Fitur Companion Mode WhatsApp Mulai Rilis, Hubungkan 1 Akun untuk 4 Smartphone Sekaligus

Reporter : Anif Fathul Amin
Selasa, 15 November 2022 21:03
Fitur Companion Mode WhatsApp Mulai Rilis, Hubungkan 1 Akun untuk 4 Smartphone Sekaligus
Jadi nggak ribet pindah akun WhtasApp nih!

Selama ini pengguna WhatsApp hanya bisa mengakses akunnya di satu ponsel saja. Tapi tidak lama lagi hal itu akan berubah karena WhatsApp sedang menguji coba fitur untuk menggunakan satu akun di empat ponsel sekaligus.

Fitur baru tersebut bernama Companion Mode dan ditemukan oleh tipster WABetaInfo. Fitur tersebut mulai digulirkan ke beberapa beta tester dan sudah tersedia di WhatsApp beta untuk Android versi 2.22.24.18.

1 dari 5 halaman

Fitur Companion Mode WhatsApp © Diadona

Dari screenshot yang dibagikan oleh WABetaInfo, cara menambahkan ponsel kedua ke WhatsApp terlihat mudah. Saat menginstal WhatsApp di ponsel baru, cukup klik menu titik tiga yang ada di sudut kanan atas lalu pilih 'Link a device'.

Setelah itu pindai QR code yang ditampilkan di layar registrasi WhatsApp di ponsel baru dan akun WhatsApp kalian sudah bisa digunakan di dua ponsel sekaligus, seperti dikutip dari WABetaInfo, Selasa (15/11/2022).

2 dari 5 halaman

Dengan fitur Companion Mode, pengguna WhatsApp bisa menghubungkan satu akun ke hingga empat perangkat sekaligus yang artinya kalian bisa menambahkan lebih dari dua ponsel. Karena ini masih dalam versi beta, beberapa fitur mungkin akan belum tersedia seperti melihat lokasi live, mengatur daftar broadcast, dan stiker.

WABetaInfo mengatakan setelah menghubungkan akun WhatsApp kalian ke ponsel baru, maka semua riwayat chat akan tersinkronisasi dengan perangkat baru. Semua chat dan panggilan juga tetap terlindungi enkripsi end-to-end karena semua pesan yang kalian terima akan dikirimkan ke semua perangkat yang terhubung jadi enkripsi tetap terjaga.

3 dari 5 halaman

Ilustrasi WhatsApp © Diadona

WhatsApp sebelumnya sudah mulai menguji coba Companion Mode di aplikasi WhatsApp beta untuk Android versi 2.22.21.6. Tapi uji coba tersebut khusus untuk menghubungkan akun WhatsApp ke tablet Android. Saat ini fitur Companion Mode baru tersedia untuk beberapa beta tester yang sudah menginstal WhatsApp beta untuk Android versi terbaru. Fitur ini akan digulirkan ke lebih banyak beta tester dalam beberapa minggu ke depan.

Sayangnya, belum diketahui kapan WhatsApp akan merilis fitur ini secara publik. Begitu juga soal kedatangan fitur Companion Mode di WhatsApp untuk iOS.

4 dari 5 halaman

Sebelumnya, WhatsApp juga memperkenalkan fitur Komunitas ke dalam layanan olah pesan mereka, setelah sebelumnya diungkap awal tahun ini.

Lewat fitur baru WhatsApp ini, pengguna mengelola semua grup yang saling terkait dengan mudah dan membuat sub-grup untuk berbagai topik. Komunitas seperti tetangga hingga rekan di kantor kini dapat menghubungkan beberapa grup bersama di bawah satu payung untuk mengelola percakapan grup di WhatsApp.

Beri Komentar