7 Cara Cek Kecepatan Internet dengan HP ataupun Laptop

Reporter : Arif Mashudi
Sabtu, 17 Juni 2023 08:55
7 Cara Cek Kecepatan Internet dengan HP ataupun Laptop
Aktivitas berselancar di dunia maya tiba-tiba ngadat? Coba deh cek kecepatan internetmu!

Internet saat ini sudah menjadi kebutuhan sehari-hari bagi banyak orang. Mulai dari kegiatan belajar, bermain, hiburan, hingga kerja di berbagai bidang.

Nah, dalam pemakaiannya tersebut, hal yang harus kamu perhatikan adalah kecepatan internet tersebut. Pasalnya, jika kecepatan internet stabil maka aktivitas online pun juga lancar dan berlaku juga sebaliknnya.

Berikut ini adalah cara cek kecepatan internet baik dari HP ataupun laptop. Semuanya bisa kamu coba ya Diazens!

1 dari 4 halaman

Speedtest.net

Cara Cek Kecepatan Internet © Diadona

Cara cek kecepatan internet yang pertama adalah dengan menggunakan website Speedtest.net. Caranya mudah banget kok, kamu tinggal kunjungi websitenya kemudian pencet " Go" .

Pastikan HP atau laptop kamu terhubung dengan wifi atau pun koneksi yang ingin kamu tes ya.

Meter.net

Sama seperti yang sebelumnya, kamu tinggal kunjungi saja website meter.net. Kemudian kamu bisa langsung mengetes kecepatan internet kamu sekali klik.

Bedanya di sini ada banyak fitur layanan yang bsia kamu gunakan jika kamu membuat akun dan kemudian login. Cobain deh.

2 dari 4 halaman

Internet Speed Meter Lite

Cara Cek Kecepatan Internet © Diadona

Selain melalui website, kamu juga bisa mengecek kecepatan internet kamu melalui aplikasi khusus. Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan adalah Internet Speed Meter Lite.

Kamu bisa mengunduh aplikasi ini secara gratis di toko aplikasi ponsel kamu baik itu di Playstore ataupun Appstore.

Speedsmart.net

Jadi, speed Smart ini punya dua opsi yang bisa kamu manfaatkan. Pertama, kamu bisa mengunduhnya ke perangkat Android atau iOS atau bisa juga memanfaatkannya melalui situs speedsmart.net.

Speed Smart ini akan menampilkan download speed, upload speed, IP server, dan provider. Untuk mengecek kecepatan internet, Speed Smart hanya membutuhkan waktu sekitar 40 detik ya Diazens.

3 dari 4 halaman

Speed Test WiFi Analyzer by Analiti

Selanjutnya, ada aplikasi yang bisa kamu gunakan yakni Speed Test WiFi Analyzer by Analiti. Aplikasi ini juga bisa kmu dapatkan dengan gratis.

Jika kamu menggunakan fitur berbayar, kamu bisa menggunakan aplikasi tanpa iklan yang ditampilkan dan mengakses fitur lain di dalamnya. Sayangnya, aplikasi ini tidak disediakan untuk pengguna iOS.

Informasi di dalam aplikasi ini diberikan secara detail dan disediakan juga analisis WiFi bawaan untuk membantu rincian cakupan di rumah kamu.

Bandwidthplace.com

Ini juga merupakan website yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui kecepatan internet kamu. Jadi, kamu cukup kunjungi di Bandwitdthplace.com lalu klik " Start" dan tunggu saja hasilnya.

Di dalam Bandwidth Place ada fitur " Server" yang berguna untuk memudahkan kamu memilih lokasi keberadaan. Aplikasi ini juga bisa mendeteksi jenis provider apa yang sedang kamu gunakan Diazens.

4 dari 4 halaman

Fast.com

Melalui website fast.com kamu juga bisa mengecek kecepatan internet kamu kok. Di dalamnya, kamu bisa mencapatkan informasi tentang kecepatan unggah, IP publik pengguna, serta unloaded dan loaded latency.

Fast.com ini sendiri adalah laman pengecek kecepetan internet yang dimiliki oleh Netflix. Ini gratis kok Diazens, jadi nggak perlu khawatir.

Jadi itu ya Diazens beberapa cara cek kecepetan internet yang bisa kamu gunakan. Tenang, semuanya gratis dan nggak berbayar kok. Selamat mencoba ya!

Beri Komentar