12 Cara FYP di TikTok Dengan Cepat, Konten Kamu Dijamin Viral

Reporter : Arif Mashudi
Senin, 2 Oktober 2023 11:06
12 Cara FYP di TikTok Dengan Cepat, Konten Kamu Dijamin Viral
Pengen viral? Ini cara FYP di Tiktok dengan cepat biar konten kamu makin banyak yang nonton.

TikTok telah menjadi platform yang sangat populer di seluruh dunia. Orang berlomba-lomba untuk membuat konten di TikTok agar terbaca algoritma TikTok dan naik ke FYP. Cara FYP di TikTok dengan cepat sebenarnya cukup mudah karena kamu hanya perlu mengikuti dan memuaskan algoritma platform tersebut.

Dilansir dari Times New York, TikTok adalah aplikasi untuk membuat dan berbagi video pendek gratis yang sangat populer. Katadata juga mencatat bahwa pengguna TikTok mencapai 1,6 miliar pada akhir 2022 dan akan mencapai 1,8 miliar pada akhir 2023. TikTok begitu populer di Indonesia, banyak sekali orang yang menjadikan TikTok sebagai mata pencaharian atau pekerjaan, yaitu pembuat konten.

Adapun cara FYP di TikTok dengan cepat sangat dibutuhkan apabila kamu memang bertujuan untuk menambah impresi akun TikTok kamu. Untuk menembus algoritma TikTok dan masuk FYP, kamu dapat melakukan beberapa trik tertentu, seperti memerhatikan jam, engagement audiens, hashtag, dan masih banyak lagi.

Berikut Diadona telah mengulas tentang cara FYP di TikTok dengan cepat yang bisa kamu coba terapkan pada video kamu!

1 dari 8 halaman

Apa itu FYP dan Bagaimana Kerja Algoritma FYP?

Apa itu FYP dan Bagaimana Kerja Algoritma FYP? © Diadona

Capital menjelaskan FYP atau For Your Page adalah halaman beranda TikTok seseorang yang memperlihatkan video-video yang paling dinikmati oleh orang tersebut berdasarkan kurasi TikTok. Video yang muncul di FYP adalah video rekomendasi yang telah disaring berdasarkan minat dan kepopuleran tertentu. 

Video FYP adalah video-video yang terkait dengan apa yang sering kamu tonton sebelumnya. Misalnya, apabila kamu sering menonton video-video tentang kucing, maka TikTok akan merekomendasikan video kucing lainnya di halaman FYP kamu. Inilah yang kemudian dilombakan oleh sebagian orang, yaitu berusaha agar video mereka dapat direkomendasikan di halaman FYP orang lain untuk meningkatkan impresi dan engagement video mereka.

Lalu, bagaimana cara kerja FYP TikTok? Dilansir dari Buffer, algoritma TikTok memprioritaskan beberapa hal, yaitu:

  1. Engagement, mencakup berapa banyak yang menyukai, membagikan, menyimpan, dan mengomentari video kamu. Semakin banyak engagements, maka semakin sering video kamu dimunculkan di FYP.

  2. Interaksi pengguna, yaitu seberapa jauh interaksi penonton video kamu dengan pengguna lain akan membantu video kamu lebih banyak muncul di FYP orang lain.

  3. Informasi video, yaitu detail yang kamu sertakan bersamaan dengan video kamu, misalnya caption, hashtag, dan lain-lain.

  4. Pengaturan akun, yaitu faktor lokasi, bahasa, dan preferensi juga memengaruhi video kamu akan FYP atau tidak.

Itu dia terkait FYP dan bagaimana algoritma TikTok bekerja. Setelah kamu mengetahui hal ini, selanjutnya kamu perlu mengetahui beberapa tips, trik, atau cara FYP di TikTok dengan cepat agar impresi akun kamu semakin meningkat. Berikut adalah ulasannya!

