10 Kelebihan dan Kekurangan iPhone Dibanding Android yang Bisa Kamu Pertimbangkan

Reporter : Anif Fathul Amin
Rabu, 14 September 2022 20:03
10 Kelebihan dan Kekurangan iPhone Dibanding Android yang Bisa Kamu Pertimbangkan
Nah, artikel ini bisa jadi acuan kamu kalau mau beli iPhone ya!

iPhone adalah salah satu merk hp terbaik di dunia. Meskipun jadi salah satu yang terbaik, smartphone ciptaan Apple ini tetap memiliki kelebihan dan kekurangan. Apa saja kelebihan iPhone dari Android? Lalu apa kekurangan iPhone dibanding hp Android?

1 dari 14 halaman

Kelebihan iPhone dari Android

iPhone XS © Diadona

Menurut data yang dirilis oleh Statcounter GlobalStats, iPhone menduduki peringkat 1 sebagai smartphone dengan market share terbanyak di tahun 2021. Namun di Indonesia, iPhone hanya bisa menduduki peringkat 5, kalah dari merk hp Android terkenal, seperti: Oppo, Samsung, Xiaomi, dan Vivo.

Salah satu kelebihan iPhone adalah selalu menjadi kiblat teknologi smartphone dunia. Contohnya, layar berponi dan desain kamera smartphone kerap ditiru oleh pabrikan hp Android. Namun sayangnya, iPhone sering sulit move on karena belakangan ini teknologi yang dikeluarkan cukup ketinggalan dari Android.

Sebagai salah satu merk hp paling laris di dunia, iPhone tentu punya banyak keunggulan. Berikut ini keunggulan iPhone dibanding hp Android:

2 dari 14 halaman

Build Quality-nya Bagus

Keunggulan iPhone yang paling utama adalah punya kualitas tinggi. Setiap produk dibuat dengan stkamur kualitas tinggi sehingga jarang ditemukan cacat produk. Selain itu, tampilan produknya terlihat premium dan ikonik sehingga mudah dikenali banyak orang.

Tidak hanya itu, pengemasan produk mulai dari aksesoris dan dus sangat terasa kesan premiumnya. Tidak heran harga iPhone cukup mahal karena diperlukan biaya yang besar untuk menjaga kualitas produk. Selain itu, seri baru dikeluarkan setiap setahun sekali untuk menjaga kesan eksklusifnya.

3 dari 14 halaman

Performa Mulus dan Kencang

iPhone 13 © Diadona

Chipset Apple Bionic yang digunakan iPhone punya kinerja yang sangat kencang. Performanya tidak kalah dari chipset paling kencang yang digunakan Android. Misalnya, chipset Apple A15 Bionic di iPhone 13 Pro Max punya performa setara dengan Snapdragon 888 di hp gaming paling kencang Android yaitu Red Magic 6.

Selain didukung chipset kencang, iPhone juga punya sistem operasi iOS yang super mulus. Kombinasi chipset, RAM, hardware, dan iOS menjamin kinerjanya mulus. Kelebihan Performa iPhone sudah terbukti dan bisa dipakai bertahun-tahun tetap stabil.

4 dari 14 halaman

iOS Selalu Up to Date

Dukungan sistem operasi yang terus menerus hingga bertahun-tahun merupakan kelebihan iPhone. Melalui update sistem operasi iOS ini, pengguna lama tetap bisa menikmati fitur baru dan keamanan lebih baik. Apple memang rutin menggulirkan update bukan hanya ke tipe iPhone terbaru, namun juga iPhone seri lawas.

iOS juga merupakan sistem operasi yang paling aman dan stabil. Sistem operasi ini hanya digunakan iPhone, jadi lebih eksklusif. Celah keamanan iOS selalu diperbaiki secara rutin oleh Apple. Oleh karena itu, iPhone banyak digunakan oleh segmen kelas menengah atas yang membutuhkan hp yang aman untuk bisnis.

Kelebihan iPhone pada iOS berbeda jauh dari Android. Update sistem operasi Android jadi tugas para vendor. Kalau kamu beli hp Android dari merk yang malas update OS, maka untuk mencicipi fitur baru dan keamanan yang lebih baik, kamu harus beli hp baru.

5 dari 14 halaman

Lebih Aman

Jumlah aplikasi yang disediakan App Store milik iOS lebih sedikit dibanding Play Store milik Android. Alasannya karena Apple lebih selektif memilih aplikasi yang bisa diunduh dan diinstal di produknya. Kelebihan iPhone yang cukup mencolok adalah dari keamanannya.

Untuk memasang aplikasi di iPhone hanya bisa melalui App Store. Kalaupun bisa pasang aplikasi di luar App Store harus menggunakan aplikasi pihak ketiga. Berbeda dari Android, sudah disediakan opsi untuk instal aplikasi di luar Play Store tanpa instal pihak ketiga.

Sistem download satu pintu dari App Store didukung pengawasan yang terus menerus untuk mencegah masuknya virus atau malware. Sedangkan, pengguna Android lebih rentan kena virus dan malware karena bisa instal aplikasi di luar Play Store.

6 dari 14 halaman

Hasil Kamera yang Lebih Baik

iPhone 13 Series © Diadona

Salah satu kelebihan iPhone ada di kameranya. Kualitas foto dan videonya selalu jadi perhatian setiap iPhone seri terbaru dikeluarkan. Kamera selalu diperhatikan oleh Apple. Bukan hanya hardware yang canggih, kamera iPhone juga didukung fitur tambahan yang inovatif.

