9 Cara Agar HP Samsung Tidak Lemot, Auto Langsung Ngebut

Reporter : Arif Mashudi
Senin, 9 Oktober 2023 09:07
9 Cara Agar HP Samsung Tidak Lemot, Auto Langsung Ngebut
HP kamu sering lemot? Begini cara agar HP Samsung tidak lemot lagi dijamin manjur.

Pengguna produk gadget Samsung mungkin kadang mengalami kendala yaitu HP menjadi lemot. Hal ini tentu menjengkelkan karena bisa menghambat kinerja HP. Namun, ternyata cara agar HP Samsung tidak lemot lagi cukup mudah dilakukan.

Samsung merupakan salah satu perusahaan elektronik yang sangat terkenal di seluruh dunia. Salah satu yang unggul dan terkenal dari Samsung adalah smartphone. Dilansir dari MarketSplash, pengguna smartphone Samsung mencapai 14% dari pengguna smartphone seluruh dunia. 

Meskipun sangat canggih, produk smartphone Samsung bukan berarti luput dari permasalahan. Salah satu yang masalah smartphone yang paling umum adalah menjadi lemot seiring pemakaian. Hal ini dapat didorong oleh berbagai faktor tertentu.

Namun, kamu nggak perlu khawatir semisal HP Samsung kamu lemot. Karena, ada cara untuk mengatasinya. Berikut Diadona telah mengulas cara agar HP Samsung tidak lemot buat kamu. 

1 dari 6 halaman

Hapus atau Bersihkan File Cache

Hapus atau Bersihkan File Cache © Diadona

Berdasarkan website Samsung, salah satu penyebab HP kamu mulai lemot adalah kekurangan ruang penyimpanan. Nah, maka dari itu cara agar HP Samsung yang pertama adalah menghapus cache agar membebaskan sedikit ruang di memori RAM kamu.

Cache adalah data yang tersimpan sementara ketika kamu menjalankan aplikasi di HP. File cache yang menumpuk akan memenuhi ruang penyimpanan HP dan menjadikannya lemot. 

Maka dari itu, cara agar HP Samsung tidak lemot lagi adalah dengan menghapus cache dan sampah. Kamu dapat menghapus cache keseluruhan melalui settings > device maintanance > memory > clean up. Atau bisa juga menghapus cache aplikasi melalui pengaturan aplikasi.

2 dari 6 halaman

Uninstall Aplikasi Tidak Terpakai

 

Cara Agar HP Samsung Tidak Lemot © Diadona

Masih terkait masalah penyimpanan, cara agar HP Samsung tidak lemot selanjutnya adalah dengan menghapus aplikasi yang tidak diperlukan. Jika kamu sering mendownload aplikasi dan kemudian tidak menggunakannya, ada baiknya untuk uninstall. Karena, beberapa aplikasi tertentu bekerja terus di belakang layar dan memenuhi memori.

Dengan menghapus aplikasi yang tidak terpakai, kamu membebaskan sebagian ruang di penyimpanan kamu. Hal ini akan membuat HP kamu menjadi tidak lemot lagi. 

Lakukan Pembaruan Secara Berkala

 

Cara Agar HP Samsung Tidak Lemot © Diadona

Samsung adalah merk yang terus menerus memberikan upgrade sistem Android yang digunakan oleh penggunanya. Jika kamu merasa HP samsung semakin lemot, kamu bisa mencoba cara agar HP samsung tidak lemot lagi dengan memperbarui sistem secara berkala.

Biasanya, jika terdapat pembaruan sistem Android, Samsung akan memberikan notifikasi. Namun, kamu juga dapa mengecek melalui pengaturan apakah ada update yang tersedia.

Dengan mengupdate sistem, performa HP samsung kamu akan lebih baik karena akan otomatis mengatasi malware atau bug yang ada di HP-mu. Pastikan kamu memiliki ruang penyimpanan yang cukup jika ingin update sistem.