2 dari 8 halaman

Ikuti Tren atau Challenge yang Sedang Viral

Cara FYP di TikTok Dengan Cepat © Diadona

Cara FYP di TikTok dengan cepat yang pertama adalah mengikut tren atau challenge terbaru sedang viral saat ini. Saat ini, selalu ada tren dan challenge baru yang muncul di TikTok setiap minggunya. Untuk itu, agar video kamu bisa naik ke FYP dan viral, jangan sampai kamu ketinggalan tren atau challenge yang sedang ramai.

Adapun cara mengetahui kira-kira tren atau challenge apa yang sedang viral yaitu menganalisis dari video-video yang muncul di FYP kamu. Biasanya, jika ada suatu hal yang sedang ngetren, akan banyak kreator yang akan membuat video TikTok tren tersebut. Jika video serupa terus muncul berkali-kali di FYP kamu, maka cobalah untuk berpartisipasi pada tren tersebut.

Buatlah Konten yang Interaktif atau Memancing Interaksi

Konten yang Interaktif atau Memancing Interaksi © Diadona

Dalam rangka menembus algoritma TikTok, cara FYP di TikTok dengan cepat selanjutnya adalah menciptakan interaksi dengan audiens dari video yang kamu buat. Markerly menuliskan bahwa “ Engagement is king on TikTok”, jadi bagaimana kamu memfasilitasi penonton untuk berinteraksi dengan videomu.

Untuk melakukan ini, dibanding kamu langsung mengakhiri videomu, kamu bisa melempar pertanyaan kepada penonton untuk memancing mereka berinteraksi. Misalnya, kamu membuat video mencoba sebuah tren, pada akhir video kamu bisa menanyakan “ Kira-kira coba tren apalagi ya? Komen dong”. Semakin banyak interaksi di konten kamu, makan akan semakin berpeluang video kamu muncul terus di FYP orang lain.

Jangan lupa juga untuk membalas beberapa komen di video kamu agar terus menarik penonton untuk berinteraksi dengan konten-konten yang kamu buat selanjutnya.

3 dari 8 halaman

Gunakan Sound atau Lagu Viral

Soung atau Lagu Tiktok Viral © Diadona

Pemilih musik adalah hal yang penting untuk cara FYP di TikTok dengan cepat. TikTok selalu memiliki sound, lagu, atau musik yang viral dalam beberapa saat. Untuk membantu video kamu muncul di FYP, kamu sebaiknya menggunakan musik yang sedang viral namun tetap selaras dengan konsep konten kamu.

Mengapa menggunakan musik viral? Karena musik yang viral akan sering dicari oleh pengguna, sehingga video kamu akan muncul pada halaman pencarian musik tersebut sebagai orang yang memakainya. 

Pakai Hashtag yang Tepat

Hashtag Tiktok © Diadona

Selanjutnya, cara FYP di TikTok dengan cepat adalah memilih hashtag yang tepat. Berdasarkan Times New York, TikTok berharap audiensnya bisa berkumpul di sekitar hashtag untuk berbagai tantangan, lelucon, atau format berulang lainnya. Hashtag akan membuat video kamu muncul ketika orang menonton video yang terkait.

Kamu bisa mengecek video-video yang telah FYP dan apa hashtag yang mereka gunakan. Biasanya, kamu bisa menggunakan hashtag #FYP, #foryourpage, #foryou, dan lain sebagainya. 

4 dari 8 halaman

Buatlah Video yang Lebih Pendek

Video Tiktok © Diadona

Jika kamu adalah pemula dan ingin mencoba untuk meningkatkan impresi akunmu, cobalah buat video berdurasi pendek sebagai cara FYP di TikTok dengan cepat. Hal ini karena kebanyakan orang lebih menyukai untuk menonton video yang lebih pendek untuk menghindari rasa bosan. Kamu dapat meningkatkan durasi secara perlahan apabila kamu merasa sudah memiliki audiens yang tetap.

