HP di Cas Malah Berkurang? Ini Penyebab dan Cara untuk Mengatasinya

Reporter : Arif Mashudi
Senin, 4 Maret 2024 13:15
HP di Cas Malah Berkurang? Ini Penyebab dan Cara untuk Mengatasinya
HP di cas malah berkurang? jangan dibiarkan ya Diazens

Ketika HP di cas malah berkurang pasti ada yang salah dengan HP, charger, atau pun stopkontak yang digunakan. Apapun penyebabnya, hal ini tidak bisa dibiarkan ya Diazens karena bisa merusak bagian-bagian tertentu pada HP kamu. Jika hal ini terjadi, takutnya akan merusak HP dan nggak bisa digunakan lagi.

Selain ada penyebabnya, ketika HP di cas malah berkurang ternyata bisa diatasi loh. Misal, selalu gunakan charger original yang sesuai dengan kebutuhan ponsel. Kemudian, pastikan stopkontak yang kamu gunakan juga dalam kondisi yang baik dan tidak korslet.

Lebih lanjut, Diadona telah merangkum penyebab HP di cas malah berkurang dan juga cara mengatasinya yang bisa kamu lakukan. Jadi, langsung saja kita simak uraiannya di bawah ini.

1 dari 6 halaman

Penyebab HP di Cas Malah Berkurang

HP di Cas Malah Berkurang © Diadona

Seperti apa yang tertulis di atas, berbicara tentang HP di cas malah berkurang pasti ada penyebabnya. Penyebabnya bisa dari internal HP atau pun dari perangkat yang digunakan untuk mengecas HP.

Charger Rusak atau Tidak Kompatibel

Penyebab HP dicas malah berkurang yang pertama adalah charger yang kamu gunakan rusak. Bisa juga, charger yang kamu gunakan bukanlah charger original yang memang khusus dibuat untuk HP yang sedang kamu gunakan. Terkesan remeh sih ini, tapi charger abal-abal nyatanya memang bisa merusak HP loh.

Port Charger dan USB Rusak

Penyebab HP di cas malah berkurang yang kedua adalah port charger atau port USB kotor atau pun rusak. Maka dari itu, selalu cek dan pastikan baik itu port charger atau pun port USB selalu dalam kondisi yang bersih. Cara membersihkannya bisa kamu cek di sini nih.

2 dari 6 halaman

HP dalam Kondisi Panas

Kemudian, untuk penyebab HP di cas malah berkurang yang selanjutnya adalah hp yang kamu gunakan terlalu panas. Hal ini akan menimbulkan masalah baterai yang berkurang saat melakukan pengisian daya. Bahkan, HP yang panas akan berpotensi mengganggu proses pengisian baterai.

Stopkontak Rusak

Terakhir, untuk penyebab HP di cas malah berkurang adalah stopkontak yang kamu gunakan tidak dalam kondisi yang bagus atau bahkan rusak. Pasalnya, stopkontak ini adalah juga bagian penting saat kamu mengecas HP.

3 dari 6 halaman

Arus Listrik Tidak Stabil

Penyebab HP dicas malah berkurang yang selanjutnya adalah arus listrik yang kamu gunakan dalam keadaan yang tidak stabil. Nah, hal ini membuat penegcasan tidak konsisten dan akhirnya pembaca kapasitas baterai menjadi tidak akurat.

Bahkan, dalam kurun waktu tertentu, hal ini bisa mengakibatkan kerusakan fatal pada HP. Jadi, pastikan arus listriknya baik dan stabil ya.

Penggunaan Port USB Komputer

Lanjut ya, port USB komputer terkadang tidak akan menghasilkan daya yang cukup untuk memenuhi kebutuhan baterai pada HP. Jika kamu mengisi daya dari port USB dan mengoperasikan beberapa aplikasi yang menguras baterai seperti game dan sinkronasi Google, maka kemungkinan akan mengalami penurunan daya baterai saat mengisi daya.

Sistem Error

Penyebab yang selanjutnya adalah error yang terjadi pada sistem smartphone. Error di sini bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti penggunaan charger KW, arus listrik yang tidak stabil, dicas sambil digunakan dan lain-lain.

4 dari 6 halaman

Cara Mengatasi HP di Cas Malah Berkurang

HP di Cas Malah Berkurang © Diadona

Sama halnya halnya seperti uraian di atas, HP di cas malah berkurang ini pasti ada cara untuk mengatasinya. berikut ini adalah cara-cara yang bisa kamu lakukan.

Jangan Gunakan HP saat di Cas

Cara pertama untuk mengatasi HP di cas malah berkurang yang selanjutnya adalah dengan tidak menggunakan HP saat di cas. Pasalnya, menggunakan HP sambil dicas membuat pengisian daya tidak efektif dan membuat baterai mudah panas. Apabila masalah tersebut terjadi, matikan ponsel dan tunggu hingga dingin sebelum mulai diisi kembali.

Gunakan Charger Original

Kemudian, selalu gunakan charger original untuk mengatasi HP di cas malah berkurang. Pasalnya, jika kamu menggunakan charger abal-abal hanya akan merusak bagian-bagian terntentu HP yang pastinya nanti akan berakibat fatal.

5 dari 6 halaman

Mengganti Adaptor Charger

Cara lain untuk mengatasi HP Dicas malah berkurang adalah dengan mengganti adaptor charger. Pasalnya, adaptor charger memiliki output berbeda sehingga ampere yang dihasilkan oleh adaptor charger yang berbeda dan tidak sesuai dengan kapasitas baterai HP.

Jadi pastikan juga charger kamu termasuk adaptorya sudah sesaui dengan spesifikasi yang dibutuhkan oleh smartphone. Dengan begini pengecasan akan cepat dan baterai akan awet.

Charging HP di Sumber Listrik Stabil

Tau nggak sih Diazens, Melakukan pengecasan di sumber listrik yang dayanya stabil dan besar selain di port USB PC maupun laptop karena berdaya kecil akan lebih baik buat HP kamu. Untuk itu kamu bisa mencari stop kontak listrik yang memiliki daya stabil dan besar.

Apabila kamu menggunakan roll kabel atau terminal, pastikan kamu menggunakan terminal yang berkualitas bagus dan tidak longgar. Jangan lupa pastikan serat kabelnya juga tidak bermasalah.

Melakukan Factory Reset

Nah, jika yang terjadi error pada sistem perangkat lunak atau software, kamu bisa melakukn reset pabrik atau factory reset. Hal ini sekaligus menjadi kembali seperti baru lagi karena seluruh data yang ada pada HP akan terhapus. Namun, sebelum memutuskan untuk melakukan cara ini terlebih dahulu lakukan backup data agar file yang ada di HP tidak terhapus.

6 dari 6 halaman

Bersihkan Port Charger dan Port USB

Kemudian, bersihkan secara rutin port charger atau pun port USB agar pengisian baterai HP bisa berlangsung dengan efektif. Kamu bisa membersihkannya dengan tidu atau pun jarum, tapi tetap hati-hati ya kalau membersihkan agar tidak merusak komponen HP.

Bawa ke Tempat Servis

Kemudian, cara mengatasi HP di cas malah berkurang yang selanjutnya adalah dengan membawanya ke tempat servis. Pasalnya, jika semua semua cara di atas tidak berhasil, pasti ada yang tidak beres dengan HP atau pun charger yang kamu gunakan.

Jadi itu ya Diazens beberapa penyebab HP di cas malah berkurang dan juga beberapa cara untuk mengatasinya. So, selamat mencoba ya!

Beri Komentar