Bener Gak sih Kalau Daun Basil dan Kemangi itu Sama Persis?

Reporter : Nasa
Senin, 16 November 2020 08:03
Bener Gak sih Kalau Daun Basil dan Kemangi itu Sama Persis?
Basil vs Kemangi, adakah bedanya?

Daun basil adalah salah satu bumbu khas yang biasa digunakan oleh masyarakat di negara-negara barat. Basil dikenal sebagai daun beraroma khas yang bisa membuat cita rasa makanan jadi makin mantap.

Tapi ada fakta menarik nih soal basil ini. Jika diterjemahkan melalui kamus atau juga Google Translate, basil disebut memiliki arti yang sama dengan kemangi. Kamu bisa coba langsung tuh di Google translate.

Namun apakah benar daun basil dan kemangi adalah sama persis? Jawabannya ternyata tidak. Banyak sekali perbedaan mendasar antara daun basil dan juga kemangi. Ini dia perbedaan antara daun basil dan kemangi.

1 dari 2 halaman

Tanaman Asli Afrika dan Asia

Ilustrasi Daun Kemangi © Diadona

Menurut info dari laman Mely Daily, daun basil ini berasal dari benua Afrika dan Asia. Kemudian menyebar ke seluruh dunia dan dibudidayakan sesuai kebutuhan dan selera di masing-masing negara. Faktanya, ada lebih dari 60 varietas daun basil di seluruh dunia.

Banyaknya jumlah varietas itu disebabkan karena seringnya dilakukan upaya kawin silang yang menghasilkan hibrida baru. Itulah yang membedakan antara basil di barat dan kemangi di Asia. Umumnya, kemangi Asia miliki cita rasa seperti cengkeh yang lebih kuat.

Kemangi yang umumnya dikonsumsi di Indonesia juga miliki ciri fisik berbeda dibanding basil di negara-negara barat. Kemangi di Indonesia daunnya lebih kokoh dan memiliki bentuk daun yang lebih runcing. Selain itu kemangi di Indonesia juga tumbuh sepanjang tahun.

2 dari 2 halaman

Basil Jadi Bumbu, Kalau Kemangi Lalapan

Ilustrasi Daun Basil © Diadona

Daun basil biasanya lazim digunakan sebagai pelengkap bumbu kuliner seperti pasta. Penggunaannya hanya butuh dua atau tiga helai daun basil saja. Sedang kemangi di Asia Tenggara lumrah disajikan sebagai lalapan pendamping lauk dan nasi.

Kalaupun dijadikan sebagai bumbu, kemangi akan dimasukkan di bagian paling akhir karena teksturnya yang mudah hancur saat dimasak. Daun basil sendiri dikenal lebih juicy dengan daun ukuran daun yang lebih lebar. Sedang daun kemangi lebih kerucut.

Nah sekarang udah tau kan bedanya. Jadi basil dan kemangi itu sebenernya memang satu keluarga gitu. Tapi keduanya memiliki perbedaan mendasar. Mungkin kalau secara bahasa basil disebut kemangi, atau kemangi disebut basil gak ada salahnya ya.

Tapi kalau secara jenisnya jangan sampai keliru. Pasti aneh banget tuh makan ayam lalapannya pakai daun basil, dan bukannya daun kemangi.

Beri Komentar