3 Cara Menyembunyikan Like di Instagram yang Mudah, Gak Perlu Bingung

Reporter : Anif Fathul Amin
Jumat, 31 Maret 2023 11:20
3 Cara Menyembunyikan Like di Instagram yang Mudah, Gak Perlu Bingung
Ini cara menyembunyikan like di Instagram yang mudah banget!

Bagi sebagian besar pengguna media sosial Instagram, jumlah like sangatlah penting karena digunakan sebagai parameter untuk menentukan seberapa populer atau menarik suatu postingan. Namun, ada juga pengguna yang merasa bahwa jumlah like pada postingan Instagram mereka justru mengganggu dan membuat tampilan postingan kurang menarik.

Beruntunglah bahwa Instagram telah menyediakan fitur untuk menampilkan dan menyembunyikan jumlah like di postingan. Jika kamu belum tahu cara menggunakan fitur tersebut, kamu bisa membaca penjelasannya di bawah ini.

 

1 dari 8 halaman

Banyak orang yang terobsesi dengan jumlah like yang diperoleh di Instagram. Sebab, angka tersebut dapat menunjukkan jumlah pengikut dan bahkan dapat membawa pekerjaan, seperti endorse misalnya.

Namun, menurut laman Instagram, beberapa pengguna justru tidak merasa ada manfaat dari jumlah like pada postingan mereka. Bahkan, tak sedikit di antara pengguna yang merasa terganggu dengan angka tersebut.

2 dari 8 halaman

Menurut laporan Royal Society for Public Health yang dilansir oleh CNET, Instagram adalah salah satu media sosial yang berdampak pada kesehatan mental, terutama pada anak muda.

Oleh karena itu, sejak 2021, Instagram memberikan alternatif bagi pengguna untuk menyembunyikan jumlah like mereka. Meskipun angka tersebut tidak ditampilkan, pemilik akun masih dapat melihat berapa jumlah like yang diperoleh dari postingan mereka.

3 dari 8 halaman

Cara Menyembunyikan Like di Instagram Orang Lain

Cara Menyembunyikan Like di Instagram © Diadona

Pertama-tama, kamu bisa memilih untuk menyembunyikan like di postingan Instagram milik orang lain yang muncul di halaman beranda atau hasil pencarian. Dengan menyembunyikan angka like dan view tersebut, tampilan Instagram kamu akan menjadi lebih bersih. Berikut adalah cara menyembunyikan jumlah like di Instagram:

  1. Jalankan aplikasi Instagram lalu buka profil IG kamu.
  2. Tap garis tiga yang ada di pojok kanan atas, kemudian pilih Pengaturan.
  3. Pilih pengaturan Privasi.
  4. Tap opsi Postingan.
  5. Aktifkan opsi Sembunyikan jumlah suka dan tayangan.

Hanya dengan melakukan 5 langkah singkat di atas, kini jumlah like dan views pada semua postingan Instagram orang lain akan disembunyikan.



4 dari 8 halaman

Cara Menyembunyikan Like di Instagram Sendiri

Selain menyembunyikanlike pada postingan Instagram orang lain, kamu juga bisa menghapus jumlah like pada postingan kamu sendiri di Instagram. Dengan cara ini, jumlah like pada postingan kamu tidak akan terlihat oleh orang lain, dan hanya kamu yang bisa melihatnya. Jika kamu tertarik untuk mencobanya, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi Instagram di HP kamu.
  2. Pilih postingan yang ingin kamu sembunyikan jumlah like-nya.
  3. Tap titik tiga pada postingan tersebut, lalu pilih Sembunyikan jumlah suka.

5 dari 8 halaman

Cara Menyembunyikan Like di Instagram Sebelum Posting

Cara Menyembunyikan Like di Instagram © Diadona

Kamu juga dapat memilih untuk menyembunyikan like Insstagram pada postingan kamu sendiri sebelum kamu memposting foto atau video tersebut. Dengan cara ini, orang lain tidak akan dapat mengetahui jumlah like pada postingan kamu sejak pertama kali kamu memposting konten tersebut. Berikut ini adalah cara menghapus jumlah like pada postingan yang akan kamu buat:

  1. Buat postingan baru hingga ke tahap pemberian caption.
  2. Klik opsi Pengaturan Lanjutan.
  3. Hidupkan fitur Sembunyikan jumlah like dan view.
  4. Upload postingan tersebut.

6 dari 8 halaman

Cara Pin Komentar di Instagram

Meskipun aplikasi seperti TikTok semakin populer dari hari ke hari, Instagram tetap menjadi media sosial utama dalam kehidupan sehari-hari. Media sosial ini juga berfungsi sebagai tempat yang bagus bagi banyak orang untuk berbagi momen dalam hidup mereka dan para influencer dapat membuat penggemar mereka tetap terkini.

Tentu saja, interaksi antara komunitas pengguna merupakan bagian besar dari aplikasi, dan biasanya bagian komentar dari berbagai akun yang berbeda dibanjiri dengan pesan dari pengikut yang berinteraksi dengan pembuat konten. Terkadang, mungkin ada komentar yang ingin ditonjolkan di bawah salah satu postingan kamu, baik itu karena respon yang sangat baik atau karena berisi informasi atau konteks penting untuk gambar tersebut. Berikut adalah cara untuk menonjolkan komentar tersebut:

  1. Buka aplikasi Instagram.
  2. Navigasikan ke pos yang ingin kamu sematkan komentarnya (kamu bisa melakukannya dengan mengklik tab profil atau mengetuk pemberitahuan komentar untuk pos tersebut).
  3. Pilih komentar yang ingin kamu sematkan, kemudian geser dari kanan ke kiri.
  4. Ketuk ikon pushpin.

Jika kamu berubah pikiran mengenai komentar mana yang ingin disematkan, maka cukup usap dari kanan ke kiri pada komentar yang dipasangi pin. Lalu, ketuk lagi tombol tekan untuk melepas pin.

 

7 dari 8 halaman

Cara Menyembunyikan Kolom Komentar di Instagra,

Bagi beberapa pengguna Instagram, kolom komentar dapat menjadi sarana yang kurang menyenangkan dan memicu timbulnya komentar negatif. Untuk itu, Instagram menyediakan fitur untuk mematikan kolom komentar pada suatu postingan. Fitur ini bertujuan untuk melindungi pengguna dari komentar yang tidak pantas atau meresahkan. Cara mematikan kolom komentar sangatlah mudah dan dapat dilakukan oleh semua pengguna. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Masuk (log in) ke akun Instagram kamu
  2. Masuk ke profil Instagram
  3. Pilih salah satu unggahan yang ingin kamu nonaktifkan komentarnya
  4. Klik ikon titik tiga di pojok kanan postingan
  5. Pilih “ Turn off commenting” untuk mematikan kolom komentar

Untuk menyalakannya kembali pengguna hanya perlu melakukan cara yang sama dan pilih “ Turn on commenting”. Pengguna juga dapat mengontrol siapa saja yang dibolehkan untuk berkomentar di postingannya atau memblokir komentar dari pengguna lain dengan cara klik “ Review Controls”

Beri Komentar