PayPal adalah Rekening Virtual dengan Beragam Keuntungan, Simak Penjelasan Lengkapnya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 31 Agustus 2021 19:50
PayPal adalah Rekening Virtual dengan Beragam Keuntungan, Simak Penjelasan Lengkapnya
Konsep PayPal kini diadopsi oleh dompet digital lokal seperti OVO, LinkAja, DANa, dan lainnya

Paypal adalah rekening virtual yang kerap digunakan untuk berbagai keperluan keuangan secaa internasional. Pengguna PayPal bisa melakukan pembayaraan dan penerimaan uang secara cukup dengan menggunakan email dan koneksi internet saja lho. PayPal punya jaringan yang kuat dan melayani transaksi antar negara serta tingkat keamanan yang tinggi. Makanya PayPal kerap jadi pilihan utama bertransaksi selain penggunaan kartu kredit.

Saat kamu menautkan rekening bank, kartu kredit atau kartu debet ke akun PayPal, kamu bisa menggunakan PayPal untuk melakukan pembelan secara online dengan toko yang sudah berpartisipasi. PayPal akan jadi semacam perantara antara bank kamu dengan pedagang, dengan tetap menjaga keamanan informasi pembayaran kamu. Nah lebih lanjut tentang PayPal ini, yuk pantengin artikel Diadona berikut.

1 dari 5 halaman

Tentang PayPal

PayPal adalah © Diadona

Sejak hadir di tahun 1998 lalu, PayPal adalah sebuah solusi alternatif bagi konsumen yang pengen melakukan pembelian atau mengirim uang secara online. Alih-alih menggunakan kartu kredit yang tak dimiliki oleh smeua orang, kamu bisa menggunakan PayPal untuk melakukan bertransaksi.

PayPal adalah layanan keuangan online pertama yang pernah ada. Konsep ini kemudian ditiru dan diaplikasn oleh banyak banget aplikasi dompet digital yang saat ini kerap kita gunakan, seperti OVO, Gopay, LinkAja, DANA, dan masih banyak lagi. Bedanya, PayPal bisa digunakan untuk transaksi di seluruh dunia. Nggak cuman buat belanja aja ni tapi PayPal juga memungkinkan kamu untuk menrima uang dari luar negeri. Makanya, PayPal adalah akun yang wajib dimiliki oleh freelancer perusahaan luar negeri.

2 dari 5 halaman

Kelebihan PayPal

Kenapa sih banyak orang menggunakan PayPal. Berikut ini adalah kelebihannya

Aman

Saat kamu melakuakn transaksi secara online, kadang nih pedagang bisa mengakses informasi pembayaran kamu lho. Nah, PayPal adalah rekening virtual yang aman karena Paypal ngasih perlindungan ekstra yang memastikan pedagang nggak bisa melihat data sensitif pada akunmu, dikutip dari Bank Rate.

Mudah dan Nyaman

Pernah nggak sih kamu nggak jadi melakukan pembelian online karena mensyaratkan pembayaran menggunakan kartu kredit? Padahal nggak semudah itu lho membuat kartu kredit sebab bank menerapkan sejumlah kebijakan untuk dapat mengakses kartu kredit. Nah, PayPal adalah solusinya. Proses pembuatannya pun juga gampang kok.

3 dari 5 halaman

Biaya Transaksi dengan PayPal

Sama halnya dengan rekening bank lainnya, PayPal juga menerapkan sejumlah biaya, meski sebagian besar transaksinya gratis. Berikut rinciannya:

Biaya Pembelian

Selama nggak ada konversi mata uang asing pada transaksi pembelian yang kamu lakukan, PayPal nggak menarik biaya kok. Tapi bila pembelian dilakukan dalam mata uang asing, ada biaya yang dibebankan sebesar 3 sampai 4 persen.

Biaya Transaksi Pribadi

Saat kamu mengirimkan ata mengirimkan uang dari teman atau keluarga, PayPal akan menganggap ini sebagai transaksi pribadi. Bayar nggak nih? Nah, beberapa transaksi ini berbayar sementara yang lainnya enggak dan sebagan besar didasarkan pada dari mana kamu menarik dana dan ke mana kamu mengirimkannya.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Akun PayPal

PayPal adalah © Diadona

Agar bisa mmanfaatkan kemudahan dan kemanan bertransaski dnegan Paypal, tentunya kamu harus memiliki akunnya dulu dong. Selain itu kamu juga harus punya uang yang tersimpan di dalamnya yang digunakan untuk berbagai keperluan transaksi.

Caranya gimana? Gampang nggak?

Ikuti langkah berikut ini ya!

  • Buka paypal.com atau unduh aplikasi PayPal dari App Store atau Google Play .
  • Klik tombol " Daftar" berwarna biru.
  • Pilih " Akun Pribadi" .
  • Tambahkan nomor telepon kamu dan kamu akan menerima teks dengan kode keamanan untuk dimasukkan di layar berikutnya.
  • Masukkan nama depan dan belakang kamu yang sah, alamat email, dan kata sandi yang aman.
  • Kemudian, masukkan alamat surat kamu dan setujui kebijakan privasi PayPal.
  • Terakhir, tambahkan kartu kredit, kartu debit, atau rekening bank ke akun PayPal kamu.

5 dari 5 halaman

Bikin PayPal harus dengan Kartu Kredit?

Dulu sih iya! Tapi sekarang enggak kok. Makanya nih dulu PayPal termasuk susah banget dimilikin karena kayak yang udah Diadona bilang tadi, nggak semua orang punya kartu kredit.

Waktu bikin akun PayPal, kartu kredit dibutuhkan sebagai verifikasi karena nggak semua bank lokal ngasih layanan penyetoran atau penambahan dana ke dalam akun PayPal sehinga top up dana dilakukan dengan kartu kredit yang dimiliki.

Namun saat ini PayPal udah bisa diakses dan digunakan cuman dengan menghubungkan kartu debit atau dari rekening kok, melansir Cermati.

PayPal memang bukanlah bank, namun PayPal tundukpada aturan perlindungan konsumen yang sama yang diatur oleh bank. Tertarik memiliki akunnya?

Beri Komentar