Yuk Kenali Cara Hitung Diskon, Jenis-jenisnya, Serta Tips Belanja di Musim Diskon

Reporter : Arif Mashudi
Selasa, 10 Oktober 2023 09:36
Yuk Kenali Cara Hitung Diskon, Jenis-jenisnya, Serta Tips Belanja di Musim Diskon
Suka hunting promo tapi masih bingung gimana cara hitung diskon? Simak biar kamu nggak bingung lagi!

Berbelanja barang promo terkadang lebih memuaskan bagi sebagian orang. Kamu mungkin seringkali ikut berburu diskon, promo, dan sebagainya. Namun, masih saja banyak orang yang belum memahami cara hitung diskon seperti apa.

Collins Dictionary menjelaskan diskon sebagai pengurangan harga produk dari biasanya. Diskon mungkin akan kamu temukan di supermarket, minimarket, toko online, dan lain sebagainya. Diskon bisa dikatakan salah satu bentuk marketing agar orang tertarik untuk membayar produk tersebut.

Diskon dapat hadir dalam berbagai bentuk, baik persenan, potongan langsung, barang gratis, dan sebagainya. Untuk itu, kamu harus tahu cara hitung diskon biar nggak bingung mengetahui berapa harga yang harus kamu bayar. 

Berikut Diadona telah mengulas tentang jenis diskon, cara hitung diskon, hal lain yang terkait dengan diskon. Buat kamu yang para pemburu diskon, simak ya!

1 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Diskon

Cara Hitung Diskon © Diadona

Sebelum mengetahui cara hitung diskon, kamu perlu mengenal dulu nih apa saja jenis-jenis diskon yang mungkin bakal kamu temui saat berbelanja. Hal ini juga berguna buat kamu yang penjual agar bisa tahu nih kira-kira diskon apa yang cocok diterapkan di barang kamu.

Berikut penjelasan jenis-jenis diskon:

  1. Diskon Persenan atau Persentase

Diskon ini cukup sering digunakan oleh penjual dalam hal menarik konsumen membeli sebuah produk. Kamu mungkin pernah melihat di offline maupun online store, misalnya diskon 20% atau diskon up to 70%. 

 

Diskon ini pada dasarnya memberikan potongan persentase tertentu dari harga asli barang. Misalnya, diskon 40% untuk pembelian jeans. Maka, harga jeans tersebut akan dipotong sebanyak 40% dari harga semula.

  1. Diskon Potongan Harga 

Selanjutnya adalah diskon berbentuk potongan harga langsung terhadap produknya. Biasanya, diskon ini juga disertai dengan syarat tertentu lainnya. Misalnya, diskon potongan harga Rp25.000 untuk pembelian minimal Rp60.000.

  1. Diskon Gratis Ongkir

Diskon ini mungkin sering kamu temui di platform belanja online. Gratis ongkir kadang diberikan tanpa minimal pembelian, kadang juga harus memenuhi minimal pembelian toko. Misalnya, dapatkan gratis ongkir jika membeli minimal Rp40.000.

  1. Diskon Bundle / Grosir

Diskon ini diberikan apabila kamu membeli produk dalam kuantitas tertentu, sehingga diberikan potongan harga. Contohnya, potongan Rp5000 per item jika membeli 1o pcs. Atau boleh juga, beli 2000 pcs diskon RP500.000. 

  1. Diskon Khusus

Diskon ini biasanya khusus untuk sebuah produk atau pengguna tertentu. Jika sebuah produk, bisa saja diberikan gratis ketika kamu membeli produk yang lain. Kemudian, pengguna tertentu, misalnya pengguna Bank Mandiri, diberikan diskon 10% jika membayar menggunakan debit BRI.

Itu dia tadi beberapa jenis diskon yang mungkin saja kamu temui saat berbelanja offline maupun online. Sebenarnya masih banyak jenis diskon lain yang sering ada di tempat berbelanja, ini hanya beberapa contoh saja ya Diazens!

2 dari 4 halaman

Cara Hitung Diskon

Cara Hitung Diskon © Diadona

1. Cara Hitung Diskon Tunggal

Diskon tunggal merupakan diskon yang sangat umum diterapkan dalam hal shopping. Cara hitung diskon tunggal sangat mudah karena tidak butuh perhitungan yang meribetkan. Misalnya, diskon 20%. 

Berikut adalah rumus cara hitung diskon tunggal:

  • Diskon dalam rupiah = % diskon x harga awal produk dalam Rupiah 

  • Harga produk setelah diskon = harga awal produk – diskon dalam rupiah.

  • Harga produk setelah diskon = (100% – % diskon) x harga awal produk dalam rupiah.

