Cara Cek Nomor Telkomsel, Masa Gini Aja Nggak Bisa?

Reporter : Arif Mashudi
Sabtu, 23 September 2023 11:55
Cara Cek Nomor Telkomsel, Masa Gini Aja Nggak Bisa?
Lupa dengan nomor Telkomsel kamu? Ini cara cek nomor Telkomsel Sendiri dengan sangat mudah dan cepat~

Lupa dengan nomor HP sendiri adalah hal yang umum terjadi. Kita cenderung lupa untuk mencatat dan menghafal nomor setelah membeli kartu perdana. Apalagi untuk orang yang sering bergonta-ganti nomor HP, ia akan kesulitan untuk menghafalnya.

Pada provider Telkomsel, nomor HP digunakan untuk masuk ke aplikasi Telkomsel supaya bisa membeli kuota dan pulsa. Namun apabila kita lupa dengan nomor kita sendiri, tentu kita jadi kesulitan untuk membeli kuota dengan menggunakan aplikasi MyTelkomsel.

Lantas, bagaimana sih cara cek nomor Telkomsel sendiri? Berikut adalah langkah-langkah paling mudah untuk cek nomor Telkomsel kamu sendiri!

1 dari 5 halaman

Cara Cek Nomor Telkomsel PraBayar Sendiri

Telkomsel Prabayar

 

Layanan cek nomor yaitu layanan yang digunakan untuk membantu mengetahui nomor kartu Telkomsel yang sedang digunakan di ponsel kamu.Layanan Cek Nomor Telkomsel bisa digunakan di segala jenis ponsel, baik ponsel smartphone android dan iOS atau ponsel telepon genggam biasa. Asalkan terdapat pulsa, kamu bisa melakukan permintaan pengecekan nomor telepon kapanpun.

Langkah-langkah untuk cek nomor Telkomsel antara lain:

  • Buka aplikasi Telepon pada ponsel kamu

  • Tekan *808#

  • Tekan tombol ‘Call/Panggil’

  • Kamu akan mendapatkan informasi tentang nomor Telkomsel melalui pop up notifikasi, kemudian bisa kamu simpan dengan screenshot atau tangkapan layar.

Catatan terkait cek nomor Telkomsel:

  • Telkomsel akan mengirimkan SMS otomatis dari 98888 yang berisi informasi mengenai nomor telepon aktif yang kamu gunakan.

  • Layanan cek nomor telepon seluler Telkomsel akan dikenakan biaya Rp100/permintaan. Tarif tersebut sudah termasuk PPN 10% untuk kartu prabayar dan belum termasuk dengan PPN 10% untuk kartu pascabayar.

  • Karena layanan ini dikenakan tarif, maka kamu harus memiliki pulsa Telkomsel untuk menggunakan layanan pemeriksaan nomor telepon ini.

Layanan Cek Nomor tidak termasuk ke dalam layanan berlangganan. Namun, kamu hanya akan dikenakan tarif pada saat melakukan permintaan pengecekan nomor telepon.

2 dari 5 halaman

Informasi Masa Aktif Kartu Telkomsel

Cara Memperpanjang Masa Aktif Kartu Telkomsel

 

Masa aktif kartu adalah periode ketika kamu bisa menggunakan layanan Telkomsel pada nomor prabayar. Selama masa aktif ini, kamu bebas mengakses internet, menelepon, dan mengirim pesan teks. Setelah masa aktif berakhir, nomor kamu akan memasuki periode masa tenggang.

Masa tenggang adalah periode selama 30 hari setelah masa aktif berakhir jika kamu tidak melakukan pengisian pulsa atau pembelian paket pada nomor prabayar. Selama masa tenggang ini, kamu tidak bisa mengakses internet, menelepon, atau mengirim pesan teks. Setelah masa tenggang berakhir nomor, paket, dan pulsa akan hangus dan tidak bisa digunakan meskipun kamu masih punya sisa kuota atau pulsa yang tersimpan.

Masa berlaku itu seperti 'kadaluarsa' untuk kuota paket Anda. Setiap kali Anda beli paket, itu punya 'tenggat waktu' tertentu, misalnya 1 hari, 3 hari, 7 hari, atau 30 hari. Nah, setelah masa berlakunya habis, kuota paket tersebut nggak bisa digunakan lagi.

