Cara Menyambungkan Laptop ke Proyektor dengan ataupun Tanpa Kabel HDMI

Reporter : Arif Mashudi
Senin, 21 November 2022 10:00
Cara Menyambungkan Laptop ke Proyektor dengan ataupun Tanpa Kabel HDMI
Cara menyambungkan laptop ke proyektor bisa dilakukan dengan menggunakan kabel khusus semisal kabel VGA atau HDMI. Ataupun, jika perangkatnya sudah mumpuni bisa juga tanpa kabel.

royektor adalah alat yang berfungsi untuk menampilkan tampilan laptop untuk tampilan yang lebih besar. proyektor ini kerap digunakaan saat presentasi atupun untuk kegitaan nonton bareng yang memnutuhkan layar besar.

Lantas bagaimana cara menyambungkan laptop ke proyektor dengan mudah?

Cara menyambungkan laptop ke proyektor bisa dilakukan dengan menggunakan kabel khusus semisal kabel VGA atau HDMI. Ataupun, jika perangkatnya sudah mumpuni kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi khusus yang nantinya memanfaatkan bluetooth untuk menghubungkanya dengan proyektor.

Diadona telah merangkum cara menyambungkan laptop ke proyektor dari berbagai sumber. Jadi, langsung saja kita simak beberapa caranya di bawah ini. Check these out!

1 dari 3 halaman

Cara Menyambungkan Laptop ke Proyektor dengan HDMI, VGA, atau DVI

Cara Menyambungkan Laptop ke Proyektor © Diadona

Jadi, yang harus kamu perhatikan dahulu adalah laptop kalian ada soket HDMI dan VGA atau hanya salah satunya. Jika sudah memiliki kabel HDMI atau VGA maka tinggal mencolokkan kabel tersebut dari laptop ke proyektor kalian.

  • Colok converter VGA to HDMI ke laptop
  • Jika laptop memiliki colokan atau port VGA tinggal colok saja
  • Colok kabel VGA proyektor ke converter atau langsung ke laptop jika mendukung
  • Jika sudah terhubung tekan tombol Windows (keyboard berlogo windows) + P
  • Pilih output yang diinginkan
    Sekarang proyektor menampilkan apa yang ada di laptop.

Kemudian, untuk mengatur tampilan pada proyektor ada beberapa pilihan, yang antara lain adalah:

  1. PC Screen Only, opsi ini bisa Anda pilih jika belum siap menampilkan apapun di proyektor. Jadi display hanya tampil di laptop Anda saja.
  2. Duplicate, opsi ini bisa Anda pilih jika ingin menampilkan ke proyektor dengan tampilan yang sama persis dengan laptop. Sesuai dengan namanya dupliacate alias duplikasi.
  3. Extend, opsi ini bisa Anda pilih untuk memperluas layar Anda. Jadi tampilan layar jauh lebih luas, Anda bisa menampilkan presentasi di proyektor, sementara layar laptop untuk browsing misalnya.
  4. Second Screen Only, opsi ini akan menampilkan layar proyektor sebagai layar utamanya. Sementara layar laptop akan mati.

2 dari 3 halaman

Cara Menyambungkan Laptop ke Proyektor di Windows 7

Pertama, Kamu langsung bisa mengklik Start atau logo Windows di sebelah kiri bawah layar. Kemudian pilih opsi Control Panel.

Selanjutnya, akan muncul beberapa menu pilihan. Cari menu Hardware and Sound.

Kalau sudah membukanya, terlihat opsi Connect to a Projector dan klik itu.

Nantinya muncul 4 opsi pilihan. Ada Computer Only, Duplicate, Extend, dan Projector Only. Keempatnya bisa dipakai untuk menyambungkan laptop ke proyektor. Tapi sebaiknya pilih opsi Duplicate karena bisa membuat layar laptop dan proyektor memberikan tampilan yang sama.

Cara Menyambungkan Laptop ke Proyektor di Windows 10

Jadi, kamu bisa memulai dengan masuk ke menu Display Setting. Caranya dengan klik kanan di layar desktop, lalu pilih Display Setting.

Kemudian pilih opsi Display dan masuk ke bagian Advanced Display Setting.

Lalu, kamu bisa memilih opsi Advanced Settings of Text and Other Item.

Nantinya kamu akan dibawa ke bagian Control Panel. Lalu pilih Project to a Second Screen yang ada di sebelah kiri atas layar. Selanjutnya pilih Duplicate.

Sekarang kamu sudah bisa memilih proyektor yang ingin dihubungkan dengan laptop.

Cara Menyambungkan Laptop ke Proyektor di MAC

Sama saja dengan Windows, jika kamu menggunakan laptop berbasis MAC, kamu tetap harus menyiapkan kabel HDMI, VGA, atau pun DVI. Pokoknya yang sesuai dan kompatibel dengan laptop kamu.

Jika laptop MAC milikmu tidak memiliki porta apa pun, kamu bisa membeli adaptor VGA atau HDMI yang bisa dipasangkan ke porta Thunderbolt.

Klik logo Apple, logo ini berada di sisi kiri menu yang memanjang di bagian atas layar. Sebagai catatan, ini nggak perlu kamu lakukan jika komputer secara otomatis mendeteksi dan konten di layar laptop langsung ditayangkan melalui proyektor.

Kemudian, Klik System Preferences. Opsi ini biasanya merupakan pilihan kedua atau ketiga pada menu.

Klik Displays. Opsi ini biasanya berada pada baris ikon kedua, di samping ikon monitor atau layar.

Klik tab Arrangement. Tab ini berada di bagian atas jendela, di samping tab “ General” dan “ Color”.

Lalu, kamu bisa menyeret dan menjatuhkan layar-layar yang digarisi, atau mengeklik layar untuk menandai kotak di samping " Mirror Displays" dan menampilkan konten yang sama pada layar laptop dan proyektor.

3 dari 3 halaman

Cara Menyambungkan Laptop ke Proyektor tanpa Kabel HDMI dan VGA

Cara Menyambungkan Laptop ke Proyektor © Diadona

Cara menyambungkan laptop ke proyektor untuk laptop Windows tanpa kabel, kamu bisa menggunakan Miracast. Fitur ini memudahkan kamu tanpa menghubungkan kabel laptop ke proyektor. Umumnya, Miracast terdapat pada proyektor wireless atau tanpa kabel. Jadi, kamu tinggal menekan logo Windows + K untuk mencari Miracast atau device yang terhubung ke laptop.

Untuk cara menyambungkan laptop ke proyektor tanpa kabel kamu harus membeli proyektor yang sudah memiliki fitur bluetooth dan bisa tersambung dengan beberapa perangkat seperti laptop dan HP.

Jadi itu ya guys sedikit uraian tentang cara menyambungkan laptop ke proyektor baik itu di Windows atau pun MAC. Baik itu dengan atau tanpa kabel. So, selamat mencoba ya, Diazens!

Beri Komentar