Cara Agar Speaker Laptop tidak Sember atau Pecah, Auto Alus

Reporter : Arif Mashudi
Jumat, 3 Februari 2023 10:00
Cara Agar Speaker Laptop tidak Sember atau Pecah, Auto Alus
Cara agar speaker laptop tidak sember yang paling praktis adalah menambahkan speaker eksternal. Tapi karena harga speaker eksternal mahal, kamu bisa membenahi settingan pada laptop kamu.

Ketika menggunakan laptop kemudian suaranya sember atau pun pecah memang sangat menjengkelkan. Selain suara yang dihasilkan jadi nggak enak, pengalaman mendengarkan video ataupun audio pasti jadi kurang. Nah, maka dari itu kamu harus tahu cara agar speaker laptop tidak sember atau pun pecah.

Cara agar speaker laptop tidak sember atau pun pecah yang paling praktis adalah dengan menambahkan speaker eksternal. Tapi karena harga speaker eksternal agak mahal, kamu bisa membenahi settingan pada laptop. Kamu bisa mengotak-atiknya di menu volume mixer dan juga melalui control panel.

Diadona telah merangkum cara agar speaker laptop tidak sember atau pun pecah. Semuanya ini bisa kamu coba jika kamu mengalami momen speaker laptop tiba-tiba sember atau pun pecah. Selanjutnya, simak saja beberapa cara-caranya di bawah ini.

1 dari 4 halaman

Cara Agar Speaker Laptop tidak Sember Melalui Control Panel

Cara Agar Speaker Laptop tidak Sember © Diadona

Cara agar speaker laptop tidak sember atau pun pecah yang pertama adalah mengatur settingan speaker melalui menu control panel. Langkah-langkahnya adalahsebagai berikut ini:

  • Tekan menu Start, lalu masuk ke Control Panel.
  • Pilih opsi Hardware and Sounds, kemudian klik Sound.
  • Pilih menu speaker, klik kanan kemudian klik properties.
  • Pada tab Enhancements aktifkan tanda centang pada opsi Disable All Sounds Effect.
  • Klik OK, selesai.

Jika cara melalui control panel ini belum juga berhasil, kamu bisa mencoba cara lain kok. Caranya seperti apa? ya mari kita lanjut ke cara agar speaker laptop tidak sember yang selanjutnya.

2 dari 4 halaman

Cara Agar Speaker Laptop tidak Sember Melalui Volume Mixer

Cara Agar Speaker Laptop tidak Sember © Diadona

Cara agar speaker laptop tidak sember atau pecah yang selanjutnya adalah dengat mengaturnya melalui menu volume mixer. Begini nih cara-caranya:

  • Masuk ke menu Open Volume Mixer
  • Kemudian, klik kanan pada ikon speaker di pojok kanan bawah dan pilih menu Open Volume Mixer.
  • Pilih Speaker/Headphones
  • Selanjutnya klik opsi Speaker/Headphones dengan menekan tanda panah ke bawah di menu Devices.
  • Ubah volume menjadi 0
  • Kemudian ubah volume menjadi 0, caranya dengan menekan opsi Level lalu klik menu Balance. Setelah itu ubah tingkat speaker menjadi 0 pada bagian speaker yang kresek, kalau sudah tekan OK.
  • Setelah mengubah volume dari salah satu speaker yang kresek, kini suara yang dihasilkan dari laptop bisa kembali normal walaupun tidak sepenuhnya jernih 100% seperti saat pertama kali beli laptop baru.

3 dari 4 halaman

Gunakan Speaker Eksternal

Cara Agar Speaker Laptop tidak Sember © Diadona

Jika kedua cara di atas tidak juga bosa menyelesaikan permasalahan, kamu bisa mencoba cara agar speaker laptop tidak sember dengan menggunakan speaker eksternal. Ini adalah cara yang paling praktis sepertinya. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan hasil suara yang lebih enak didengar dari pada speaker asli laptop.

Jadi itu lah beberapa cara agar speaker laptop tidak sember atau pun pecah. Semuanya bisa kamu coba kalau speaker laptop kamu sember atau pecah.

4 dari 4 halaman

Penyebab Speaker Laptop Sember atau Pecah

Laptop dengan speaker semeber atau pun pecah tidak terjadi begitu saja. Ada banyak penyebab di balik pecahnya sudara dari speaker laptop. Apa saja penyebabnya? Ini nih penyebab-penyebab yang mungkin menjadi alasan kenapa speaker laptop pecah sember atau pecah.

Volume terlalu kencang

Penyebab pertama speaker laptop sember atau pecah adalah karena sering menggunakan volume speaker terlalu kencang dalam durasi lama. Maka dari itu, gunakan volume laptop yang sewajarnya saja agar speaker laptop lebih awet dan nggak sampai pecah.

Speaker yang kotor

Kemudian penyebab kedua adalah banyaknya debu di sekitar speaker. Debu atau kotoran lain yang terlalu banyak membuat kualitas suara yang keluar menjadi sember atau pun pecah. Jadi, jangan lupa untuk selalu rutin membersihkannya secara teratur.

Laptop jatuh atau terkena benturan

Jika laptop kamu pernah jatuh atau pun terbentur sesuatu kemudian ada beberapa komponen yang nggak bekerja normal maka sangat lah wajar. Maka dari itu, selalu gunakan tas ketika pergi-pergi membawa laptop. Ya biar resiko jatauh atau terbentur nggak begitu tinggi.

Terlalu sering lepas pasang headset atau earphone

Terakhir, untuk penyebab speaker laptop sember adalah terlalu sering memasang dan mencabut konektor earphone. Keadaan ini bisa membuat speaker mati karena terjadi korsleting pada konektor audio. Jadi ya gunakan headset atau pun headphone dengan biasa-biasa saja jangan terlalau sering lepas cabut.

Beri Komentar