5 Cara Memperbaiki Google Maps Tidak Akurat, Mudah dan Efisien

Reporter : Arif Mashudi
Rabu, 14 September 2022 15:00
5 Cara Memperbaiki Google Maps Tidak Akurat, Mudah dan Efisien
Cara memperbaiki Google Maps tidak akurat yang nggak pakai ribet

Google Maps adalah peta digital dari Google yang kini penggunanya semakin banyak. Bahkan, hampir di tiap smartphone pasti ada aplikasi peta dan penunjuk jalan digital ini. Ya, selain peta digital, Google Maps menjadi opsi utama yang digunakan sebagi penunjuk jalan di dalam smartphone.

Namun, ada kalanya aplikasi iki bekerja kurang maksimal. Nah, jika sudah demikian kamu pasti perlu cara memperbaiki Google Maps tidak akurat tersebut. Tentu saja ini harus dipastikan smartphone bekerja dalam keadaan baik.

Jika sudah demikian, kamu bisa menggunakan beberapa langkah cara memperbaiki Google Maps tidak akurat yang telah dirangkum oleh Diadona ini. Tanpa basa-basi, berikut ini adalah beberapa caranya.

1 dari 6 halaman

1. Kalibrasi Kompas

Cara memperbaiki Google Maps tidak akurat adalah dengan memperbaiki kompas dalam aplikasi tersebut. Guna dari sensor kompas ini adalah menentukan lokasi pengguna secara tepat. Caranya mudah banget kok.

  1. Buka aplikasi Google Maps, lalu tekan ikon lingkaran biru yang menunjukkan lokasi Anda sekarang
  2. Pilih opsi " Calibrate" (Kalibrasikan)
  3. Gerakkan ponsel hingga membentuk pola mirip angka delapan
  4. Setelah proses selesai dilakukan, maka sensor Google Maps telah berhasil dikalibrasi

2 dari 6 halaman

2. Hapus Cache

Cara Memperbaiki Google Maps Tidak Akurat © Diadona

Cara memperbaiki Google Maps tidak akurat yang kedua adalah dengan menghapus data cache di dalam aplikasi. Ini juga berguna untuk membuat aplikasi lebih ringan dan berjalan lebih lancar. Begini caranya.

  1. Buka menu " Settings" > " Apps"
  2. Pilih aplikasi Google Maps
  3. Pilih opsi " Clear Data" > " Clear Cache" , selesai deh.

3 dari 6 halaman

3. Aktifkan Mode High Accuracy

Yang bisa kamu lakukan selanjutnya sebagai cara memperbaiki Google Maps tidak akurat yang kedua adalah dengan mengaktifkan Mode High Accuracy. Dengan ini kamu dapat menentukan titik lokasi pengguna secara lebih akurat. Caranya bisa dilakukan dengan:

Android

  1. Buka menu " Settings" > " Location"
  2. Pilih opsi " Google Location Accuracy"
  3. Geser toggle pada opsi " Improve Location Accuracy" hingga berubah menjadi warna hijau

iOS

  1. Buka menu " Settings" > " Privacy" > " Location Services"
  2. Pilih aplikasi Google Maps dan geser toggle pada opsi " Precise Location" hingga berubah menjadi warna hijau

Perlu diketahui, cara cara memperbaiki Google Maps tidak akurat yang satu ini memiliki konsumsi baterai yang cukup boros.

4 dari 6 halaman

4. Update Aplikasi Berkala

Cara Memperbaiki Google Maps Tidak Akurat © Diadona

Mengupdate aplikasi secara berkala setiap ada pembaruan juga sangat membantu kinerja dari Google Maps. Ini bisa kamu lakukan sebagai cara memperbaiki Google Maps tidak akurat.

Selain untuk memberikan performa terbaik, update aplikasi ini juga membuat kamu menggunakan fitur-fitur terbaru dari Google Maps.

5 dari 6 halaman

5. Restart Handphone dan Pastikan Koneksi Stabil

Cara memperbaiki Google Maps tidak akurat yang terakhir adalah dengan merestart smartphone milikmu. Ini bisa juga memecahkan sejumlah masalah. Ini bisa menjadi salah satu solusi ampuh ketika penyebab Google Maps error karena RAM yang penuh gara-gara banyaknya aplikasi yang berjalan di background.

Selain itu pastikan juga koneksi internet di smartphone milikmu bagus dan stabil. Mau diapakan juga kalau koneksi inter buruk dan nggak stabil ya percuma hehehe.

Jadi itulah beberapa cara memperbaiki Google Maps tidak akurat. Jadi, nggak usah bingung ya kalau Google Maps kamu tidak akurat. Kan sudah tahu cara memperbaikinya hehehe.

Selamat mencoba ya, Diazens.

Beri Komentar