10 Penyebab Ambeien pada Wanita dan Cara Mengatasinya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Sabtu, 11 Juli 2020 10:25
10 Penyebab Ambeien pada Wanita dan Cara Mengatasinya
Penyebab ambeien bisa dikaitkan karena pola makan kurang serat.

Penyebab ambeien sering dikaitkan dengan mitos tertentu, misalnya nih gara-gara terlalu banyak makan-makanan pedas. Padahal itu sama sekali nggak benar.

Ambeien sering disebut dengan wasir, adalah pembengkakan pembuluh darah di anus dan rektum di bagian bawah, mirip dengan varises. Ambeien ini bisa muncul di dalam rektum atau di bawah kulit di sekitar anus.

Ambeien memang menyakitkan, tapi bisa dicegah dan mudah diobati. Untuk membuatnya nggak perlu repot-repot mampir ke tubuh, kenali yuk apa saja penyebab ambeien dan gimana cara mengatasinya.

1 dari 4 halaman

Penyebab Ambeien Luar

Penyebab Ambeien © Diadona

Ambeien luar berada di bawah kulit di skeitar anus dan terlihat. Karena ada saraf yang sensitif di bagian tubuh ini, maka rasanya jauh lebih menyakitkan. Mengejan saat buang air besar menjadi penyebab ambeien ini jadi berdarah.

Dikutip dari Healthline, berikut penyebab ambeien luar:

Mengejan saat Buang Air Besar

Penyebab ambeien luar yang paling umum yaitu karena penderita sering mengejan berulang kali saat buang air besar. Mengejan menghalangi aliran darah masuk dan keluar dari area tersebut,sehingga terjaid pengumpulan darah dan pembesaran pembuluh darah di area tersebut.

Kekurangan Serat Pangan

Mengejang sebagai penyebab ambeien mungkin terjadi karena penderita kurang asupan serat dalam makanannya. Di dalam sistem pencernaan, serat pangan pangan yang larut air bakaln menyerap kelebihan cairan, sedangkan serat nggak lagur bakalan membuat feses jadi lembut dan buang air besar jadi lancar.

Diare Parah

Diare kronis akan menekan rektum bagian bawah mengalami banyak tekanan. Inilah yang kemudian jadi penyebab ambeien.

Kurang Olahraga

Orang yang kurang berolahraga bisa membuat aliran darah jadi nggak lancar, fleksibilitas pembuluh darah menurun, termasuk pembuluh darah di sekitar anus.

2 dari 4 halaman

Penyebab Ambeien dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi Sakit Ambeien © Diadona

Penyakit ambeien umunya terjadi pada orang dewasa dan bikin aktivitas jadi terganggung. Bila sudah parah, bisa terjadi pendarahan saat penderita BAB.

Prosedur medis nggak selalu jadi pilihan orang untuk mengatasi ambeien ini. Tapi nggak perlu khawatir, tersedia berbagai perawatan rumahan biar ambeien nggak terasa menyakitkan.

Suplemen Serat

Suplemen serat seperti psyllium, dapat membantu mengurangi sembelit, membuat tinja menjadi lebih lunak, trus gerakan usus jadi lebih cepat dan nggak menimbulkan rasa nyeri. Dengan alasan inilah kenapa kurang serat jadi penyebab ambeien.

Lidah Buaya

Lidah buaya udah dikenal luas untuk menangani masalah ambeien. Kemungkinan ini karena lidah buaya punya sifat anti-inflamasi, yang dapat membantu mengurangi iritasi.

Saat ini memang belum ada penelitian mengenai ini, tapi apa salahnya mencobanya? Caranya dengan meminus jus lidah buaya rutin setiap hari.

Kompres Air Dingin

Oleskan kompres air es atau air dingin ke anus sebagai untuk meredakan pembengkakan ambeien. Lakukan selama 1 menit.

Prosedur Medis

Kalau cara alami mengobati penyakit ambeien yang udah Diadona ulas di atas ternyata nggak membantu, mungkin ini waktunya buat mempertimbangkan prosedur medis

3 dari 4 halaman

Penyebab Ambeien Kambuh

Dan ternyata penyakit ambeien bisa datang lagi walaupun udah diobati. Dan terlepas dari gimana cara mengobatinya, sebenarya ada kemungkian si ambeien buat kambuh karena pada dasarnya ini berhubungan dengan gimana penderita menjaga gaya hidupnya.

Penyebab ambeien kambuh lagi masih sama dengan hal-hal yang menjadi penyebab kemuculannya di awal. Misalnya, karena penderiat mengalami sembelit, kurang minum air putih, atau nggak lagi berolahraga.

4 dari 4 halaman

Penyebab Ambeien pada Wanita

Penyebab Ambeien © Diadona

Penyebab ambeien karena pembuluh darah di anus yang sangat mungkin meregang karena tekanan dan bisa aja membengkak. Ini terjadi karena beberapa hal yang pada wanita diantaranya :

Kehamilan

Kehamilan bisa jadi penyebab ambeien karena saat rahim membesar, maka akan menekan pembuluh darah di usus besar.

Mengangkat Beban Berat

Kok bisa? Saat seseorang terlalu sering mengangkat beban berat, ada kemungkinan terjadinya tekanan pada perut dan pembuluh vena di sekitaranus dan rektum. Terlebih kalau mengangkatnya dengan teknik yang salah, risiko untuk penyebab ambeien jaid meningkat.

Obesitas

Kayak yang udah dibahas sebelumnya kalau penyebab ambeien adalah karena tekanan pembuluh darah di sekitar anus. Nah, tekanan ini bis amuncul karena berat badan yang berlebih.

Duduk Terlalu Lama

Kadang wanita dihadapkan pada aktivitas yang membuatnya kudu duduk dalam waktu yang lama. Kondisi ini bisa menjadi penyebab ambeien.

Anal Seks

Hubungan seksual melalui anus bisa jadi penyebab ambeien baru atau memperburuk yang sudah ada.

Genetika

Penyakit ambeien bisa muncul karena diwariskan. Seseorang bisa terkena penyakit ambeien karena slaha satu orang tuanya memilikinya.

Penyebab ambeien penting banget dipahami terutama untuk mereka yang memiliki faktor risikonya. Ini membuat mereka bsia menghindari penyakit ini atau mencegahnya kambuh kembali.

Beri Komentar