Perempuan Gak Boleh Menimbang Berat Badan Setiap Hari, Ini Alasannya

Reporter : Yayuk Harini
Kamis, 2 Maret 2023 12:37
Perempuan Gak Boleh Menimbang Berat Badan Setiap Hari, Ini Alasannya
Lebih baik kamu rutin olahraga yang dibarengi dengan asupan makanan yang sehat.

Hai Diazens, kamu pernah gak sih bolak balik cek timbangan untuk cek berat badan dan bertanya-tanya, “Udah turun belum yah?” dan sedih banget setiap lihat timbangan yang angka nya gitu-gitu aja? 

Nah, ternyata Verawaty Budiyanto, ST. M. NLP, Chief Executive Officer (CEO) dari Urban Athletes Indonesia, mengungkap bahwa perempuan tidak boleh menimbang berat badan setiap hari lho Diazens.

1 dari 4 halaman

Menurutnya, hal ini dikarenakan perempuan memiliki siklus menstruasi yang tergolong rutin atau sama setiap bulannya. Siklus menstruasi sendiri berlangsung selama 28 hari yang disebabkan oleh perubahan jumlah 2 hormon penting yaitu estrogen dan progesteron. Siklus menstruasi yang sempurna biasanya terbagi menjadi 3 siklus utama, yaitu.

2 dari 4 halaman

 

1. Follicular Phase

Fase ini merupakan fase awal dimana kadar estrogen dan progesteron masih rendah. Fase ini biasanya ada di 1-14 hari setelah seorang perempuan mengalami menstruasi nya.

Siklus Menstruasi © Diadona

2. Ovulatory Phase

Fase kedua merupakan fase ovulasi dimana pada fase ini kadar estrogen tinggi dan kadar progesteron rendah. Ovulasi biasanya terjadi sekitar 2 minggu sebelum sebelum periode berikutnya.

3. Mid-Luteal Phase

Pada fase terakhir ini, kadar estrogen dan progesteron naik dan keduanya menjadi tinggi.

Menurut Verawaty, idealnya wanita melakukan pengecekan berat badan di waktu yang sama setiap bulannya. Dari video di reels Instagram nya, Verawaty menyampaikan.

3 dari 4 halaman

“Misalnya, kamu nimbang 7 hari setelah mens pertama, karena di masa Follicular Phase tingkat estrogen sedang rendah-rendahnya, jadi badan kamu saat itu sedang di posisi paling langsing (tidak bloated, tidak menyimpan air) dan itu adalah masa yang paling menyenangkan untuk kamu nimbang badan. Maka bulan depannya, kamu perlu melakukan itu di hari yang sama.” Jelas Verawaty. 

      View this post on Instagram      

A post shared by Verawaty Budiyanto, ST. M. NLP (@badtelur)

Pernyataan ini juga di validasi oleh dr. Sungadi lho Diazens, dilansir dari channel YouTube SB13, dr. Sungadi mengatakan bahwa. 

“Tidak perlu timbang setiap hari, yang ada anda malah frustasi." Ucapnya.

 

Beri Komentar