3 Cara Bikin Kamu Auto Rajin Olahraga, Gak Ada Lagi Kata Mager deh!

Reporter : Yayuk Harini
Kamis, 16 Maret 2023 13:36
3 Cara Bikin Kamu Auto Rajin Olahraga, Gak Ada Lagi Kata Mager deh!
Membangun habit baru memang susah, namun terus semangat untuk kamu yang ingin membangun habit baru!

Diazens, pernah gak sih kamu merasa malas banget olahraga? Atau kamu cuma rajin olahraga beberapa saat atau beberapa hari aja? Nah, kali ini kita akan bahas 3 cara mudah untuk membangun habit dengan ilmu psikologi dari Marco Badwal seorang peneliti dari Harvard University dan TEDX speaker dan Matt D’Avella seorang Youtuber yang telah melakukan percobaan untuk membangun habit selama 1 tahun.

1 dari 6 halaman

Matt D’Avella melakukan sebuah eksperimen yang ia namakan “ The 12-30 Days Experiments” dimana ia melakukan 12 kebiasaan baik selama 30 hari. Dalam videonya yang berjudul “ 3 Ways To Make Your Habits Stick” terdapat 3 hal penting yang dapat seseorang lakukan untuk membangun habit.

2 dari 6 halaman

1. Kontrol Lingkunganmu

Kenapa sih Bungkus Jajanan Isinya Angin Tapi Snacknya Cuma Dikit? Beda Banget Sama di Iklan © Diadona

Pernah gak sih kamu merasa snacky? Lalu, karena ada perasaan itu dan di rumah ada snack manis, akhirnya kamu makan snack sampai lupa kapan harus berhenti makan. Nah, ini yang akan terjadi ketika kamu belum punya self control yang baik. Oleh karena itu, Matt menyarankan apabila kamu belum memiliki self control yang baik, maka harus dimulai dari lingkungan terlebih dahulu, apabila kalian merupakan orang yang snacky, maka singkirkan semua snack yang bisa mengganggu diet kalian.

Sama hal nya dengan olahraga nih Diazens, kamu bisa tambahin alat-alat olahraga di rumah atau di ruang tamu biar inget terus untuk olahraga!

3 dari 6 halaman

2. Memberitahu Rencana mu Ke Orang Lain

Gak Selalu Buruk, Ini Manfaat Ngemil Snack untuk Kesehatan © Diadona

Selama eksperimen 30 hari nya, Matt menyampaikan bahwa
“ Ternyata ketika aku memberitahu orang lain tentang apa yang ingin aku lakukan (melakukan 12-30 Days Experiments) membuat ku lebih ingin menuntaskan experiment itu sehingga aku lebih merasa bertanggung jawab kepada diriku. Orang lain juga membantuku agar selalu konsisten dengan apa yang akan aku lakukan” Jelas Matt pada videonya.


Nah, jadi kamu bisa banget nih Diazens untuk memberitahu orang terdekat tentang rencana kalian untuk bisa rajin olahraga setiap harinya.

4 dari 6 halaman

3. Peraturan 2 Hari

Dari peraturan 2 hari ini, Matt menyebutkan bahwa ia tidak membolehkan diri nya untuk “ bolos” atau tidak melakukan kebiasaannya selama 2 hari berturut-turut. Dia boleh mengambil waktu kapanpun untuk istirahat atau “ bolos” selama 2 hari dalam satu minggu tetapi tidak boleh berturut-turut. Nah Diazens, kamu juga bisa nih mengikuti kebiasaan ini, apalagi olahraga itu tidak boleh dilakukan setiap hari, jadi boleh “ bolos” tetapi jangan 2 hari yang berturut-turut yah!

5 dari 6 halaman

Ketiga step ini juga didukung oleh pernyataan dari Marco Badwal seorang peneliti dari Harvard University dan TEDX speaker dalam video nya yang berjudul “ The Science of Habits” dimana Marco mengaku dulunya ia adalah seorang pemuda yang hanya suka bermain dan tidak pernah belajar, sampai kemudian ia masuk Harvard dan mengubah semua perilakunya hingga berhasil.

6 dari 6 halaman

“ Pengulangan adalah hal yang dianggap penting oleh otak, oleh karena itu untuk membangun sebuah kebiasaan kita perlu melakukan hal yang rutin dan repetitif” ungkap Marco.

Nah, sudah jelas yah Diazens, untuk membangun sebuah habit, seperti untuk rajin olahraga, makan makanan sehat, atau kebiasaan baik lain, perlu adanya sifat repetisi dalam menjalankannya. Jadi terus semangat untuk para Diazens yang ingin membangun habit baru!

At Last, Stay Healthy Diazens!

 

(Editor: Pinkhan Azarin Rahmawaty)

 

Beri Komentar