12 Makanan Berserat Tinggi yang Bisa Dijadikan Obat Wasir

Reporter : Anif Fathul Amin
Rabu, 29 Januari 2020 13:01
12 Makanan Berserat Tinggi yang Bisa Dijadikan Obat Wasir
Makanan berserat sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan organ pencernaan dalam tubuh.

Selain bermanfaat untuk menjaga organ pencernaan dakm tubuh, makanan berserat juga bisa berfungsi untuk mencegah berbagai penyakit kornis, membantu dalm menurunkan berat badan. Apalagi kita dapat dengan mudah mendapatkan makanan berserat, kita bisa menemukannya di berbagai pasare atau minimarket terdekat 

1 dari 4 halaman

Makanan Berserat

ilustrasi buah apel © Diadona

Nah, supaya kita bisa mendapatkan manfaatnya untuk kesehatan, apa aja sih makanan berserat tinggi yang bisa kita konsumsi? berikut kami rekomendasikan beberapa makanan berserat tinggi yang mudah kita temukan dan konsumsi tiap hari untuk menjaga kesehatan.

Strawberry

Buah ini termasuk ke dalam makanan berserat karena memeiliki kadar serat sekitar 2 gram per ons. Selain itu, kalori dan kandungan lemaknyanya juga rendah sehingga cocok banget untuk kita yang sedang berusaha mengurangi berat badan. Strawberry juga mengandung banyak banget zat lain yang bermanfaat buat tubuh seperti vitamin C, mangan, potasium, dan antioksidan.

Alpukat

Berbeda dengan makanan berserat tinggi lainnya, alpukat yang mengandung 6.7 gram per ons juga memiliki kandungan lemak yang tinggi lho. Tapi, lemak pada alpukat justru merupakan lemak yang sehat lho, jadi bisa kita makan tanpa perlu khawatir soal berat badan. Alpukat juga mengandung zat-zat bergizi lainnya lho seperti vitamin C, potassium, magnesium, vitamin E, dan vitamin B kompleks.

Saat ini, alpukat sedang menjadi salah satu bahan makanan yang lagi hits lho. Alpukat bisa kita makan sebagai topping roti bakar, bagian dari sushi, atau dicampur dengan ikan salmon menjadi poke bowl lho. Jadi, pastikan kita cobain buah kekinian yang satu ini ya.

Apel

An apple a day keeps a doctor away. Pepatah satu ini benar banget karena selain menjadi makanan berserat tinggi, apel juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita. Buah satu ini bisa bikin gigi kita lebih sehat, mencegah penyakit Alzheimer’s yang menyerang otak, mendetoks hati kita, dan membuat sistem kekebalan tubuh lebih sehat lho.

Apel nggak hanya bisa kita konsumsi sendiri, tapi juga sebagai bagian dari dessert lho seperti apple tart atau apple pie. Jadi, untuk kita yang suka dessert, jangan lupa konsumsi dessert berbahan apel ya.

2 dari 4 halaman

Contoh Makanan Berserat

Ilustrasi Buah Pisang © Diadona

Makanan berserat merupakan makanan yang tidak bisa dicerna ataupun diserap oleh tubuh sepenuhnya. Karena sifatnya ini maka makanan berserat akan sedikit sekali menghasilkan energi atau kalori bagi tubuh tetapi tetap bermanfaat dan diperlukan bagi tubuh kita terutama membantu melancarkan pencernaan.

Bahkan jika seseorang kurang mengonsumsinya atau bahkan tidak pernah, maka bisa terjangkit berbagai jenis penyakit lho. Nah, agar tubuh kita terbebas dari penyakit yang bisa menjangkiti karena kekurangan kadar serat dalm tubuh, berikut kami rekomendasikan beberapa contoh makanan berserat yang ada di sekitar kita.

Pisang

Buah yang satu ini lebih terkenal sebagai sumber potasium untuk tubuh. Tapi, pisang sebenarnya juga termask dalam makanan berserat tinggi lho, yaitu sebanyak 2.6 gram per ons. Nggak hanya itu, pisang juga mengandung vitamin B6 dan C yang bermanfaat menjaga kesehatan kita. Kalau kita mengalami kram ketika olahraga, buah ini juga bisa mengurangi kram lho.

Bit

Ilustrasi Buah Bit © Diadona

Pernah cobain sayuran merah keunguan yang satu ini? Sayur bit yang tumbuh di dalam tanah seperti kentang ini juga termasuk dalam contoh makanan beserat tinggi dan mengandung zat-zat bernutrisi yang tinggi lho. Bit antara lain mengandung asam folat, zat besi, dan potasium. Selain itu, untuk kita yang rajin olahraga, bit juga bermanfaat dalam bikin tubuh kita lebih kuat berolahraga dan meredakan pembengkakan ketika alergi atau sakit.

Selain dimakan dengan cara direbus, ada beberapa makanan dan minuman yang mengandung bit yang bisa kita cobain juga lho untuk mendapatkan manfaatnya. Bit bisa kita temukan di beberapa poke bowl, smoothie bowl, atau dalam jus juga lho.

