11 Cara Agar HP Tidak Lag saat Bermain Game, Auto Ngebut!

Reporter : Arif Mashudi
Senin, 19 Februari 2024 14:51
11 Cara Agar HP Tidak Lag saat Bermain Game, Auto Ngebut!
Cara agar HP tidak lag saat bermain game in ibisa kamu coba nih!

Salah satu hal yang paling menyebalkan saat bermain game adalah lag. Pasalnya ini akan sangat menganggu jalannya permainan atau game itu sendiri.

Lantas, bagaimana sih cara agar HP tidak lag saat bermain game?

Cara agar HP tidak lag saat bermain game ini cukup banyak ya Diazens. Misal, bisa dimulai dengan mencopot aplikasi yang nggak pernah digunakan atau pun dengan membersihkan ruang penyimpanan biar lega.

Diadona telah merangkum cara agar HP tidak lag saat bermain game. So, yuk simak beberapa caranya di bawah ini.

1 dari 7 halaman

Penyebab HP Ngelag Saat Bermain Game © Diadona

Apa Penyebab HP Ngelag Saat Bermain Game?

Sebelum jauh ke cara agar HP tidak lag saat bermain game, mari kita ketahui dulu kenapa dan apa penyebabnya. Jika berbicara tentang penyebab lag tentu saja ada banyak faktor yang mempengaruhi.

Berikut ini adalah beberapa penyebab HP ngelag saat bermain game:

  • Spesifikasi hardware yang rendah
  • Koneksi internet yang lambat atau tidak stabil
  • Banyaknya aplikasi berjalan di latar belakang
  • Overheating
  • Kapasitas penyimpanan yang penuh
  • Pengaturan grafis yang terlalu tinggi
  • Memainkan game berat
  • Cache yang tidak dibersihkan

2 dari 7 halaman

Copot Aplikasi yang Gak Digunakan

Cara agar HP tidak lag saat bermain game yang pertama adalah dengan mencopot atau menguninstall aplikasi yang tidak digunakan. Karena, aplikasi yang nggak kamu gunakan hanya akan memakan ruang penyimpanan dan membuat kinerja ponsel lambat.

Perbarui Sistem

Lalu untuk cara agar HP tidak lag saat bermain game adalah dengan memperbarui sistem. Jadi, pembaruan sistem atau software akan menjaga stabilitas dan optimalisasi kinerja ponsel.

Nggak hanya itu, pada pembaruan sistem ini smartphone juga akan diberikan fitur-fitur baru juga sering diberikan. Untuk pembaruan sistem ini bisa kamu temukan di bawah opsi About Phone.

3 dari 7 halaman

Cara Agar HP Tidak Lag saat Bermain Game © Diadona

Perbarui Game

Selanjutnya untuk cara agar HP tidak lag saat bermain game adalah dengan memperbarui aplikasi game tersebut. Dalam update game, kamu juga akan mendapatkan peningkatan performa dan stabilitas.

Juga, kamu akan mendapatkan fitur, desain, dan grafis yang baru. Caranya gampang kok, Buka Google Play Store > Aplikasi & Game Saya > cari nama game kamu > tap update.

Bersihkan Ruang Penyimpanan

Foto, video, dokumen yang terlalu menumpuk juga bisa menyebabkan lag saat bermain game loh. Jadi, kamu perlu menghapus berkas atau dokumen yang tidak terpakai. Semakin lega memori penyimpanan akan membuat game di HP lancar untuk dimainkan.

4 dari 7 halaman

Aktifkan Opsi Pengembang

Kemudian untuk cara agar HP tidak lag saat bermain game yang selanjutnya adalah dengan mengaktifkan opsi pengembang. Caranya mudah banget kok Diazens.

Menurut Developer Android, cara mengaktifkannya, yaitu dengan membuka menu Pengaturan di HP lalu klik Tentang Telepon. Di sana, kamu akan melihat nomor Build, lalu ketuk 7x di atasnya lalu gulir layar ke bawah, dan klik Force 4x MSAA. Aktifkan opsi tersebut dan reboot HP.

Nonaktifkan Background Apps

Menonaktifkan background aplikasi juga bisa dilakukan sebagai cara agar HP tidak lag saat bermain game. Cara untuk menonaktifkan background aplikasi ini berbeda-beda di setiap handphone.

Yang jelas, banyaknya aplikasi yang berjalan di backgorund akan menganggu jalannya game. Ini bisa menjadi salah satu penyebab lag saat bermain game.

5 dari 7 halaman

Cara Agar HP Tidak Lag saat Bermain Game © Diadona

Nonaktifkan Mode Penghemat Daya

Meskipun mode ini bermanfaat untuk menghemat daya baterai dalam situasi tertentu, ia juga membatasi kinerja perangkat yang menyebabkan lag saat bermain game. Jadi, kamu perlu untuk mematikan mode ini saat akan sedang bermain game.

Untuk mamtikan atau menonaktifkannya, cukup buka menu pengaturan ponsel dan cari opsi " Pengaturan Baterai" atau " Mode Penghemat Daya" . Di sana, kamu akan menemukan pilihan untuk menonaktifkan mode penghemat daya dan kamu bisa menonaktifkannya.

Gunakan Booster

Beberapa seri smartphone modern sudah dilengkapi dengan fitur booster untuk mendukung kegiatan gaming agar lancar. Namun, jika di ponsel kamu masih belum tersedia, kamu bisa mengunduh aplikasi booster yang resmi.

Unduh aplikasi peningkat grafis dan kinerja perangkat seperti DU Speed Booster, Game Booster atau Systweak Android Cleaner. Sebagian aplikasi ini juga punya fitur atur manual yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan gaming kamu loh.

6 dari 7 halaman

Bersihkan Cache Smartphone

Cache di dalam aplikasi juga perlu dibersihkan ya guys. Membersihkan cache ini akan berdampak baik pada performa game saat dimainkan. Caranya gampang kok, buka menu Pengaturan > Setelan Tambahan > Manajemen Aplikasi > cari aplikasi game yang akan kamu bersihkan > Kemudian tap “ Hapus Cache”.

Restart HP dan Cek Koneksi

Jika beberapa cara agar HP tidak lag saat bermain game itu masih belum bisa bekerja dengan baik, kamu bisa langsung merestart smartphone kamu. Dengan cara ini akan memperlancar kinerja ponselmu sehingga performa bisa meningkat.

Selain itu kamu juga harus mengecek koneksi. Cek koneksi internet paket data atau pun Wifi yang kamu gunakan.

7 dari 7 halaman

Cara Agar HP Tidak Lag saat Bermain Game © Diadona

Ganti HP

Cara agar HP tidak lag saat bermain game yang terakhir yang bisa kamu lakukan adalah ganti HP dengan spek yang lebih bagus. Ini adalah cara terakhir jika semua cara sebelumnya tidak bisa bekerja dengan baik.

Jadi itulah beberapa cara agar HP tidak lag saat bermain game. Semuanya bisa kamu coba ya Diazens. Jika kamu punya cara lain yang lebih oke, langsung saja tulis di kolom komentar ya!

Beri Komentar