Peneliti Ungkapkan Hampir Sebagian Aplikasi di Play Store Tidak Aman

Reporter : Yoyok
Kamis, 15 Oktober 2020 12:50
Peneliti Ungkapkan Hampir Sebagian Aplikasi di Play Store Tidak Aman
Berbagai malware berseliweran di dalam Play Store

Smartphone telah menjadi barang pokok yang dapat memudahkan hidup kita. Kamu bisa melakukan apa saja dengan menggunakan sebuah gadget dengan layar touch screen ini.

Mulai dari memesan makanan, belanja online, hingga ikut seminar secara daring. Semua itu dapat kamu lakukan hanya dengan lewat smartphone saja.

Untuk mendapatkan berbagai layanan tersebut, dibutuhkan aplikasi yang dapat menyediakan berbagai kebutuhan kita. Untuk kamu para pengguna Android, pastinya sudah tidak asing dengan Play Store yang sering kita gunakan untuk menginstall berbagai aplikasi.

Ternyata, tidak semua aplikasi dalam Play Store aman untuk smartphone kita lho. bahkan, hampir setengah dari aplikasi di Play Stor memiliki malware.

1 dari 5 halaman

30 Persen

Dikutip dari Merdeka, seorang Pakar IT dan Ahli Keamanan Digital dari Swiss German University, Charles Lim, mengatakan bahwa 30 persen aplikasi di Play Store mengandung malware. Persentase tersebut ia dapatkan selaha melakukan penelitian sebelumnya.

" Jadi pertama, kita sudah melakukan penelitian bahwa aplikasi playstore pun, sekitar 30 persen aplikasinya masih mengandung malware," ucap Charles Lim saat di acara webinar yang digelar oleh Gojek.

2 dari 5 halaman

Bermacam-macam Malware

Bentuk dari malware yang merasuki berbagai aplikasi di Play Store bermacam-macam. Dari mulai yang malware sederhana sampai yang mengeluarkan ancaman.

" Dari sederhana yang menampilkan iklan sampai kepada yang parah adalah mengunci kita punya smartphone," lanjut Charles Lim.

3 dari 5 halaman

Hacker

Jika smartphone kamu sudah berhasil dikuasai, oleh malware tersebut, maka hacker tidak akan tanggung-tanggung untuk meminta uang tebusan dalam bentuk bitcoin. Kalau tidfak, bisa-bisa informasi rahasia yang ada dalam smartphone kamu akan segera diekspose.

" Ini sungguh-sungguh sangat berbahaya bahkan bisa memalukan individu tersebut," katanya.

Ilustrasi Hacker © Diadona

4 dari 5 halaman

Lebih Waspada

Charles Lim juga mengatakan kalau Play Store tidak menjamin 100 persen aplikasi mereka bakal aman dari malware. Waspada merupakan benteng terakhir yang kita punya untuk mengatisipasi malware-malware tersebut.

" Tapi kita harus hati-hati. Ini tidak bisa kita hindari sebab sulit namun harus waspada. Sehingga bisa terproteksi data pribadi kita," pungkas dia.

Beri Komentar