Brokoli

Sayuran yang satu ini mungkin merupakan sayuran yang paling kita musuhi waktu kecil, tapi brokoli sebenarnya merupakan salah satu sayuran dengan kandungan nutrisi paling banyak lho. Nggak hanya mengandung 5.4 gram serat per cangkir, brokoli juga mengandung banyak zat-zat bergizi lainnya seperti vitamin C, vitamin K, vitamin B kompleks, asam folat, potasium, zat besi, antioksidan dan protein lho.

Karena bergizi banget, brokoli juga punya banyak manfaat untuk kesehatan seperti meningkatkan kemampuan otak kita, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan gigi dan tulang, bahkan bisa melindungi kulit dari sinar UV. Supaya kandungan serat yang tingginya nggak bikin perut terasa terlalu penuh, sebaiknya brokoli yang kita konsumsi udah direbus sebelum diolah ya. Karena kandungan dan manfaatnya yang tinggi, makanya brokoli banyak dijadikan sebagai contoh makanan berserat.

3 dari 4 halaman

Jenis Makanan Berserat

Manusia dalam kesehariannya sanget memerlukan kebutuhan serat yang cukup agar fungsi penernaan tak terganggu. Menurut angka kecukupan gizi yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan, wanita dewasa membutuhkan serat setidaknya 30 gram per hari. sedangkan laki-laki memerlukan serat sekitar 38 gram. Berikut adalah jenis makanan berserat yang sudah dikelompokkan menurut Kementerian Kesehatan, yaitu:

Jenis Makanan Berserat Buah-buahan

Ilustrasi Buah-buahan © Diadona

Buah-buahan memang jelas sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia.Sebenarnya, semua jenis buah memiliki serat di dalamnya, namun ada beberapa macam buah yang mengandung serat cukup tinggi jika dibandingkan dengan yang lainnya, yaitu: alpukat, pir, apel, strawberi, pisang dan lain sebagainya

Jenis Makanan Berserat Sayur-sayuran

5 Sayuran Terbaik Untuk Menurunkan Berat Badan © Diadona

Sama seperti buah, semua sayur dapat kamu andalkan untuk memenuhi kebutuhan serat harian. Beberapa jenis sayuran yang termasuk makanan berserat tinggi, yaitu: Brokoli, wortel, daun kale, bayam, dan lain sebagainya.

Jenis Makanan Berserat Kacang-Kacangan

Ilustrasi Kacang-Kacangan © Diadona

Kacang-kacangan ternyata termasuk ke dalam makanan berserat tinggi dan berikut adalah beberapa jenis kacang yang paling tinggi seratnya, yaitu: kacang merah dan almond

4 dari 4 halaman

Makanan Berserat Tinggi untuk Wasir

Ilustrasi Melon © Diadona

Penderita ambeien pasti sudah paham betul rasa tidak nyaman dan sakit, yang timbul saat pembuluh vena di sekitar anus, membengkak. Sudahkah kamu tahu, bahwa ada beberapa buah dan sayuran, yang bisa menjadi obat ambeien alami? Nah berikut kami rekomendasikan beberapa makanan berserat untuk wasir yang bisa kamu coba sendiri di rumah.

Ketimun dan melon

Ketimun dan melon, adalah makanan berserat yang sangat lezat. Mengonsumsi keduanya, adalah cara yang sangat baik, untuk memasukkan serat ke dalam sistem pencernaan penderita ambeien.

Selalu pastikan bahwa Anda tidak membuang kulit ketimun, saat memakannya. Sebab, kulit ketimun lah yang paling banyak mengandung serat.

Bagi Anda yang tidak suka sayur-sayuran pahit, ketimun adalah asupan sehat penuh serat, yang bisa menjadi obat ambeien alami untukmu.

Pir

Pir
Selain rasanya manis, pir bisa menjadi makanan berserat Sebagai obat wasir alami, buah pir sangatlah ampuh, untuk memberikan Anda asupan serat yang sangat cukup.

Bayangkan saja, satu buah pir berukuran sedang, memiliki 6 gram serat, yang bisa mencukupi 22% kebutuhan harian serat kamu.

Sama seperti ketimun, jangan potong kulitnya, saat akan mengonsumsi buah pir. Di kulitnya lah, banyak serat yang berkumpul.

Seledri

18 Manfaat Jus Daun Seledri Untuk Kesehatan Ginjal © Diadona

Sama halnya dengan sayur paprika, seledri mengandung banyak air dan juga serat sehingga coock dijadikan sebagai makanna berserat untuk mencegah wasir. Serat yang terkandung dalam seledri bisa melunakkan feses dan mengurangi keharusan kamu untuk mengejan saat buang air besar.

Satu tangkai besar (28-31 cm) seledri, mengandung 1% serat dan 95% air. Iris saja sayuran ini dan tambahkan pada salad, sup, atau oleskan dengan selai kacang favorit kamu.

Cukupi kebutuhan serat harianmu untuk menjaga kesehatan pencernaanmu dan menghindarkan diri dari penyakit wasir.

Beri Komentar