Fitur Instagram Shopping Telah Hadir di Indonesia, Apa sih Itu?

Reporter : Yoyok
Selasa, 6 Oktober 2020 14:03
Fitur Instagram Shopping Telah Hadir di Indonesia, Apa sih Itu?
Fitur ini bermanfaat bagi kalian yang ingin berbisnis lewat Instagram

Instagram merupakan salah satu media sosial dengan jutaan pengguna di dunia. Dengan banyaknya pengguna ini, tentu saja bisa menjadi lahan bagus bagi kamu yang ingin berbisnis lewat media sosial Instagram.

Lagipula, Instagram pun juga telah mem fasilitasi bagi kalian yang ingin berbelanja maupaun yang ingin berjualan di media sosial tersebut. Kini, Instagram Shopping telah ada di Indonesia.

Seperti apa sih Instagram Shopping ini?

1 dari 5 halaman

Instagram Shopping

Dengan fitur Instagram Shopping ini, pelaku bisnis dapat mencantumkan label produk termasuk harganya pada postingan di feed, Insta Story, dan juga IGTV.

Fitur ini diluncurkan Instagram sebagai banetuk dukungan kepada UMKM untuk beradaptasi dengan transformasi digital, serta membantu mereka untuk ikut mendorong perekonomian digital Indonesia.

Ilustrasi Instagram © Diadona

2 dari 5 halaman

Tata Cara Penggunaan

Ketika seseorang klik pada pada postingan ataupun stiker produk, dia akan diarahkan ke halaman deskripsi produk yang berisi gambar, deskripsi, harga produk, serta link yang mengarahkan langsung ke situs web bisini tersebut. lalu, pengguna Instagram pun dapat membeli langsung produk bersangkutan di situs tersebut.

" Kami ingin membantu interaksi antara pebisnis, kreator, dan pengguna terjalin dengan mudah. Oleh sebab itu, kami merilis Instagram Shopping untuk seluruh akun bisnis dan kreator di Indonesia, dan peluncurannya dilakukan secara bertahap," ucap Country Director Facebook di Indonesia, Pieter Lydian.

Transaksi yang dilakukan pun tidak di dalam media sosial Instagram maupun Facebook. Transaksi tetap akan dilakukan melalui situs web milik akun bisnis yang kalian klik.

" Transaksi tidak di atas platform Facebook dan Instagram. Namun, di pemilik bisnis itu, di bawa ke situs web mereka," lanjut Pieter.

3 dari 5 halaman

Keamanan

Instagram juga berusaha memastikan fitur tersebut tidak disalahgunakan. Tentu saja hal ini dilakukan agar konsumen tidak tertipu oleh akun-akun penipu.

Salah satu syarat bagi kalian pelaku bisnis untuk menggunakan fitur ini adalah dengan menghubungkan Instagram Shopping ke sis resmi kalian.

" Kami memperbaui regulasi kami terkait Instagram Shopping, yaitu harus menghubungkan fitur ini ke situs web mereka sendiri. Setelah itu kami akan kaji," kata Pieter.

Pieter pun menambahkan bahwa Instagram akan terus mengudkasi pengguna tentang keamanan. Para pengguna dianjurkan untuk secara aktif mengetahui akun-akun penipuan serta penting untuk mengetahui rekam jejaknya.

4 dari 5 halaman

Tidak Ada Minimum Followers

Putri Silalahi, Communication Manager Instagram untuk Asia Pasifik, mengatakan kalau tidak ada minimal followers dalam menggunakan fitur Instagram Shopping.

" Tidak ada minimum jumlah follower untuk fitur ini," ucapnya.

Ilustrasi Instagram © Diadona

Beri Komentar