6 Jenis Roti Tawar yang Biasanya Dijadikan Sarapan dan Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Reporter : Novi Hardita Larasati
Selasa, 8 Desember 2020 11:10
6 Jenis Roti Tawar yang Biasanya Dijadikan Sarapan dan Baik Untuk Kesehatan Tubuh
Roti tawar putih? roti tawar gandum? atau Brioche?

Bagi orang barat sarapan dengan mengonsumsi roti ialah hal yang wajar. Namun, seiring berkembangnya zaman saat ini pun masyarakat Indonesia juga menjadikan roti tawar sebagai tradisi utama untuk sarapan.

Meski hanya selembar roti, akan tetapi hal tersebut sudah cukup menjadi amunisi untuk kembali mengisi energi supaya siap memulai segala aktivitas di pagi hari. Namun, masih ada beberapa masyarakat Indonesia yang hanya mengetahui satu atau dua jenis roti tertentu yang baik dikonsumsi sebagai menu sarapan.

Padahal, ada beberapa jenis roti tawar yang bisa menjadi ide kreatif untuk kamu yang gemar makan roti di pagi hari. Apa saja itu? Yuk, simak ulasan berikut yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 6 halaman

1. White Bread atau Roti Tawar Putih

Ilustrasi Roti Tawar Putih © Diadona

Jenis roti yang satu ini adalah salah satu yang paling populer dan sering dikonsumsi oleh masyarakat luas. Sebab, roti ini memiliki tekstur yang lembut karena terbuat dari tepung terigu. Sehingga sangat cocok diolah dalam berbagai cara, mulai dari dijadikan roti tangkup atau dipanggang hingga diberikan tambahan selai, rasanya tetap gurih saat dimakan.

2 dari 6 halaman

2. Ciabatta

Ilustrasi Ciabatta © Diadona

Jenis roti tawar selanjutnya yaitu Ciabatta. Ini merupakan roti tawar khas Italia yang terbuat dari gabungan tepung gandum, ragi, garam, dan air. Dengan kombinasi sederhana tersebut nantinya akan menghasilkan tekstur roti yang renyah di bagian luar dan chewy di bagian dalamnya.

Selain itu, Ciabatta juga cocok disajikan sebagai sandwich atau panini, dengan isian protein hewani, seperti brisket, fillet ayam, bacon, dan lain sebagainya.

3 dari 6 halaman

3. Sourdough

Ilustrasi Sourdough © Diadona

Mungkin di antara kamu pernah mendengar nama roti tawar yang satu ini. Ya, roti tawar jenis sourdough ini sudah mulai banyak dijual bebas dan bisa kamu temukan secara mudah. Selain itu, roti ini juga memiliki bentuk yang sangat unik, lho. Hal ini disebabkan hasil fermentasi dari tepung terigu dan air.

Cara tersebut menjadikan roti tawa ini punya tekstur kenyal dengan banyak rongga di bagian dalamnya. Untuk kualitas terbaik, pilihlah yang tepiannya tidak terlalu renyah ya, sebab saat dipanggang bersama lelehan keju, boom! Yummy!

4 dari 6 halaman

4. Roti Gandum

Ilustrasi Roti Gandum © Diadona

Bentuknya mirip dengan roti tawar putih, jenis roti yang satu ini juga sering dikonsumsi oleh masyarakat luas sebagai sarapan. Biasanya roti ini sering dikonsumsi oleh mereka yang sedang menjalani program diet.

Meskipun teksturnya agak kasar dengan warna yang lebih gelap karena menggunakan gandum utuh sebagai bahan utamanya, akan tetapi hal ini tak membuat roti gandum kehilangan penggemar setianya. Bahkan, roti tawar ini sangat cocok diolah menjadi berbagai hidangan, namun tidak disarankan untuk dipanggang karena mudah gosong.

5 dari 6 halaman

5. Brioche

Ilustrasi Brioche © Diadona

Berikutnya adalah roti tawar khas Prancis yang terbuat dari campuran bahan baku telur dan mentega. Ya, Brioche memiliki rasa light, dengan tekstur cukup padat, moist, dan punya hint manis yang pas. Meski tampak seperti roti biasa, namun jenis roti tawar yang satu ini sangat cocok di sajikan sebagai toast dengan isian manis. Hmm, jadi ngiler deh, guys.

6 dari 6 halaman

6. Multigrain

Ilustrasi Multigrain © Diadona

Terakhir, jenis roti tawar yang bisa kamu jadikan sarapan ialah Multigrain. Seperti namanya, roti tawar ini terbuat dari beragam jenis biji-bijian, seperti flax, barley, milet, dan oats. Tak heran jika roti tawar Multigrain dianggap sebagai roti yang menyehatkan, terutama bagi kamu yang punya masalah diabetes atau jantung.

Untuk padanan terbaik dari roti tawa ini yaitu alpukat dan madu, yang kemudian dipanggang sebentar untuk mendapatkan tekstur renyah. Gimana? Tertarik untuk mencoba?

Nah, dari beberapa jenis roti tawar di atas, mana nih yang sering kamu jadikan sarapan? Share di kolom komentar ya!

Beri Komentar