3 dari 6 halaman

Tutup Tab Aplikasi & Kurangi Multitasking Berlebihan

Cara Agar HP Samsung Tidak Lemot © Diadona

Saat menggunakan HP, kamu mungkin sering membuka banyak aplikasi tanpa menutup tab aplikasi setelah digunakan. Atau, kamu sedang melakukan multitasking hingga terpaksa harus membuka banyak tab aplikasi secara bersamaan.

Hal ini merupakan salah satu faktor yang membuat HP Samsung kamu lemot saat digunakan. Maka dari itu, usahakanlah untuk selalu menutup tab aplikasi setelah digunakan agar cache tidak menumpuk di memorimu. Selain itu, jika tidak urgent, hindari membuka banyak aplikasi sekaligus dan tidak menutupnya.

Hindari Penggunaan Animasi dan Widget Berlebihan

Cara Agar HP Samsung Tidak Lemot © Diadona

Cara agar HP Samsung tidak lemot selanjutnya adalah tidak menggunakan animasi dan widget yang berlebihan. Kedua hal ini mungkin bisa mempercantik tampilan beranda kamu, namun sekaligus membuat HP kamu bekerja terus-menerus dan lemot.

Animasi yang dimaksud disini bisa mencakup wallpaper bergerak, tema beranda lucu, widget bergerak, dan lain sebagainya. Biasanya hal-hal ini bekerja terus di belakang layar, jadi sebaiknya dihindari.

4 dari 6 halaman

Hapus File / Media yang Tidak Dibutuhkan

Cara Agar HP Samsung Tidak Lemot © Diadona

Kamu mungkin banyak mendownload file berkas atau media lain (foto, video, stiker, dsb) di HP Samsung kamu. File-file ini juga berpotensi memenuhi ruang penyimpanan sehingga membuat HP kamu terasa lemot.

Cara agar HP Samsung tidak lemot lagi adalah mencoba untuk menghapus file-file ini, khususnya yang tidak lagi kamu gunakan. Dengan menghapusnya, kamu akan melepaskan sedikit ruang penyimpanan di HP kamu dan membuat HP cenderung tidak lemot lagi.

Nonaktfikan Fitur-Fitur Tertentu Jika Tidak Digunakan

Cara agar HP Samsung tidak lemot selanjutnya adalah mematikan fitur tertentu saat sedang tidak dipakai. Fitur yang dimaksud seperti lokasi, bluetooth, wifi, data seluler, NFC, dan lain sebagainya.

Jika fitur ini menyala, tentu akan menguras daya baterai dan bekerja terus-menerus di HP kamu. Jika kamu merasa bahwa HP kamu menjadi lemot, kamu bisa mematikan fitur-fitur tersebut jika tidak digunakan.

5 dari 6 halaman

Coba Gunakan Kartu Memori / SD Card

 

Cara Agar HP Samsung Tidak Lemot © Diadona

 

Jika kamu sering menyimpan file berukuran besar di HP kamu, mungkin kamu kadang merasa HP menjadi lemot. Nah, cara agar HP Samsung tidak lemot lagi adalah dengan menggunakan SD card untuk menyimpan file kamu.

SD card mungkin akan membantu agar ruang penyimpanan bawaan HP kamu tetap terjaga karena tugas menyimpan dipindahkan ke SD card. Dengan ini, HP kamu akan cenderung tidak lemot.

Lakukan Reset Pabrik

Cara Agar HP Samsung Tidak Lemot © Diadona

Sudah mencoba segala cara, namun HP kamu masih saja lemot? Mungkin kamu butuh untuk mereset kembali HP tersebut ke setelan pabrik. Cara ini merupakan pilihan terakhir, karena kamu akan menghapus seluruh data, aplikasi, dan berkas yang ada di HP-mu.

Kalau kamu berniat mereset, pastikan kamu melakukan backup data-data penting di HP kamu agar bisa digunakan kembali kemudian hari. Untuk mereset, kamu bisa mencari menu reset di pengaturan HP kamu. 

Demikian cara-cara agar HP Samsung kamu tidak lemot lagi saat digunakan. Berbagai cara ini dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Selamat mencoba, Diazens!

Penulis: Starky

Beri Komentar