Sempat Jaya di Masanya, Layanan RBT Akan Segera Hilang di Tahun Ini

Reporter : Yoyok
Sabtu, 26 Februari 2022 00:03
Sempat Jaya di Masanya, Layanan RBT Akan Segera Hilang di Tahun Ini
Tepatnya, RBT akan dihentikan per 1 Maret 2022.

Di zaman dulu, tidak banyak hiburan yang bisa dihadirkan oleh sebuah handphone. Hiburan handphone zaman dulu cuma bisa main game, SMS, telepon, ataupun browsing-browsing minim.

Beda dengan handphone sekarang yang bisa browsing dengan kecepatan yang sangat kencang, hingga main media sosial berjam-jam. Satu lagi hiburan handphone dulu adalah layanan RBT (Ring Back Tone).

Namun, kabar terbaru mengatakan bahwa layanan RBT akan dihentikan.

1 dari 5 halaman

XL Axiata menjadi salah satu operator seluler yang akan menghentikan layanan RBT tersebut. Pemberhentian layanan RBT ini akan dimulai dari tanggal 1 Maret sampai 31 Maret 2022 secara bertahap.

" Penghentian layanan RBT ini telah melalui proses yang cukup panjang dengan didasari atas berbagai pertimbangan, salah satunya menyesuaikan kebutuhan pelanggan yang semakin banyak beralih ke layanan digital," ucap Group Head Corporate Communications XL Axiata Tri Wahyuningsih yang dikutip dari berbagai sumber.

Tri mengaku kalau layanan RBT memiliki pendapatan yang sangat kecil bagi perusahaan.

Ilustrasi Smartphone iPhone © Diadona

2 dari 5 halaman

Mengecilnya pendapatan dari RBT dikarenakan semua orang sudah mulai meninggalkannya. Bisa dibilang, RBT kalah saing dengan platform musik digital seperti Spotify ataupun Youtube.

" Kita menghentikan layanan RBT karena saat ini penggunaan layanan RBT sdh semakin banyak berkurang, karena semakin banyak pelanggan yang beralih ke layanan-layanan digital lainnya," ucap Tri.

3 dari 5 halaman

Walaupun masih belum menyiapkan pengganti RBT, XL Axiata berjanji untuk memberikan inovasi yang bakal menarik perhatian para pelanggannya.

" Untuk saat ini kami belum mempersiapkan layanan pengganti atas penghentian layanan RBT ini, namun pastinya kami tidak akan berhenti berinovasi dan bereksplorasi untuk bisa melahirkan layanan-layanan baru di kemudian hari untuk dapat digunakan/dinikmati oleh para pelanggan kami," pungkas Tri.

4 dari 5 halaman

Layanan RBT sempat menjadi primadona di zamannya. Hampir setiap pengguna handphone memiliki layanan RBT di handphone-nya. Langkah XL Axiata dalam menghilangkan layanan RBT bisa saja diikuti oleh operator seluler lainnya.

Fyi, RBT merupakan nada tunggu panggilan telepon. Jadi, ketika kamu menelepon seseorang, sebelum diangkat, yang terdengar adalah lagu. RBT pertama kali diperkenalkan pada tahun 2005.

Beri Komentar