Apakah Perlu Berkumur Setelah Sikat Gigi? Simak Faktanya Berikut!

Reporter : Mila I
Kamis, 8 Desember 2022 06:57
Apakah Perlu Berkumur Setelah Sikat Gigi? Simak Faktanya Berikut!
Simak biar tidak salah ya!

Untuk menerapkan pola hidup sehat dan menjaga higienitas mulut dan gigi, kita dianjurkan untuk menggosok gigi 2–3 kali sehari. Sedari kecil, kebanyakan orang diajarkan untuk membilas mulut dengan cara berkumur setelah menyikat gigi. Hal ini dianggap membantu membersihkan kotoran yang ada di dalam mulut.

Meski begitu, anggapan lain justru mengatakan kalau berkumur setelah menyikat gigi sebenarnya tidak diperlukan. Lantas, apakah berkumur setelah sikat gigi sebenarnya tidak diperlukan?

1 dari 5 halaman

Berkumur Mengurangi Banyak Manfaat Fluoride

Di dalam pasta gigi terkandung senyawa fluoride sebagai bahan utama dalam pasta gigi. Fluoride adalah mineral yang bisa membantu mencegah kerusakan gigi.

Fluoride paling membantu gigi saat dioleskan langsung ke gigi. Bahkan, fluoride yang menempel di gigi selama beberapa menit bisa memberikan manfaat terbesar.

Membilas mulut dengan air setelah menyikat sebenarnya memiliki beberapa dasar. Sebab, secara umum, seseorang tidak seharusnya menelan fluorida konsentrasi tinggi. Pasalnya, beberapa pasta gigi mengandung konsentrasi fluoride lebih tinggi dari yang direkomendasikan untuk dikonsumsi setiap harinya. Jadi strategi berkumur setelah menyikat gigi diartikan sebagai cara untuk mencegah konsumsi fluoride dalam jumlah yang signifikan.

2 dari 5 halaman

Selain itu, keinginan untuk menetralkan rasa mint yang kuat dari pasta gigi, juga jadi alasan berkumur setelah sikat gigi. Tapi, membilas rasa yang keluar dari mulut setelah menyikat terkadang hanya memenuhi keinginan tubuh untuk menghilangkan rasa tersebut.

Padahal, kalau kamu segera berkumur setelah menyikat gigi, kamu bisa menghapus banyak manfaat dari penggunaan fluoride pada gigi.

3 dari 5 halaman

Cara Lain yang Direkomendasikan

Karena dianggap bisa mengurangi banyak manfaat dari fluoride, tentunya ada cara lain yang direkomendasikan untuk membersihkan mulut setelah sikat gigi. Menurut pendapat beberapa ahli, termasuk Yayasan Kesehatan Mulut Inggris, cara yang direkomendasikan adalah dengan mengeluarkan air liur atau pasta gigi berlebih. 

Cara ini dianggap lebih efektif untuk memaksimalkan manfaat yang dapat diperoleh dari fluoride, dibandingkan dengan berkumur atau membilas gigi, setelah menyikatnya.

Setelahnya, pastikan juga untuk menghindari makan atau minum selama 10 menit atau lebih setelah menyikat gigi. 

4 dari 5 halaman

Efek Samping Tidak Berkumur

Tidak berkumur setelah menyikat gigi memang dianggap aman. Tapi, ada beberapa efek samping yang juga perlu dipertimbangkan, yaitu kandungan senyawa fluoride yang berisiko tertelan. 

Fluoride menimbulkan sejumlah gejala ketika tertelan. Mulai dari mual, diare, hingga sakit perut. Tapi, efek samping itu tidak akan muncul kalau kamu hanya menggunakan sedikit pasta gigi. Selain itu, efek samping tersebut biasanya rentan terjadi pada anak-anak yang tanpa sengaja menelan fluoride pada produk pasta gigi untuk orang dewasa. 

5 dari 5 halaman

Kesimpulannya, berkumur atau membilas pasta gigi setelah menyikat gigi boleh-boleh saja untuk dilakukan. Tapi, kalau langsung berkumur setelah menyikatnya, kamu bisa mengurangi manfaat yang dapat diperoleh dari senyawa fluoride dari pasta gigi.

Semoga informasi ini bermanfaat!

Beri Komentar