Panduan Cara Mengecek Nomor XL Lengkap, Mudah Dilakukan!

Reporter : Arif Mashudi
Selasa, 26 September 2023 14:11
Panduan Cara Mengecek Nomor XL Lengkap, Mudah Dilakukan!
Masih bingung cara mengecek nomor XL? Nggak perlu khawatir karena caranya sangat mudah.

Sebagai pengguna XL, kamu udah tahu belum bagaimana cara mengecek nomor XL kamu? Atau kamu lupa dengan nomor handphone kamu sendiri? Tenang aja, karena mengecek nomor XL kamu ternyata sangat mudah.

Saat ini, nomor telepon merupakan hal yang begitu penting karena dibutuhkan pada beberapa situasi, seperti mengisi pulsa atau kuota, mendaftar beberapa aplikasi, membuka rekening atau e-wallet, mendaftar akun sosial media, dan masih banyak lagi.

Untuk itu, ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecek nomor Xl kamu. Berikut Diadona telah mengulas cara-cara tersebut, simak di bawah!

1 dari 7 halaman

Cara mengecek nomor XL dengan dial *123# © Diadona

Cara mengecek nomor XL dengan dial *123#

Cara pertama untuk mengecek nomor XL HP kamu adalah dengan menggunakan kode panggilan *123# melalui dial pad perangkat kamu. Cara ini dapat dilakukan tanpa memerlukan pulsa ataupun kuota internet. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Langkah pertama, buka menu dial pad / panggilan di handphone kamu.
  • Kedua, tekan nomor *123# lalu lakukan panggilan dan tunggu beberapa saat.
  • Selanjutnya akan muncul tab opsi, pilihlah opsi nomor 7. INFO.
  • Kemudian, pilih opsi nomor 2. Detail Nomor XL kamu.
  • Kemudian, pilih opsi nomor 1. Cek Profile, lalu opsi 1. Info Nomor.
  • Setelah itu kamu hanya perlu menunggu beberapa saat sampai informasi terkait kartu nomor kamu muncul, yaitu nomor telepon, masa aktif, serta pulsa.

Untuk mempermudah dan mempercepat mengecek nomor menggunakan dial, kamu dapat langsung menekan angka *123*7*2*1*1# agar informasi kartu XL kamu dapat langsung muncul ke layar.

2 dari 7 halaman

Cara mengecek nomor XL dengan telepon © Diadona

Cara mengecek nomor XL dengan telepon

Cara lain untuk mengetahui atau mengecek nomor XL HP kamu adalah melakukan panggilan ke salah satu kontak yang ada di HP kamu. Dengan panggilan, nomor handphone kamu otomatis akan muncul di handphone orang yang kamu panggil.

Cara ini sangat mudah dilakukan, kamu hanya perlu membuat daftar kontak dan memilih salah satu nomor pengguna lain yang ingin kamu lakukan panggilan. Jika sudah, maka nomor kamu akan muncul di HP pengguna lain, kemudian catatlah nomor tersebut. 

Perlu diketahui bahwa cara ini mungkin memerlukan pulsa dan baterai yang cukup untuk melakukan panggilan.

3 dari 7 halaman

Cara mengecek nomor XL dengan SMS © Diadona

Cara mengecek nomor XL dengan SMS

Selain melakukan panggilan ke orang lain, kamu juga dapat mengirim SMS agar nomor XL kamu muncul di perangkat orang lain. Cara ini bisa kamu pilih jika kamu tidak memiliki pulsa yang cukup untuk melakukan panggilan. 

Caranya sangat simple, kamu cukup memilih salah satu kontak yang ingin kamu kirimkan SMS. Kemudian, tulis SMS bebas lalu klik kirim. Setelah itu, nomor XL kamu akna muncul bersamaan dengan SMS yang kamu kirim di HP pengguna lain.

4 dari 7 halaman

Cara mengecek nomor XL melalui aplikasi MyXL © Diadona

Cara mengecek nomor XL melalui aplikasi MyXL

Provider XL sebenarnya telah menyediakan fasilitas berupa aplikasi bagi penggunanya untuk mengecek sisa kuota, masa aktif, hingga nomor XL Aplikasi tersebut adalah MyXL. 

Kalau kamu lupa akan nomor XL kamu, jangan khawatir, karena kamu dapat mengecek nomor XL kamu melalui MyXL. Cara ini dapat dilakukan jika kamu sudah mendaftarkan nomor XL-mu di aplikasi MyXL sebelumnya. Berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama, buka aplikasi MyXL di handphone kamu.
  • Jika sudah berada pada homepage aplikasi, klik menu informasi tentang nomor XL yang kamu butuhkan.
  • Terakhir, akan muncul nomor telepon dan informasi yang terkait (kuota dan paket data, masa aktif).

5 dari 7 halaman

Cara mengecek nomor XL via customer service © Diadona

Cara mengecek nomor XL via customer service

Cara mengecek nomor XL selanjutnya adalah melakukan kontak ke layanan customer service XL yang tersedia. Selain mengecek nomor kamu juga dapat menanyakan permasalahan lain terkait nomormu kepada operator yang bertugas. Berikut beberapa caranya!

1. Panggilan customer service XL di 817

Ada pula cara mengecek nomor XL melalui panggilan customer service yaitu dengan menekan angka 817 di menu panggilan dan klik panggil. Setelah itu, kamu hanya perlu mengikuti petunjuk yang disampaikan oleh robot XL sebelum akhirnya berbicara langsung dengan operator CS XL. 

Perlu diketahui bahwa cara ini memerlukan pulsa yang lebih banyak dibanding cara-cara sebelumnya. Pastikan kamu memiliki pulsa yang cukup agar tidak terputus di tengah obrolan karena kamu harus memulai ulang dari awal jika terputus.

2. Whatsapp business XL

Selain melalui panggilan biasa, kamu juga dapat menghubungi CS XL melalui nomor Whatsapp business di 08170000765. Cara ini tidak memerlukan pulsa, karena hanya memerlukan kuota data yang cukup.

6 dari 7 halaman

3. Alamat e-mail XL

Jika diperlukan atau apabila kamu kesulitan menghubungi CS XL melalui panggilan dan Whatsapp. Mengingat, mungkin saja banyak orang yang perlu dilayani secara real-time oleh operator. Kamu sebenarnya dapat mengirimkan e-mail terkait permasalahan kartu kamu, baik nomor telepon, transaksi, masa aktif, dan lain sebagainya.

Adapun e-mail CS XL yaitu customerservice@xl.co.id. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan fitur livechat di website resmi XL yang fungsi dan teknisnya hampir serupa dengan menggunakan e-mail.

Gimana Diazens? Udah tahu kan gimana cara mengecek nomor XL kamu semisal kamu lupa atau bahkan belum tau sama sekali. Beberapa cara dari ulasan tadi dapat kamu gunakan sesuai kebutuhan masing-masing ya.

Selain cara mengecek nomor XL, cara tersebut juga bisa kamu pakai untuk melaporkan atau menanyakan permasalahan seputar kartu XL kamu lainnya.

Penulis: Starky

Beri Komentar