penyakit ambeien ini hanya disarankan oleh dokter kalau penyakit ambeien tidak merespons berbagai metode sebelumnya. Pembedahan biasanya berhasil dan mencegah ambeien kembali.

3 dari 3 halaman

Penyebab Penyakit Ambeien

Ilustrasi Buang Air Besar © Diadona

Jadi, pembuluh darah di sekitar anus sangat mungkin meregang karena tekanan dan bisa aja membengkak. Nah, penyakit ambeien ini muncul karena peningkatan tekanan di rektum bawah karena:

Kehamilan

Penyakit ambeien sering muncul di wania hamil karena ketika rahim membesar, maka akan menekan pembuluh darah di usus besar.

Usia

Penyakit ambeien umum terjadi pada orang tua berusia antara 45 sampai 65 tahun. Tapi inni bukan berarti orang muda nggak bisa kena penyakit ini lho yang

Diare

Penyakit ambeien bisa terjadi setelah diare yang kronis

Sembelit Kronis

Mengejan bisa mmeberikan tekanan tambahan pada dinding pembuluh darah

Duduk terlalu Lama

Posisi duduk terlalu lama bisa menyebabkan penyakit ambeien. Ini juga bisa terjadi saat terlalu lama duduk di toilet.

Mengangkat Beban Berat

Mengangkat beban yang berat bisa menjadi salah satu penyebab penyakit ambeien.

Anal Seks

Hubungan seksual melalui anus bisa menyebabkan ambeien baru atau memperburuk yang sudah adalah

Obesitas

Pola makan terkat dnegan obesitas bisa menyebabkan terjadinya penyakit ambeien

Genetika

Dan ya, penyakit ambeien bisa aja muncul secara diwariskan. Seseorang bisa aja berpeluang karena orang tua juga punya penyakit ambeien ini.

 

Beri Komentar