Indonesia Masuk Dalam 10 Besar Negara yang Kecanduan Media Sosial

Reporter : Yoyok
Senin, 8 Februari 2021 20:50
Indonesia Masuk Dalam 10 Besar Negara yang Kecanduan Media Sosial
Indonesia mengalahkan negara tetangga seperti Thailand, Vietnam, dan Singapura

Media sosial sudah menjadi kebutuhan pokok sebagian besar penduduk. Berbagai orang memanfaatkan media sosial dalam banyak kebutuhan.

Mulai dari untuk stalking mantan, dagang online, cari pacar, buzzer, dan masih banyak lagi. Media sosial sudah menjadi dari bagian gaya hidup orang Indonesia.

Maka dari itu, tidak heran jika Indonesia masuk dalam 10 besar negara dengan penduduknya yang kecanduan media sosial.

1 dari 5 halaman

Masuk 10 Besar

Menurut riset yang berjudul Digital 2021: Global Overview Reports dari situs Hootsuite dan agensi marketing bernama We Are Social, mengatakan kalau pengguna media sosial meningkat sebanyak 13 persen selama tahun 2020. Rata-rata lebih dari 1,3 juta pengguna baru join dalam berbagai platform media sosial. Itu sama saja dengan 155.000 pengguna baru per detik.

Dari riset tersebut juga diketahui bahwa Indonesia masuk ke dalam 10 besar negara yang penduduknya kecanduan media sosial. Indonesia menempati peringkat sembilan dari 47 negara yang dianalisis.

2 dari 5 halaman

3 Jam 14 Menit

Kecanduan ini dinilai dari rata-rata penduduk Indonesia menghabiskan waktu untuk bermain media sosial, yaitu sekitar 3 jam 14 menit. Waktu tersebut lebih lama dari rata-rata global yang sekitar 2 jam 25 menit.

Data We Are Social 2021 © Diadona

Negara tetangga seperti Malaysia menempati peringkat 13 dengan waktu 3 jam 1 menit, dan Thailand menempati posisi 16 dengan waktu 2 jam 48. Peringkat pertama dihuni oleh Filipina yang mencapai 4 jam 15 menit. Bahkan, perbedaan peringkat satu dan dua mencapai 30 menit lho.

3 dari 5 halaman

Penggunaan Internet

Riset ini tidak hanya meneliti tentang berapa lama waktu penduduk Indonesia bermain media sosial. Penggunaan akses internet secara keseluruhan pun juga diteliti sepanjang tahun 2020 kemarin.

Dari riset tersebut, Indonesia menempati peringkat delapan dari 47 negara dengan waktu terbanyak menghabiskan waktu untuk internet. Rata-rata orang Indonesia menghabiskan waktu selama 8 jam 52 menit untuk browsing dan surfing di internet.

Malaysia unggul dari Indonesia dengan menepati posisi enam dengan waktu sebanyak 9 jam 17 menit. Peringkat pertama lagi-lagi dipegang oleh Filipina dengan waktu 10 jam 56 menit dihabiskan dalam penggunaan internet.

Data We Are Social 2021 © Diadona

4 dari 5 halaman

Tidak Hanya Kecanduan Media Sosial

Di bulan Januari 2021, jumlah pengguna internet secara global mencapai 4,66 miliar, meningkat 316 juta (7,3 persen) dibandingkan bulan Januari 2020. Kini, tingkat penetrasi internet secara global yaitu 59,5 persen. Tetapi, karena adanya pandemi covid-19 yang sangat berdampak pada penggunaan internet, bisa saja angka sebenarnya malah jauh lebih tinggi.

Secara global, di antara pengguna internet yang berusia 16 sampai 64 tahun tahun, hampir 77 persen mengatakan kalau mereka berbelanja online setiap bulannya. Dari situ kita bisa melihat kalau Indonesia tidak hanya kecanduan media sosial, namun juga belanja online.

Beri Komentar