Cara mengecek masa aktif kartu Telkomsel:

  • Pastikan kamu sudah memiliki aplikasi MyTelkomsel di ponsel kamu

  • Buka aplikasi MyTelkomsel

  • Cek menu ‘Beranda’

  • Akses UMB *888#

 

3 dari 5 halaman

Cara Memperpanjang Masa Aktif Kartu Telkomsel

Cara Cek Nomor Telkomsel

 

Berikut adalah cara-cara paling lengkap untuk memperpanjang masa aktif kartu Telkomsel:

  1. Melakukan pengisian pulsa. Ketika kamu isi ulang pulsa, itu bisa bikin masa aktif kartu kamu lebih lama, sejauh ini masih dalam batas maksimal 365 hari. Ingat, masa aktifnya nggak bisa ditumpuk dari berbagai pengisian pulsa, tapi mengikuti masa aktif yang paling panjang.

  2. Melakukan pembelian paket (internet, combo, telepon, atau SMS). Ketika kamu beli paket, itu bakal menambah waktu aktif kartu kamu sesuai dengan berapa lama paketnya berlaku. Jika kamu membeli paket pada masa tenggang, nomor kamu akan kembali aktif, dan masa aktif kartunya sesuai dengan berapa lama paket yang kamu beli. 

  3. Menerima hadiah paket (internet, combo, telepon, atau SMS). kamu bisa memperpanjang masa aktif kartu apabila mendapatkan hadiah paket data, sesuai dengan masa berlaku paket tersebut. Jika kamu mendapatkan hadiah tersebut ketika masa tenggang kartu, maka kartu kamu akan kembali aktif sesuai dengan masa aktif yang berlaku.

  4. Pemakaian pulsa untuk menelepon, mengirim SMS, atau menggunakan internet dengan tarif biasa atau membeli paket dengan sejumlah minimum pemakaian, bisa menambah masa aktif kartu selama 30 hari.

  5. Pembelian paket perpanjangan masa aktif bisa digabungkan atau diakumulasikan hingga maksimal 365 hari.

  6. Pastikan kartumu terhubung ke jaringan Telkomsel. Jika kartu nggak terhubung selama 90 hari berturut-turut, kartumu akan masuk ke masa tenggang.

 

4 dari 5 halaman

Bonus Melimpah Telkomsel Poin 

Bonus Melimpah Telkomsel Poin

 

Telkomsel poin adalah program penghargaan kepada pelanggan setia Telkomsel Halo dan Telkomsel Prabayar yang diberikan sejak pertama kali menggunakan Telkomsel. Telkomsel Poin bisa kamu tukarkan dengan berbagai penawaran menarik yang tersedia di katalog dalam aplikasi MyTelkomsel.

Telkomsel Poin akan kamu dapatkan setelah melakukan pembayaran minimal Rp50.000 dalam sebulan. Pengguna Telkomsel Halo akan mendapatkan Telkomsel Poin maksimal 3x24 jam setelah membayar tagihan bulanan, sedangkan pengguna Telkomsel Prabayar akan mendapatkan Telkomsel Poin maksimal 3x24jam setelah mengisi pulsa.

Telkomsel poin bisa kamu tukarkan melalui aplikasi MyTelkomsel, telkomsel.com, atau UMB *700#.

Kamu dapat menukar Telkomsel Poin dengan beberapa kategori berikut:

  • Produk Telkomsel (telepon, SMS, dan paket internet)

  • Produk digital Telkomsel (NSP, video, dan games)

  • Berbagai diskon menarik dengan merchant yang bekerja sama dengan Telkomsel

  • Saldo bonus LinkAja

  • Dan masih banyak lagi, kamu bisa melihat katalog lengkapnya di aplikasi MyTelkomsel

Telkomsel poin dapat kadaluarsa setiap tanggal 31 Desember setiap tahunnya. Jadi, pastikan kamu menggunakan Telkomsel Poin sebelum hangus ya.

Jadi, itu tadi ya 3 cara cek nomor Telkomsel sendiri dengan sangat mudah dan cepat. So, selamat mencoba!

Penulis: Clarissa Dhea

Beri Komentar