Cara Membuat Akun PayPal, Gampang dan Nggak Pake Lama!

Reporter : Arif Mashudi
Jumat, 20 Oktober 2023 15:20
Cara Membuat Akun PayPal, Gampang dan Nggak Pake Lama!
Begini cara membuat akun PayPal, jangan sampai salah ya Diazens!

PayPal adalah salah satu layanan transaksi yang paling banyak digunakan di dunia pada saat ini. PayPal memungkinkan kamu untuk melakukan transaksi ke luar negeri. Namun ternyata masih banyak yang belum tau cara membuat akun PayPal.

Cara kerja PayPal yaitu kamu bisa menambahkan rekening bank baik kartu debit atau kartu kredit untuk melakukan pembayaran. Banyak orang di seluruh dunia yang menggunakan PayPal sebagai media transaksi karena memiliki keamanan yang cukup baik. PayPal juga memudahkan pengiriman uang dan memberikan kenyamanan serta keamanan dalam bertransaksi secara online.

Lantas, bagaimana cara membuat akun PayPal? Berikut adalah langkah-langkah paling lengkap untuk membuat akun PayPal disertai dengan manfaat memiliki akun PayPal.

1 dari 4 halaman

Cara Membuat akun PayPal Pribadi

Cara Membuat Akun PayPal © Diadona

Akun PayPal pribadi bisa kamu gunakan untuk melakukan transaksi belanja online dari seluruh dunia. Dengan PayPal, kamu bisa melakukan pengiriman uang ke seluruh dunia. Cara membuat akun PayPal pribadi juga cukup mudah dan simple.

Berikut adalah cara membuat akun PayPal pribadi:

  • Buka browser di perangkat kamu.

  • Masukkan https://www.paypal.com/us/home pada kolom pencarian dan kunjungi situs tersebut.

  • Klik tombol ‘Sign Up’ di halaman utama PayPal.

  • Pilih jenis akun PayPal yang akan kamu gunakan. Kamu bisa langsung memilih ‘Individual Account’.

  • Isi formulir informasi pribadi mulai dari negara tempat tinggal, nama, email, dan membuat kata sandi di kolom yang sudah disediakan. Pastikan semua sudah kamu isi dengan benar.

  • Isi formulir kedua tentang informasi data diri kamu secara lebih detail di kolom yang sudah disediakan. Data diri tersebut mulai dari nama, tanggal lahir, alamat, dan detail kontak. Pastikan data diri yang kamu isi sudah sesuai dengan yang ada di KTP atau Paspor kamu.

  • Jika sudah mengisi data diri, centang kotak untuk menerima syarat dan ketentuan PayPal.

  • Tautkan kartu debit atau kartu kredit kamu untuk langsung mulai berbelanja dengan menggunakan PayPal. Menautkan kartu debit dan kartu kredit juga bisa melindungi informasi keuangan dan pembelian kamu dari potensi penipuan.

  • Setelah itu PayPal akan mengirimkan kamu email verifikasi akun. Kamu bisa langsung klik ‘Confirm Email Address’.

  • Untuk memperkuat keamanan akun PayPal, verifikasi dengan menggunakan nomor telepon juga.

 

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Akun PayPal Bisnis

Cara Membuat Akun PayPal © Diadona

Selain menggunakan akun PayPal pribadi, kamu juga bisa membuat akun PayPal bisnis. Dengan menggunakan akun PayPal bisnis maka bisa memungkinkan kamu untuk berjualan secara online dan mengirimkan produk atau  menawarkan layanan kamu ke seluruh dunia. Cara membuat akun PayPal bisnis juga cukup mudah.

Sebelum membuat akun Paypal bisnis pastikan kamu memiliki informasi ID yang sudah benar. Kamu memerlukan informasi pendaftaran bisnis, izin usaha, dan dokumen ID perwakilan hukum kamu.

Berikut adalah cara membuat akun PayPal bisnis:

  • Buka browser di perangkat kamu.

