Ditemukan Celah Rentan pada Fitur Windows 10 yang Dapat Dimanfaatkan Para Hacker

Reporter : Yoyok
Kamis, 8 Oktober 2020 13:50
Ditemukan Celah Rentan pada Fitur Windows 10 yang Dapat Dimanfaatkan Para Hacker
Wah kudu hati-hati ini

Siapa yang tidak tahu tentang perusahaan telnologi besar bernama Microsoft. Produk Microsoft telah digunakan di seluruh penjuru dunia.

Salah satu sistem operasi mereka yang bernama Windows menjadi OS favorit banyak orang. Hal ini terkait dengan kemudahannya saat digunakan dan sering update. OS Microsoft terbaru adalah Windows 10.

Namun, ternyata Windows 10 memiliki kelemahan lho. Bahkan, kelemahan ini bisa menjadi jalan masuk para hacker untuk mencuri data-datamu.

1 dari 5 halaman

Celah di Windows 10

Dikutip dari Bleeping Computer, beberapa waktu yang lalu para penelitit keamanan siber menemukan sebuah celah di Windows 10. Celah tersebut diklaim dapat menjadi jalan para hacker untuk mengetahui password pengguna.

Jimmy Bayne, penelitit keamanan siber, mengatakan bahwa hacker dapat mengetahui password para pengguna dengan cara memanfaatkan tema Windows 10 yang sudah dimodifikasi.

Ilustrasi Hacker © Diadona

2 dari 5 halaman

Pass-The-Hash

Tema Windows 10 yang telah dimodifikasi tersebut akan meminta para pengguna untuk membocorkan detail login Windows 10 mereka secara tidak sadar saat memakai tema gratis tersebut.

Tema yang telah dimodifikasi tersebut dibuat oleh para hacker untuk melancarkan serangan pass-the-hash. Serangan ini dapat mengirimkan password pengguna ke server milik hacker secara langsung.

3 dari 5 halaman

Cara Mengatasi

Tidak hanya mengungkapkan celahnya, Jimmy Bayne pun juga mengatakan bagaimana cara menghindari serangan hacker tersebut. Salah satunya yaitu untuk tidak men-download dan menggunakan tema Windows dari sumber yang tidak jelas asal usulnya.

Selain itu, Jimmy Bayne juga mengatakan untuk para pengguna lebih berhati-hati dalam memasukkan informasi login.

4 dari 5 halaman

Perubahan Tampilan

Sebelumnya, Microsoft mengumumkan bahwa ada perubahan tampilan pada Windows 10. Mulai dari menu Live Tiles yang berada di sisi kanan Start, sampai kombinasi tombol Alt-tab.

" Kami menyegarkan tampilan menu Start melalui desain lebih sederhana dengan menyingkirkan latar warna di belakang logo aplikasi sekaligus menerapkan latar senada dan transparan ke Live Tiles," tulis Microsoft di halaman blog resminya.

Ilustrasi Microsoft © Diadona

Beri Komentar