Cara Melihat Pengeluaran di Shopee dan Tips Bertransaksi 2023

Reporter : Arif Mashudi
Jumat, 29 September 2023 13:44
Cara Melihat Pengeluaran di Shopee dan Tips Bertransaksi 2023
Cek pengeluaran di Shopee bisa membantu untuk mengelola keuangan kamu, cara melihat pengeluaran di Shopee bisa dilakukan secara langsung di aplikasi Shopee.

Shopee adalah salah satu e-commerce yang paling sering digunakan di Indonesia. Hal itu dikarenakan Shopee menawarkan banyak promo menarik seperti gratis ongkir dan voucher cashback yang diganti dengan koin Shopee. Karena itu, kamu perlu tahu cara melihat pengeluaran di Shopee untuk mengelola anggaran keuangan kamu pada saat bertransaksi di Shopee.

Shopee menawarkan fitur yang bisa membantu kamu untuk melihat jumlah total transaksi pengeluaran pada saat kamu berbelanja di Shopee. Melihat pengeluaran di Shopee tidak dibatasi pada periode tertentu dan bisa kamu lakukan kapan saja, asalkan kamu masih memiliki akun Shopee.

Jumlah transaksi di Shopee akan dikelompokkan dalam level tertentu yang akan diberikan pada setiap akun Shopee dan akan dicatat dalam periode tertentu. Level-level tersebut antara lain classic, silver, gold, dan platinum.

Lantas, bagaimana cara melihat pengeluaran di Shopee? Berikut adalah langkah-langkah untuk melihat pengeluaran di Shopee yang bisa kamu cek dengan menggunakan aplikasi Shopee.

1 dari 4 halaman

Cara Melihat Pengeluaran di Shopee © Diadona

Cara Melihat Pengeluaran di Shopee

Cara melihat pengeluaran di Shopee sangat mudah dan cepat. Kamu bisa langsung mengeceknya pada aplikasi Shopee di smartphone kamu. Karena itu, pastikan kamu sudah mengunduh aplikasi Shopee di smartphone kamu sebelum melihat pengeluaran di Shopee, aplikasi Shopee bisa kamu unduh di Play Store untuk pengguna android dan di App Store untuk pengguna iOS.

Berikut adalah cara melihat pengeluaran di Shopee:

  • Buka aplikasi Shopee di smartphone kamu.

  • Klik menu ‘Saya’ yang ada di ujung kanan bawah.

  • Kamu bisa langsung klik Shopee member yang ada di bawah username Shopee pada profile kamu atau scroll sedikit ke bawah hingga menemukan menu ‘Shopee Member’.

  • Kemudian akan terlihat jumlah transaksi yang sudah kamu lakukan selama satu periode.

  • Untuk mengetahui total transaksi di Shopee kamu bisa klik ikon panah ke bawah di bawah jumlah transaksi yang sudah dilakukan.

  • Setelah itu akan muncul jumlah total transaksi yang sudah kamu lakukan selama satu periode.

  • Apabila kamu ingin melihat rincian transaksi kamu bisa klik opsi ‘Rincian’.

Total jumlah pengeluaran di Shopee diakumulasi selama satu tahun mulai dari bulan Januari hingga Desember. Sedangkan untuk total jumlah transaksi yang dilakukan diakumulasi setiap 6 bulan sekali. Rincian transaksi akan mencatat setiap riwayat transaksi yang pernah kamu lakukan di aplikasi Shopee dari yang paling lama sampai yang terbaru, riwayat transaksi tersebut tidak akan pernah dihapus oleh sistem Shopee.

Total jumlah pengeluaran Shopee merupakan gabungan dari transaksi Shopee dan transaksi pada ShopeFood. Perhitungan transaksi tersebut kemudian akan diakumulasikan pada Shopee member.

2 dari 4 halaman

Cara Cek Level Shopee Member © Diadona

Cara Cek Level Shopee Member

Level Shopee Member  adalah level yang dibuat oleh Shopee untuk mengelompokkan jumlah transaksi yang pernah dilakukan oleh penggunanya. Level Shopee Member dikategorikan menjadi empat tingkatan level. Kamu akan otomatis menjadi Shopee Member apabila mendaftarkan akun Shopee.