  • Masukkan https://www.paypal.com/us/home pada kolom pencarian dan kunjungi situs tersebut.

  • Klik tombol ‘Sign Up’ di halaman utama PayPal.

  • Pilih jenis akun PayPal yang akan kamu gunakan. Kamu bisa langsung memilih ‘Business Account’.

  • Isi formulir tentang bisnis kamu mulai dari nama bisnis, detail kontak, dan mata uang apa yang ingin kamu gunakan untuk mengirim dan menerima pembayaran. Pastikan nama yang kamu gunakan sudah sama dengan yang tertera di izin usaha untuk mencegah masalah keamanan.

  • Isi formulir rincian tentang informasi bisnis kamu seperti kata kunci produk/layanan, URL perusahaan (jika ada), negara pendaftaran, nomor pendaftaran bisnis, dan tanggal pendaftaran.

  • Berikan tentang detail organisasi kamu. Setelah itu klik ‘Submit’.

  • Setelah itu PayPal akan mengirimkan kamu email verifikasi akun. Kamu bisa langsung klik link yang dikirimkan di alamat email kamu. Jika kamu tidak bisa menemukan email verifikasi itu, klik ikon Profil di akun payPal untuk meminta email lain.

  • Tautkan rekening bank ke akun PayPal bisnis kamu. Menautkan rekening bank memberimu pilihan lain untuk membayar dengan keamanan enkripsi PayPal dan perlindungan data. Kamu bisa menarik dana dari PayPal ke rekening bank setelah menautkan akun bank kamu.

 

3 dari 4 halaman

Manfaat Menggunakan PayPal

Cara Membuat Akun PayPal © Diadona

Kamu akan mendapatkan manfaat banyak ketika menggunakan PayPal dalam melakukan transaksi. PayPal menjadi salah satu media transaksi untuk online shopping dan pengiriman uang terbaik pada saat ini. Sudah lebih dari 360 juta pengguna aktif PayPal di lebih dari 200 negara yang sudah menggunakan PayPal sebagai media transaksi.

Berikut adalah manfaat menggunakan Paypal:

  • Transaksi aman

Keamanan transaksi pada PayPal cukup baik karena semua transaksi akan dipantau 24/7. Pembeli dapat menghubungi PayPal apabila terjadi masalah pada pesanan onlinenya. Sedangkan penjual juga bisa

  • Cepat dalam bertransaksi

Transaksi antara penjual dan pembeli terbilang cukup cepat. PayPal hanya membutuhkan waktu kurang lebih 24 jam untuk transfer dari sesama akun PayPal atau dari akun PayPal ke rekening bank.

  • Harga terjangkau

Transaksi dengan menggunakan PayPal akan dikenakan biaya administrasi, namun biaya administrasinya cukup terjangkau. Biaya administrasi dengan menggunakan PayPal hanya akan dikenakan 30 sen USD per transaksi kemudian ditambah 3% dari jumlah total transaksi. 

  • Bersifat global

PayPal sudah menjadi salah satu metode pembayaran yang mudah diterima di berbagai situs belanja online di seluruh dunia.

  • Privasi akun PayPal pembeli aman

Pada saat kamu menggunakan kartu debit atau kartu kredit ketika membayar secara online, penjual terkadang bisa mengakses informasi pembayaran kamu. PayPal memberikan lapisan perlindungan ekstra dengan memastikan bahwa penjual tidak akan pernah melihat data sensitif milikmu. PayPal juga menggunakan fitur untuk menjaga keamanan akun seperti enkripsi data ujung ke ujung, login akun dua faktor opsional, dan konfirmasi email untuk transaksi.

  • Mudah melihat histori transaksi

Kamu bisa melihat semua histori transaksi yang  pernah kamu lakukan dengan menggunakan PayPal mulai dari seminggu ke belakang hingga sebulan terakhir.

Jadi, itu tadi ya cara membuat akun Paypal pribadi dan juga akun PayPal bisnis. So, selamat mencoba!

Penulis: Clarissa Dhea

Beri Komentar