Cara Mengganti Background Zoom di HP Android Maupun iPhone

Reporter : Riza Umami
Selasa, 14 Maret 2023 20:48
Cara Mengganti Background Zoom di HP Android Maupun iPhone
Ini nih cara mengganti background Zoom di HP.

Zoom adalah sebuah perangkat lunak (software) untuk konferensi video yang memungkinkan pengguna untuk melakukan rapat, webinar, dan kelas online secara daring. Aplikasi ini sangat populer dan digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia.

Zoom menawarkan fitur-fitur yang memudahkan penggunanya dalam mengatur dan mengikuti rapat atau kelas online, seperti fitur berbagi layar, diskusi dalam grup, dan pengaturan jadwal. Pengguna dapat bergabung dalam rapat atau kelas online menggunakan laptop, komputer, atau perangkat seluler (smartphone atau tablet) sambil menikmati fitur-fitur yang disediakan Zoom.

Biar terlihat lebih profesional dan menarik, terkadang beberapa pengguna mengubah background saat sedang menggunakan aplikasi Zoom lewat HP maupun laptop. Dengan fitur ini, kamu bisa memilih background Zoom sesuai keinginanmu sendiri. Jika ingin memakai fitur ini, berikut cara mengganti background Zoom di HP Android maupun iPhone.

1 dari 4 halaman

Cara Mengganti Background Zoom di HP Android

Cara Mengganti Background Zoom di HP © Diadona

Dilansir dari laman detik.com (30/1), bagi pengguna smartphone Android yang ingin mengganti background Zoom, kamu bisa melakukan langkah-langkah bagaimana cara mengganti background Zoom di HP berikut ini:

  1. Buka aplikasi Zoom yang sudah diunduh di smartphone.
  2. Setelah itu, klik opsi 'More' atau ikon titik tiga.
  3. Pilih 'Virtual Background'.
  4. Pilih latar belakang atau background yang disediakan oleh Zoom.
  5. Jika ingin menggunakan background Zoom sesuai keinginan, klik ikon '+' lalu pilih gambar dari galeri smartphone untuk diunggah.
  6. Berikan efek blur pada background agar fokus pada wajah pengguna saja.
  7. Jika sudah, klik 'Close' di pojok kanan atas untuk menutup tab virtual background Zoom.
  8. Selesai, background Zoom sudah berubah sesuai gambar dan warna yang dipilih.

2 dari 4 halaman

Cara Mengganti Background Zoom di HP iPhone

IPhone SE 2020 © Diadona

Tidak hanya pengguna Android, pengguna iPhone yang juga ingin mengubah background Zoom, bisa mengganti dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Zoom yang sudah diunduh di smartphone.
  2. Klik opsi 'More' atau ikon titik tiga.
  3. Lalu silahkan pilih 'Background and Filters'.
  4. Pasang background atau latar belakang yang disediakan oleh Zoom.
  5. Jika ingin menggunakan background Zoom sesuai keinginan, klik ikon '+' lalu pilih gambar dari galeri ponsel untuk diunggah.
  6. Berikan efek blur pada background agar fokus pada wajah pengguna saja.
  7. Setelah gambar dipilih, lalu klik 'Close' di pojok kanan atas untuk menutup tab virtual background Zoom.
  8. Selesai, background Zoom sudah berubah sesuai gambar dan warna yang dipilih.

3 dari 4 halaman

Kenapa Cara Mengganti Background Zoom di HP Tak Berfungsi?

Cara Mengganti Background Zoom di HP © Diadona

Jika kamu sudah melakukan langkah-langkah untuk mengubah background Zoom namun belum berhasil, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi perubahan tersebut. Berikut adalah penjelasannya:

1. Ketentuan Perangkat Mobile untuk Virtual

Salah satu penyebab background Zoom tidak dapat diubah adalah karena perangkat HP yang digunakan tidak mendukung. Untuk menggunakan aplikasi Zoom di Android dan iPhone, perangkat harus memenuhi sistem operasi (OS) yang ditentukan.

Menurut ketentuan yang berlaku pada situs resmi Zoom, perangkat Android yang dapat menjalankan aplikasi Zoom harus menggunakan OS 5.0 atau yang lebih tinggi. Sedangkan di iPhone, perangkat harus berada di iOS 11 atau yang lebih tinggi. Jika perangkatmu menggunakan OS yang tidak sesuai dengan persyaratan tersebut, maka aplikasi Zoom tidak dapat digunakan.

4 dari 4 halaman

2. Ketentuan Gambar yang Digunakan

Faktor lain yang dapat mempengaruhi perubahan background Zoom adalah gambar yang digunakan. Menurut situs resmi Zoom, ada ketentuan khusus bagi pengguna yang ingin menggunakan virtual background melalui ponsel, yaitu sebagai berikut:

  • Tidak ada batasan ukuran saat menggunakan virtual background di Zoom. Namun, sebaiknya potong (crop) gambar yang ingin digunakan sesuai dengan rasio aspek kamera. Sebagai contoh, jika kamera kamu menggunakan rasio 16:9, disarankan gambar berukuran 1280 x 720 piksel atau 1920 x 1080 piksel.
  • Format gambar harus PNG atau JPG/JPEG 24-bit.
  • Jika tidak yakin dengan aspek rasio kamera HP yang digunakan, disarankan untuk memilih background Zoom di Android dengan resolusi minimal 1280 x 720 piksel.

Jika kamu mengikuti ketentuan tersebut dan masih belum bisa mengubah background Zoom, coba restart aplikasi Zoom atau perangkat HP kamu. Jika masih belum berhasil, coba hubungi dukungan teknis Zoom untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut. Itulah cara mengganti background Zoom di HP Android maupun iPhone. Cukup mudah bukan? Selamat mencoba!

Beri Komentar