Cara Memprogram TV Digital Berbagai Merek dengan Mudah dan Cepat

Reporter : Riza Umami
Jumat, 12 Januari 2024 15:33
Cara Memprogram TV Digital Berbagai Merek dengan Mudah dan Cepat
Ini beberapa cara memprogram TV digital.

Sejumlah masyarakat mungkin sedang bingung dengan peralihan dari TV analog ke digital. Siaran TV analog bahkan sudah dinonaktifkan di beberapa daerah. Mau tak mau, orang-orang pun harus beralih ke siaran TV digital. TV digital memang dinilai lebih baik dari analog. Kualitas dari TV Digital dibanding televisi analog memang lebih baik dan juga ada lebih banyak pilihan channel.

Setelah membeli TV baru, mungkin kamu bingung mengapa TV tidak menampilkan saluran yang diinginkan. Hal ini mungkin disebabkan oleh belum adanya setting TV digital pada televisi, sehingga tidak dapat menangkap sinyal dari saluran TV digital. Nah, berikut ini cara memprogram TV digital dengan mudah.

1 dari 9 halaman

Cara Memprogram TV Digital pada Berbagai Merek

Cara Memprogram TV Digital © Diadona

Dilansir dari laman berita.99.co (6/1), berikut adalah 4 cara memprogram TV digital pada berbagai merek TV baik secara manual maupun otomatis.

  • Pastikan daerah kamu sudah terjangkau siaran TV digital.
  • Periksa apakah TV Diazens mendukung siaran TV digital.
  • Persiapkan antena UHF atau antena dalam rumah/luar yang sesuai.
  • Pastikan TV dilengkapi dengan set-top box DVBT2 yang bisa kamu beli di toko elektronik.
  • Sambungkan TV dan set-top box, hidupkan kedua perangkat, dan pilih opsi AV pada TV.
  • Pilih opsi Pengaturan dan lakukan auto scan untuk memindai program siaran TV digital.

2 dari 9 halaman

1. Pastikan TV Mendukung Saluran Digital

Ilustrasi menonton televisi © Diadona

Cara memprogram TV digital yang pertama adalah memastikan bahwa layar kaca kamu mendukung siaran televisi digital. Ini penting untuk memastikan bahwa siaran TV digital dapat diakses melalui televisi yang digunakan. Untuk TV yang tidak mendukung siaran TV digital, kamu perlu menggunakan sambungan DVBT2 untuk menangkap sinyal TV digital.

Kamu dapat memastikan apakah layar kacamu mendukung siaran TV digital dengan memeriksa spesifikasi produk pada buku petunjuk atau kertas spesifikasi yang disertakan saat pembelian, atau mencari informasi di internet jika buku tersebut hilang.

Selain menggunakan sambungan DVBT2, kamu juga perlu set-top box yang digunakan untuk mengakses siaran TV digital di rumah. Namun, kamu tidak perlu mengganti antena di rumah untuk menangkap siaran TV digital karena antena biasa seperti antena UHF jenis indoor atau outdoor dapat digunakan untuk menangkap siaran TV digital di TV analog. Hal ini karena tidak ada kriteria khusus yang harus dipenuhi untuk menangkap siaran digital.

3 dari 9 halaman

2. Masuk ke Menu Pengaturan di TV

Cara Memprogram TV Digital © Diadona

Cara memprogram TV digital pada langkah selanjutnya adalah memasuki menu pengaturan pada layar kacamu. Cara pertama untuk mengakses siaran TV digital adalah dengan memasuki menu pengaturan pada TV kamu.

Untuk mengakses menu pengaturan, kamu dapat menggunakan remote TV dan menekan tombol Settings yang biasanya memiliki gambar gerigi roda atau tulisan Settings di atasnya. Kemudian, cari pilihan Program atau Programs pada menu pengaturan.

Menu tersebut dapat membantu kamu untuk mencari siaran TV digital secara otomatis atau manual. Setelah memilih opsi Program atau Programs, pilih opsi Auto Scan atau Auto Tuning untuk memindai program siaran TV digital yang tersedia secara otomatis. Namun, jika ingin memindai siaran TV digital secara manual, kamu dapat memilih opsi Manual Scan atau Manual Tuning.

4 dari 9 halaman

3. Mulai Pencarian Sinyal pada TV Digital

Cara Pindah ke TV Digital © Diadona

Selanjutnya  kamu perlu lakukan pencarian sinyal yang ditangkap antena UHF. Agar lebih mudah, kamu dapat menggunakan fitur pencarian otomatis pada TV digital dengan remote control.

Setelah membuka menu pengaturan TV dan memilih opsi Program, lanjutkan dengan memilih opsi Auto Tuning untuk memulai pencarian sinyal TV digital secara otomatis.

Kalau TV kamu menggunakan antena TV Digital, pastikan untuk memilih opsi menggunakan antena saat melakukan pencarian sinyal. Namun, jika kamu tidak memiliki antena, kamu dapat memilih opsi menggunakan DVBT2 atau Cable untuk memperoleh sinyal TV digital.

