7 Cara Membersihkan Kerang Kupas Sebelum Diolah Jadi Menu Masakan Enak

Reporter : Nasa
Rabu, 18 Januari 2023 12:18
7 Cara Membersihkan Kerang Kupas Sebelum Diolah Jadi Menu Masakan Enak
Sebelum dimasak jadi hidangan lezat, kerang kupas harus dibersihkan terlebih dahulu..

Cara membersihkan kerang kupas yang baik dan benar harus dilakukan sebelum melakukan proses pengolahan. Pasalnya, kerang kupas sendiri biasanya selalu dijual beserta dengan kulit-kulitnya yang keras dan susah dibersihkan.

Makanya, cara membersihkan kerang kupas memberi pengaruh besar terhadap masakan yang akan dibuat. Oh iya, saat membeli kerang kupas, usahakan untuk memilih kerang yang utuh. Karena yang sudah terbuka cenderung kurang segar.

Selain itu, ciri-ciri kerang kupas yang memiliki kualitas bagus dan segar adalah yang terlihat memiliki tekstur dan warna cerah. Kalau sudah gelap dan pudar, biasanya kerang kupas cenderung kurang segar, sehingga kurang begitu enak jika dikonsumsi.

Setelah cermat memilih kerang kupas, barulah lanjut memulai proses pembersihan. Ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan pada proses pembersihan kerang kupas. Mulai dari merendam kerang dengan air mengalir hingga menggunakan bahan campuran lainnya.

Ini dia deretan cara membersihkan kerang kupas yang bisa kamu coba sebelum membuat hidangan lezat:

1 dari 7 halaman

1. Bersihkan Menggunakan Air Mengalir

Kalau menurut informasi yang dihimpun dari buku " 100 Resep lezat Sebar Ikan & Seafood"  oleh Yuni Pradata, dkk terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, cara membersihkan kerang yang sudah dikupas yakni dengan mencucinya di air mengalir. 

Bisa dibilang, proses pencucian dengan air mengalir ini sangat penting karena dapat membantu menghilangkan sisa lumpur dan kotoran yang menempel pada daging kerang.

2 dari 7 halaman

2. Bersihkan Cangkang dengan Sikat

Cara Membersihkan Kerang Kupas © Diadona

Jika kamu ingin memasak kerang lengkap dengan cangkangnya, maka kamu harus menyikatnya terlebih dulu. Hal ini perlu dilakukan supaya cangkang keras bebas dari lumpur dan tanah. Kamu bisa menggunakan sikat atau bisa juga menggunakan sabut besi.

3 dari 7 halaman

3. Rendam dengan Air Bersih

Cara sederhana membersihkan kerang yakni dengan merendamnya di air tawar. Proses ini dapat mendorong air asinnya dan pasir keluar dari cangkang, seperti dilansir dari All Recipes. Perendaman dapat dilakukan selama setidaknya 20 menit. 

Alih-alih menyaringnya, lebih baik jika kamu mengambil kerang dalam rendamannya tersebut satu per satu. Sebab, jika disaring pasir yang mengendap dalam rendaman akan masuk kembali ke cangkang kerang. 

4 dari 7 halaman

4. Rendam dengan Air Garam

Proses perendaman juga dapat dilakukan menggunakan air garam. Cara ini bisa menjadi alternatif, jika kerang sulit dibersihkan.  Atau, kamu pun dapat melakukan proses perendaman sebanyak dua kali. Pertama, kerang direndam menggunakan air tawar, lalu direndam kembali di air garam.

5 dari 7 halaman

5. Rendam dengan Air Campuran Tepung

Selain menggunakan air garam, air yang diberi tepung maizena atau lada hitam pun bisa membantu mengeluarkan pasir dari cangkang kerang. Metode penggunannya sama seperti merendam kerang dengan air tawar atau air garam.

6 dari 7 halaman

6. Rebus Kerang dengan Air Jahe dan Bawang Putih

Merebus kerang juga dapat membantu membersihkan dan mengurangi bau amisnya. Proses perebusan dapat dilakukan selama 15 menit. Pada air rebusannya, kamu pun dapat menambahkan jahe dan bawang putih agar aromanya lebih sedap.

7 dari 7 halaman

7. Hindari Merendam Kerang dengan Air Panas

Untuk membersihkan kerang tanpa cangkang, kamu hanya perlu menyiapkan air bersih dengan suhu normal atau dingin. Pasalnya, jika menggunakan air panas, cita rasa kerang yang akan diolah menjadi masakan lezat tentu akan berubah.

Nah, itu dia deretan cara membersihkan kerang kupas yang baik dan benar, tanpa merubah rasa otentik dari kerang itu sendiri. Kamu bisa pilih beberapa dari poin cara membersihkan kerang kupas tersebut sesuai dengan masakan yang akan kamu buat ya. Selamat mencoba ya!

Beri Komentar