Untuk memudahkan kamu dapat mengkonversikan diskon menjadi desimal dengan rumus: % diskon x 1/100. Jadi, apabila diskon sebesar 20%, maka bentuk desimalnya = 20% x 1/100 = 20/100 = 0,20.

Contohnya cara menghitung diskon tunggal misalnya, kamu membeli barang seharga Rp100.000 dan mendapat diskon sebesar 15%. Maka, perhitungannya adalah 15% x Rp100.000 = Rp15.000. Untuk itu, harga barang setelah diskon adalah Rp100.000 – Rp15.000 = Rp85.000 yang harus kamu bayarkan.

Selain itu, kamu juga dapat mengguakan rumus kedua yaitu (100% – 15%) x Rp100.000 = 85% x Rp100.000 = RP85.000 (harga setelah diskon). Kedua rumus ini bisa kamu gunakan sesuai kebutuhan kamu, Diazens!

2. Cara Hitung Diskon Ganda

Selain diskon tunggal, beberapa toko offline maupun online mungkin memberikan diskon double, misalnya diskon 50% + 20%. Kamu mungkin bingung gimana cara hitung diskon kayak gini? Apakah diskon cukup ditambah menjadi 70%, sehingga kamu hanya membayar 30% dari harga barang?

Tentu tidak, Diazens! Diskon ganda sebenarnya memiliki perhitungan tertentu yang bertingkat. Simak penjelasannya berikut, ya.

Berikut adalah rumus cara hitung diskon ganda saat berbelanja:

  • Harga produk setelah diskon pertama = (100% – % diskon pertama) x harga awal produk.

  • Harga produk setelah diskon kedua = (100% – % diskon kedua) x harga produk setelah diskon pertama.

Contohnya adalah jika kamu membeli sebuah baju seharga Rp300.000 dengan diskon tertera 50% + 20%. Maka perhitungan diskon ini harus dipisah dari yang pertama 50% kemudian ditambah 20%. 

Perhitungan diskon pertama adalah

= (100% – 50%) x Rp300.000

= 50% x Rp150.000

= Rp150.000 (harga setelah diskon pertama)

Lalu, perhitungan diskon kedua adalah

= (100% – 20%) x Rp150.000

= 80% x Rp150.000

= Rp120.000

Maka dari itu, harga barang yang harus kamu bayarkan adalah sebesar Rp120.000. 

Nah, itu dia tadi dua cara hitung diskon tunggal dan ganda buat kamu yang sering berburu diskon saat berbelanja. Selain itu, Diadona juga mengulas beberapa tips belanja saat diskon agar budget kamu tetap aman saat musim diskon dan promo.

3 dari 4 halaman

Tips Menjaga Budget Saat Musim Diskon

Cara Hitung Diskon © Diadona

Setelah cara hitung diskon, ada beberapa tips nih buat kamu biar nggak impulsif saat musim diskon dan keuanganmu tetap terkontrol. Mungkin beberapa orang suka tergoda dengan diskon apalagi saat masa diskon, seperti harbolnas, tanggal cantik, dan sebagainya.

Untuk itu, berikut tips singkat biar budget kamu tetap terjaga walau dipaparkan banyak sekali diskon dan promo.

  • Tentukan budget maksimal yang ingin kamu keluarkan. Untuk menghindari membengkaknya pengeluaran, kamu perlu menetapkan batas maksimal pembelian kamu saat musim diskon berlangsung. Sehingga, jika sudah mencapai batas tersebut, kamu perlu untuk berhenti.

  • Beli barang sesuai kebutuhan, bukan karena lucu semata. Diskon barang lucu memang menggiurkan, tapi pastikan kamu membeli barang yang benar-benar akan kamu gunakan dibanding hanya karena tampilan visual yang lucu.

  • Lakukan perbandingan harga. Biasanya saat musim diskon, berbagai toko menjual barang yang sama dengan harga atau penawaran yang bisa berbeda. Pastikan kamu mendapatkan harga terbaik dengan melakukan perbandingan di berbagai toko.

  • Manfaatkan voucher yang tersedia. Saat berbelanja, jangan lupa gunakan segala voucher potongan maupun gratis ongkir agar barang yang kamu bisa dapat lebih banyak potongan.

Ya, itu dia tadi ulasan terkait jenis diskon, cara hitung diskon, serta sedikit tips berbelanja di musim diskon agar keuangan kamu tetap terjaga. Diskon merupakan yang hal menarik dan seru untuk diburu bagi beberapa orang. Namun, pastikan kamu tetap sesuai dengan budget yang kamu sediakan ya, Diazens!

Penulis: Starky

Beri Komentar