Unggah Video Saat Prime Time (Jam Ramai)

Prime Time Tiktok © Diadona

Cara FYP di TikTok dengan cepat yang cukup penting adalah memerhatikan jam upload video kamu. Usahakan kamu mengupload video pada saat jam ramai ketika banyak orang sedang membuka TikTok. Adapun prime time untuk unggah di TikTok dilansir dari Influencer MarketingHub, sebagai berikut:

  • Senin: 6 AM, 10 AM, 10 PM

  • Selasa: 2 AM, 4 AM, 9 AM

  • Rabu: 7 AM, 8 AM, 9 AM

  • Kamis: 9 AM, 12 AM, 7 PM

  • Jumat: 5 AM, 1 PM, 3 PM

  • Sabtu: 11 AM, 7 PM, 8 PM

  • Minggu: 7 AM, 8 AM, 4 PM

 

5 dari 8 halaman

Duet Atau Kolaborasi Dengan Kreator Lain

Video Duet Tiktok © Diadona

Salah satu fitur yang sering digunakan oleh kreator konten di TikTok adalah duet. Fitur ini memungkinkan kamu untuk melakukan stitch pada sebuah video dan kamu kolaborasikan dengan konten kamu. Kamu bisa menggunakan fitur ini untuk duet dengan konten yang viral agar meningkatkan peluang video kamu muncul di FYP.

Tulis Caption yang Menarik dan Engaging

Cara FYP di TikTok dengan cepat adalah menggunakan caption yang menarik perhatian audiens. Mungkin kamu sempat melihat video yang memiliki caption ‘wait till the end’ atau ‘tunggu akhirnya’. Caption seperti ini akan menarik dan mempertahankan penonton agar menonton video sampai selesai. 

Kamu dapat melakukan trik ini untuk menahan audiens di layar video kamu. Karena, semakin banyak orang yang menonton videomu hingga selesai, semakin sering video kamu akan direkomendasikan oleh TikTok.

Buat Konten yang Berkualitas

Cara FYP di TikTok Dengan Cepat © Diadona

Selain cara-cara di atas, hal yang sangat penting juga memastikan konten yang kamu unggah berkualitas, baik dari segi isi maupun penyajian. Banyak sekali konten yang viral namun terkena banyak hujatan karena dianggap tidak berkualitas dari segi konten. Selain itu, kamu juga harus memastikan kualitas video yang diunggah bagus agar orang lebih nyaman untuk menontonnya.

6 dari 8 halaman

Jadi Unik dan Berbeda

Cara FYP di TikTok Dengan Cepat © Diadona

Sebagai kreator, kamu harus bisa untuk membedakan dirimu dengan kreator lainnya. Keunikan akan mengundang banyak sekali audiens yang penasaran dengan hal yang berbeda. Audiens juga akan lebih tertarik dengan konten yang unik dan baru dibanding konten-konten serupa yang sudah sering mereka tonton di TikTok. 

Buat Konten Secara Konsisten

Cara FYP di TikTok Dengan Cepat © Diadona

Konsistensi merupakan hal yang penting untuk mempertahankan keaktifan akun kamu. Perlu catat bahwa konsisten bukan berarti kamu harus mengunggah video setiap hari di TikTok. Namun, lebih ke tiap minggu ada berapa video yang kamu unggah dan itu kamu pertahankan sampai seterusnya. 

Konsisten membuat konten akan membuat akun kamu selalu aktif dan mendorong peluang video-video yang kamu unggah naik ke halaman FYP orang lain. Jadi, pastikan kamu konsisten ya!

7 dari 8 halaman

Bagikan Video Kamu di Platform Lain

Cara FYP di TikTok Dengan Cepat © Diadona

Cara FYP di TikTok dengan cepat terakhir adalah membagikan video TikTok kamu di platform sosial media lain, seperti Instagram. Jika kamu memiliki pengikut yang lumayan di Instagram, kamu dapat membagikan link video TikTok yang baru kamu unggah melalui instagram story agar mengundang lebih banyak view. Semakin banyak view yang kamu dapat, maka akan semakin sering video kamu muncul di FYP orang lain.

Sekian dulu ulasan tentang cara FYP di TikTok dengan cepat biar akun dan konten kamu makin rame. Selamat mencoba dan semangat ngontennya ya, Diazens!

Penulis: Starky

Beri Komentar