Meski tidak mengkamulkan resolusi besar, kamera iPhone punya kualitas setara hp Android dengan resolusi tinggi. Hasil foto dan videonya sempurna untuk diposting di sosial media. Kualitasnya tajam dan low light-nya cukup baik. Stabilitas kamera saat merekam video juga stabil sehingga terlihat seperti direkam dengan kamera profesional.

7 dari 14 halaman

Harga Jual iPhone Bekas Tinggi

Jika kondisinya masih mulus, iPhone bekas bisa dijual lebih mahal dibanding hp Android bekas. iPhone bekas dengan kualitas mulus bisa meningkatkan harga jualnya. Pembeli rela mengeluarkan uang lebih banyak karena percaya performa iPhone tetap bagus meski kondisinya bekas.

Penyebabnya karena dukungan update iOS yang terus menerus sehingga meskipun beli hp iPhone bekas, kamu masih bisa mencicipi fitur baru. Jaminan keamanan juga tetap terjaga karena Apple terus menambal celah atau bug yang ada di seri iOS sebelumnya.

8 dari 14 halaman

Kelebihan iPhone dari Android

iPhone 13 Series © Diadona

Kelebihan iPhone memang ada banyak, namun bukan berarti kekurangan iPhone tidak ada. Berikut ini kekurangan iPhone dibanding hp Android:

  • Harganya Mahal

iPhone memang punya segmen khusus, yaitu kelas menengah ke atas. Hp iPhone juga tergolong kelas flagship, jadi performa dan kualitasnya sebanding dengan hp Android kelas premium. Dengan spesifikasi yang sama, kamu bisa beli hp Android dengan harga 2 atau 3 kali lebih murah.

Kualitas produk yang tinggi membuatnya layak jadi hp termahal di dunia. Apalagi spesifikasi iPhone tertinggi dan terbaru kerap dijual di atas Rp 20 juta. iPhone memberikan gengsi sendiri pada pemiliknya. Menggunakan iPhone bisa bikin penggunanya lebih percaya diri.

Harga mahal juga adalah upaya Apple untuk menjaga brand image produk agar tetap di kelas premium. Sehingga orang yang menggunakan iPhone akan merasa bangga. Selain itu, harga yang mahal membuat tidak banyak orang bisa memilikinya. Sehingga kesan eksklusif produk tetap terjaga.

9 dari 14 halaman

10 dari 14 halaman

Tampilan iOS Tidak Bisa Dikustomisasi

Tampilan antarmuka iOS tidak bisa dikustomisasi sehingga cenderung monoton. Pengguna iPhone tidak bisa bebas mengutak atik tampilan UI seperti Android. Misalnya, kamu tidak bisa membuat tampilan Home Screen kosong dari ikon menu aplikasi. Selain itu, pilihan widget juga terbatas dan tidak banyak Theme tambahan yang bisa diinstal.

Buat sebagian orang, apalagi pecinta iPhone pasti tidak mempermasalahkan kekurangan iPhone ini. Namun untuk pengguna yang terbiasa dengan Android, tampilan iPhone terasa sangat membosankan. Apalagi juga sudah terlalu lama menggunakannya.

11 dari 14 halaman

Kapasitas Baterai Kecil

Ilustrasi iPhone 13 © Diadona

Kekurangan iPhone tidak mengalami banyak perubahan adalah kapasitas baterainya. Misalnya, tipe iPhone terbaru yaitu iPhone 13 Pro punya kapasitas baterai 3095 mAh, jauh lebih kecil dibanding rata-rata baterai hp Android yang sebesar 5000 mAh. Kapasitasnya tidak mengalami banyak peningkatan.

Bayangkan, iPhone 11 Pro punya kapasitas baterai 3046 mAh, tambahan kapasitasnya tidak berbeda jauh dari 2 seri sebelumnya. Kemampuan Fast Charging juga hanya 23W saja. Sementara itu, hp Android sudah dibekali fitur Fast Charging 67W.

12 dari 14 halaman

Desain dan Spesifikasi Kurang Inovatif

Ilustrasi iphone 14 © Diadona

Semenjak iPhone 11, desain dan spesifikasi iPhone cenderung stagnan. Bisa dilihat dari spesifikasi yang dimiliki iPhone 13, atau 2 seri terbaru di atas iPhone 11. Perbedaan yang mencolok dari iPhone 13 dibanding 11 hanya di bagian chipset dan ukuran poni. Sementara itu resolusi kamera, kapasitas baterai, luas layar, dan resolusinya tidak berbeda jauh.

Desain poni kecil di iPhone 13 sudah ditinggalkan hp Android sejak tahun 2018. Di sini terlihat desain muka depan iPhone keluaran 2021 sudah ketinggalan jauh dari hp Android. Tampilan belakangnya juga tidak mengalami banyak perubahan sejak iPhone 11.

13 dari 14 halaman

Jenis port USB yang digunakan iPhone juga masih USB Lightning. Padahal iPad keluaran 2021 sudah menggunakan USB Type C. Di sisi lain, kebanyakan hp Android mulai dari harga 1 jutaan sampai belasan juta banyak yang sudah menggunakan USB Type C. Inilah yang jadi kekurangan iPhone paling besar.

Itulah kelebihan dan kekurangan iPhone dibanding hp Android. Kelebihan iPhone memang lebih banyak dibanding kekurangan iPhone. Namun kekurangan iPhone cukup vital. Spesifikasi dan desain yang monoton membuat banyak pengguna iPhone berpikir ulang untuk upgrade ke seri terbaru.

Beri Komentar