Gejala Wasir Luar dan Dalam serta Pengobatannya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 28 April 2020 11:39
Gejala Wasir Luar dan Dalam serta Pengobatannya
Gejala wasir nggak cuman bikin nggak nyaman, bikin kegiatan sederhana jadi kerasa menyakitkan.

Gejala wasir atau yang sering disebut dengan ambeien, sering menimpa mereka dengan usia lebih dari 50 tahun. Namun, juga sangat mungkin terjadi akibat beberapa hal, misalnya nih peningkatan tekanan saat kehamilan, kelebihan berat badan, atau mengejan saat sedang buang air besar.

Wasir sendiri merupakan pembengkakan pembuluh darah yang terjadi di bawah selaput lendir, yang melapisi bagian paling bawah dari dubur dan anus. Merujuk pada lokasinya, wasir dibedakan menjadi wasir dalam atau luar.

Gejala wasir memang menyakitkan banget. Apa aja diantaranya?

1 dari 4 halaman

Gejala Penyakit Wasir

Dikutip dari WebMD, gejala wasir nggak selalu muncul. Akibatnya, seseorang bisa aja nggak tau kalau dia sedang menderita penyakit ini.

Yang paling umum, seseorang bakalan mengalami gejala wasir sebagai berikut:

Rasa Nggak Nyaman di sekitar Anus

Ketidaknyamanan tersebut bisa berupa gatal, atau sakit yang muncul di sekitar anus. Ini berlaku untuk semua jenis wasir, yaitu wasir dalam maupun wasir luar.

Berdarah saat Buang Air Besar

Gejala wasir ini biasanya muncul setelah penderita buang air besar. Bisa terlihat dari jejak atau garis-garis darah saat sedang membersihkan diri, meski juga mungkin terlihat di toilet, atau di tinja itu sendiri.

Dilansir dari Healthline, darah akibat wasir biasanya berwarna merah cerah. Kalau warnanya berupa merah gelap, maka itu tandanya seseorang harus segera pergi ke dokter nih karena ini mengindikasikan adanya masalah pada saluran pencernaan.

Pembengkakan di sekitar Anus

Penampakan gejala wasir ini bisa berupa tonjolan merah muda di sekita tepi anus, atau menojol keluar dari anus. Warnanya bisa berupa ungu atau biru juga.

Apakah ini juga berlaku untuk gejala wasir dalam? Yup, mengingat wasir dalam juga bisa berkembang hingga keluar anus.

Selian tiga gejala wasir yang umum tersebut, penderita juga mungkin mengalami kondinsi berupa:

  • Merasa masih ada tinja yang tersangkut di anus selama atau setelah BAB
  • Susah membersihkan setelah BAB
  • Gatal di sekitar anus
  • Iritasi di sekitar anus
  • Keluarnya lendir dari anus

Ada beragam cara untuk mengobati dan menghilangkan gejala wasir, mulai dari pilihan tindakan medis, bahan alami, hingga mengubah gaya hidup.

2 dari 4 halaman

Gejala Wasir Dalam

Gejala Wasir © Diadona

Berdasarkan jenisnya, wasir dibedakan menjadi dua yaitu wasir internal yang muncul di rektum bawah, serta wasir eksternal yang muncul di bawah kulit di sekitar anus. Bahas wasir dalam dulu yuk!

Gejala wasir dalam biasanya nggak menyakitkan, bahkan saat sedang terjadi pendarahan. Sayangnya, wasir ini bisa berkembang biak sampai melampaui anus, yang akhirnya bisa menyebabkan berbagai macam masalah potensial.

Benjolan di Sekitar Anus

Biarpun wasir dalam terletak di dalam bagian tubuh, tapi gejala wasir ini kadang bisa muncul dalam bentuk tonjolan. Pada saat hal tersebut terjadi, tonjolan tersebut bisa mengumpulkan sejumlah kecil lendir atau partikel tinja kecil yang bisa menyebabkan iritasi.

3 dari 4 halaman

Gejala Ambeien atau Wasir dan Pengobatannya

Ilustrasi Garam Epsom © Diadona

Biasanya gejala wasir bisa mereda dengan sendirinya dalam kurun waktu beberapa hari. Tapi kalau nggak kunjung sembuh juga, maka harus dilakukan tindakan untuk menghilangkan si ambeien tersebut.

Prosedur medis nggak selalu jadi pilihan banyak orang untuk mengobati gejala wasir. Nggak usah khawatir, ada banyak pilihan pengobatan, atau sekedar biar rasa sakitnya jadi nggak teramat.

Mandi Air Hangat dengan Garam Epsom

Mandi air hangat bisa membantu meredakan iritasi, dan mengurangi rasa sakit akibat gejaal wasir ini. Coba gunakan bak mandi kecil yang pas di atas kursi toilet, atau bisa juga dengan mandi seluruhnya.

Suplemen Serat

Suplemen serat seperti psyllium, dapat membantu mengurangi sembelit, membuat tinja menjadi lebih lunak, trus gerakan usus jadi lebih cepat dan nggak menimbulkan rasa nyeri. Dengan ini berarti rasa sakit akibat gejala wasir jadi sedikit lebih ringan.

Lidah Buaya

Potensi lidah buaya buat meredakan gejla wasir sebenarnya udah dikenal dalam sejarah. Diperkirakan, ini karena lidah buaya punya sifat anti-inflamasi, yang dapat membantu mengurangi iritasi.

Kompres Air Dingin

Oleskan kompres air es atau air dingin ke anus untuk meredakan gejala wasir, dengan meredakan pembengkakan yang terjadi. Lakukan selama 1 menit. Cara ini dianggap efektif untuk mengobati wasir yang besar dan menyakitkan.

4 dari 4 halaman

Gejala Wasir Luar

Gejala Wasir © Diadona

Gejala wasir luar ini lebih kerasa nggak nyaman dibandingkan dengan wasir dalam. Ini karena kulit di bagian atasnya bisa jadi teriritasi terus terkikis.

Adanya Tonjolan di Sekitar Anus

Gejala wasir luar ini muncul ketika ada gumpalan darah yang terbentuk di dalam wasirnya.

Rasa Sakit Tiba-Tiba

Kalau gejala wasir dalam bisa aja tanpa sakit apa-apa, berbeda dengan wair luar. Rasa sakit ini muncul ketika terdapat gumpalan darah pada wasir, akibat kulit di atasnya yang terkikis atau teriritasi.

Benjolan di Sekitar Anus

Benjolan di sekitar anus pada gejala wasir, mungkin bakalan larut, meninggalkan kulit berlebih yang memicu gatal serta iritasi.

Mengenali gejala wasir bisa membaut penderitanya langsung gerak cepat nih mencari pengobatan yang sesuai. Jangan lupa untuk konsultasi langsung dengan dokter ya, untuk mengetahui dengan jelas dan pasti kondisi dari wasir tersebut.

Beri Komentar