9 Penyebab Penyakit Influenza dan Cara Mengatasinya

Reporter : Wicha Mashita
Sabtu, 11 Juli 2020 08:09
9 Penyebab Penyakit Influenza dan Cara Mengatasinya
Selain virus, ada beberapa hal yang menjadi faktor penyebab influenza.

Penyebab infulenza berasal dari virus yang menginfeksi saluran pernapasan, menyerang hidung, tenggorokan dan paru-paru. Gejala lain yang muncul saat seseorang terkena influenza atau flu adalah demam, pilek, hidung tersumbat, sakit kepala dan batuk.

Tahu nggak sih, flu sama batuk pilek biasa itu berbeda loh! Meski banyak yang mengira sama karena gejalanya mirip, virus yang menyebabkan influenza dan batuk pilek biasa berbeda guys! Nah, mari kita kenali apa saja penyebab seseorang terkena flu.

1 dari 4 halaman

Penyebab Penyakit Influenza

Ilustrasi Flu © Diadona
Merangkum dari berbagai sumber, ada beberapa faktor yang menjadi penyebab penyakit influenza, diantaranya:

1. Balita, karena sistem imunnya yang masih cenderung lemah.

2. Lansia, sebab sama seperti balita di usia senja imun manusia mulai berkurang sehingga mudah terkena infeksi virus, salah satunya influenza.

3. Memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, contohnya penderita HIV/AIDS.

4. Menderita penyakit pernapasan, seperti asma.

5. Ada masalah kesehatan lainnya, seperti obesitas, penyakit jantung, diabetes, penyakit liver dan penyakit ginjal.

6. Tinggal atau bekerja di fasilitas umum, misalnya panti jompo.

7. Perempuan yang sedang hamil atau baru saja melahirkan.

8. Tubuh dalam kondisi tidak baik atau kurang istirahat.

2 dari 4 halaman

Virus Penyebab Influenza

Virus Penyebab Influenza © Diadona
Selain faktor pemicu di atas, flu atau influenza berasal dari infeksi sebuah virus. Golongan rhinovirus merupakan virus penyebab influenza atau flu yang menyebar dari manusia ke manusia. Paling sering virus ini menyerang anak-anak atau remaja.

Rhinovirus ini menyerang saluran pernapasan manusia yang bisa terjadi kapanpun. Namun, ia paling sering terjadi saat musim hujan. Adapun gejala flu yang bisa kita deteksi. Keluhan ini muncul dari hidung dan tenggorokan.

3 dari 4 halaman

1. Hidung berair dan tersumbat

2. Batuk

3. Bersin-bersin

4. Demam

5. Sakit kepala

6. Sakit tenggorokan

Gejala-gejala di atas biasanya muncul setelah 1-3 hari seseorang terkena virus penyebab influenza tersebut. Biasanya dialami karena tertular dari orang yang sedang sakit.

4 dari 4 halaman

Penyebab Penyakit Influenza dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi Flu © Diadona

Meski bisa sembuh sendiri, ada kok obat yang bisa dikonsumsi untuk mengatasinya. Bahkan semakin kuat imun seseorang, maka semakin cepat flu sembuh. Berikut ini cara mengatasi penyakit influenza.

1. Obat paracetamol dan ibuprofen bisa untuk mengatasi flu yang disertai dengan demam ringan.

2. Jika flu disertai batuk berdahak, demam dan pilek, kamu bisa mengkombinasikan paracetamol, chlorpheniramine, pseudoepherine dan guaifenesin untuk mengatasinya.

3. Menggunakan chlorpheniraamine dan pseudoephedrine bisa untuk meredakan keluhan hidung beringus dan tersumbat. Bahkan, chlorpheniramine bisa menghambat senyawa histain yang bisa membuat pembuluh darah di hidung membengkak.

Itulah penyebab penyakit influenza dan cara mengatasinya yang bisa kamu lakukan. Selain obat-obatan, jangan lupa konsumsi makanan dan bernutris dan air putih yang cukup ya!

Beri Komentar