Terakhir, klik Start untuk memulai pencarian sinyal televisi digital. Tunggu hingga selesai, kemudian TV digital kamu akan menampilkan siaran televisi digital yang tersedia.

5 dari 9 halaman

4. Tunggu sampai TV Digital Dapat Siaran

Ilustrasi Anak Menonton TV © Diadona

Terakhir nih tunggu hingga seluruh siaran televisi digital terbaca oleh layar kacamu usai pemindaian selesai.

Kamu bisa melihat berapa banyak sinyal yang terbaca dan tersimpan di televisimu di layar. Simbol DTV menunjukkan jumlah program siaran televisi yang dapat ditangkap oleh barang elektronik milikmu.

Pastikan menunggu televisi sampai seluruh siaran bisa terbaca untuk memastikan Anda bisa menonton siaran dengan baik. Setelah semua siaran terbaca, kamu dapat langsung menonton siaran televisi digital melalui layar kacamu.

Bila beberapa cara memprogram TV digital di atas masih kurang jelas, Diazens bisa menonton video YouTube di bawah ini.

6 dari 9 halaman

Cara Memprogram TV Digital Tanpa Set Top Box

Ilustrasi TV © Diadona

Bila TV di rumah kamu sudah digital, maka kamu gak perlu repot-repot beli set top box untuk memprogram televisi. Cukup lakukan beberapa cara di bawah ini dan pastikan kalau wilayah rumah kamu sudah tersedia siaran digital.

  1. Nyalakan TV digital dan tunggu hingga muncul layar menu.
  2. Tekan tombol Menu pada remote TV.
  3. Pilih menu Siaran.
  4. Pilih menu Siaran Digital.
  5. TV akan mulai mencari siaran TV digital.
  6. Tunggu hingga proses pencarian selesai.

7 dari 9 halaman

Cara Memprogram TV Digital dengan Set Top Box

Ilustrasi TV © Diadona

Set Top Box dapat dihubungkan ke televisi analog atau televisi digital yang belum memiliki fitur DVB-T2. Bila TV digital di rumah kamu sudah lengkap dengan set top box, kamu bisa memprogram TV dengan melakukan langkah-langkah berikut ini.

  1. Sambungkan STB ke televisi melalui kabel HDMI atau kabel AV.
  2. Hubungkan STB ke sumber daya listrik.
  3. Nyalakan televisi dan STB.
  4. Tekan tombol Menu pada remote STB.
  5. Pilih menu Pengaturan.
  6. Pilih menu Pencarian.
  7. Pilih menu Pencarian Otomatis.
  8. STB akan mulai mencari siaran TV digital.
  9. Tunggu hingga proses pencarian selesai.

8 dari 9 halaman

Cara Mencari Siaran TV Digital secara Manual

Ilustrasi TV © Diadona

Cara memprogram TV digital sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan di rumah. Jika tidak berjalan otomatis, kamu bisa melakukannya dengan cara manual. Nah, berikut ini caranya:

  1. Nyalakan TV lalu tunggu sampai muncul layar menu.
  2. Tekan tombol Menu pada remote televisi.
  3. Pilih menu 'Siaran'.
  4. Pilih menu 'Siaran Digital'.
  5. Pilih menu 'Pencarian Manual'.
  6. Masukkan frekuensi siaran TV digital yang ingin kamu cari.
  7. Lalu tekan tombol Start.
  8. TV akan mulai mencari siaran TV digital pada frekuensi yang kamu masukkan.
  9. Jika proses pencarian berhasil, maka siaran TV digital akan muncul di layar TV.

Cara mencari siaran TV digital secara otomatis sebenarnya lebih mudah dilakukan, tetapi terkadang ada kendala saat melakukannya. Oleh sebab itu, kamu bisa mencarinya dengan cara manual seperti di atas ya.

9 dari 9 halaman

Hal-Hal yang Bisa Sebabkan TV Tak Dapat Mengakses Siaran Televisi Digital

ilustrasi anak nonton tv © Diadona

Jika sudah menggunaan TV digital tetapi masih tidak mendapatkan sinyal antena, ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebabnya. Ini beberapa faktor yang dapat menyebabkan televisi gagal mengakses siaran televisi yang perlu diketahui.

  • Antena yang rusak dan perlu diperbaiki.
  • Posisi antena yang kurang baik.
  • Antena dipasang di dalam rumah dan tidak di luar rumah.
  • Lokasi antena tidak dapat menjangkau sinyal.
  • Kondisi cuaca yang buruk.
  • Kerusakan pada kabel antena.
  • Booster yang rusak.

Cobalah untuk mengecek dan memperbaiki beberapa kemungkinan yang menyebabkan televisi kamu tak mendapatkan sinyal. Setelah itu, coba ulangi kembali cara-cara memprogram TV digital yang sudah dipaparkan di atas dari awal.

Nah, itulah ulasan tentang cara setting TV digital. Semoga bermanfaat ya Diazens sehingga kamu bisa kembali menonton konten yang menarik di channel TV kesayangan kamu.

Beri Komentar