Berikut adalah tingkatan level Shopee Member:

  • Classic: 0 pesanan atau Rp0.

  • Silver: 5 pesanan atau Rp500.000.

  • Gold: 35 pesanan atau Rp3.000.000.

  • Platinum: 100 pesanan atau Rp10.000.000.

Penghitungan Shopee member dalam satu tahun akan terbagi ke dalam dua periode penghitungan. Periode pertama dimulai pada tanggal 1 Januari sampai dengan 30 Juni. Kemudian periode kedua akan dimulai pada tanggal 1 Juli sampai dengan 31 Desember.

3 dari 4 halaman

Berikut adalah cara cek level Shopee member:

  • Buka aplikasi Shopee di smartphone kamu.

  • Klik menu ‘Saya’ yang ada di ujung kanan bawah.

  • Kamu bisa langsung klik Shopee member yang ada di bawah username Shopee pada profile kamu atau scroll sedikit ke bawah hingga menemukan menu ‘Shopee Member’.

  • Setelah itu akan muncul informasi mengenai Shopee member kamu mulai dari jumlah transaksi yang sudah dilakukan, total transaksi selama satu tahun, voucher yang diberikan oleh Shopee, dan keuntungan yang sudah kamu peroleh.

Shopee Member akan memberikan banyak keuntungan bagi pengguna. Semakin sering kamu bertransaksi dan menyelesaikan pesanan di Shopee maka semakin banyak pula keuntungan yang bisa kamu peroleh.

Jika kamu ingin mempertahankan posisi level Shopee member kamu, maka kamu harus pastikan jumlah dan kriteria transaksi atau pesanan yang diselesaikan sudah terpenuhi. Kamu juga bisa naik ke  level berikutnya apabila kriteria transaksi atau pesanan kamu sudah melebihi dari batas minimal level.

4 dari 4 halaman

Cara Melihat Pengeluaran di Shopee © Diadona

Tips Bertransaksi di Shopee

Tren berbelanja online menyebabkan banyak oknum tidak bertanggung jawab melancarkan aksinya untuk melakukan penipuan. Oleh karena itu, tips bertransaksi di Shopee penting untuk kamu apabila kamu ingin melakukan pembelian produk dan terhindar dari penipuan. 

Shopee memiliki sistem keamanan yang cukup kuat, namun tidak ada salahnya untuk selalu berhati-hati sebelum berbelanja online untuk mencegah hal yang tidak diinginkan. Pada zaman sekarang, banyak penipu handal yang bisa mengelabui sistem Shopee dan kemudian melakukan penipuan. Oleh karena itu, sudah sebaiknya kamu tetap bijak dan berhati-hati dalam berbelanja online.

Berikut adalah tips bertransaksi di Shopee agar terhindar dari penipuan:

  • Jangan lakukan transaksi apapun di luar Shopee.

Shopee tidak akan bertanggung jawab atas kerugian akibat penipuan yang terjadi di luar platform Shopee.

  • Belanja di Shopee Mall.

Dengan belanja di Shopee Mall produk yang dijual sudah pasti 100% original dan kredibilitasnya dapat dipastikan.

  • Cek rating dan reputasi toko Shopee.

Rating dan reputasi toko akan berisi ulasan jujur dari pembeli sebelumnya yang sudah pernah membeli produk tersebut dan juga jumlah penjualan produk.  Reputasi toko akan ditandai dengan Star Seller, Star+ Seller, dan Shopee Mall.

  • Unboxing paket saat menerima pesanan.

Pada saat menerima paket, sebaiknya kamu melakukan video unboxing. Apabila barang yang dikirim tidak sesuai maka kamu bisa mengajukan pengembalian barang. Jangan klik ‘Pesanan Diterima’ sebelum produk yang dikirim sudah sesuai dengan yang kamu pesan.

Jadi, itu tadi ya cara melihat pengeluaran di Shopee yang bisa kamu cek dengan menggunakan aplikasi Shopee secara langsung. So, selamat mencoba!

Penulis: Clarissa Dhea

Beri Komentar