16 Rekomendasi Aplikasi Desain Rumah Gratis, Hemat Budget

Reporter : Arif Mashudi
Senin, 11 Desember 2023 13:40
16 Rekomendasi Aplikasi Desain Rumah Gratis, Hemat Budget
Aplikasi desain rumah gratis, nggak perlu pake arsitek nih~

Saat ini, sudah banyak aplikasi desain rumah gratis yang bisa memudahkan kamu untuk mendapatkan gambaran rumah impian kamu. Aplikasi seperti ini bisa kamu jadikan alternatif jika merasa membayar desain interior terlalu mahal dan keluar dari budget kamu. Apalagi, fitur-fitur di aplikasi seperti ini sudah terbilang cukup canggih. 

Buat kamu yang sekarang sedang berencana untuk membangun rumah atau sekedar mencari inspirasi-inspirasi saja, ini bakal berguna buat kamu. Pasalnya, aplikasi-aplikasi berikut terbilang cukup mudah dipahami dan digunakan.

Berikut Diadona telah mengulas lengkap beberapa rekomendasi aplikasi desain rumah gratis yang bisa kamu gunakan. Simak sampai habis ya, Diazens!

1 dari 8 halaman

Room Planner

 

Room Planner © Diadona

Aplikasi desain rumah gratis yang pertama yaitu Room Planner. Dilansir dari websitenya, Room Planner memungkinkan kamu untuk membuat desain 2D maupun 3D dengan visualisasi yang profesional. Selain itu, tampilan furniture aplikasi ini menggunakan desain asli dari IKEA, cocok buat kamu yang suka sama produk IKEA.

Home Design 3D

Aplikasi desain rumah gratis selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk mendesain rumah adalah Home Design 3D. Kamu bisa mendapatkan aplikasi ini melalui Google Playstore maupun Appstore. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mendesain rumah dengan berbagai pilihan furniture, warna, tipe, dan lain sebagainya.

2 dari 8 halaman

Floor Plan

Floor Plan © Diadona

Floor Plan merupakan aplikasi desain rumah gratis yang mudah digunakan dan lebih efisien. Aplikasi ini dirancang untuk menjadikan proses pembuatan, pengeditan, dan visualisasi denah lantai di berbagai ruang. Kamu bisa menyesuaikan desain sesuai dengan ukuran lantai rumah kamu. Atau, kamu bisa pakai fitur 3D Tour Mode untuk mempermudah proses pengukuran kamu.

Planner 5D

Aplikasi desain rumah selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk mendesain rumah atau mencari inspirasi tertentu. Dilansir dari Planner 5D, kamu bisa melakukan layouting terlebih dahulu kemudian mendesain. Setelah itu, kamu bisa memasukkan furnitur, warna, dan pola yang kamu ingin. Terakhir, kamu bisa me-render hasil desain kamu menjadi gambar untuk disimpan.

3 dari 8 halaman

Houzz

Aplikasi Houzz © Diadona

Dilansir dari Houzz, aplikasi ini menyediakan pengalaman terbaik untuk renovasi dan desain rumah, menghubungkan pemilik rumah dan profesional rumah dengan alat, sumber daya, dan vendor terbaik. Houzz merupakan aplikasi desain rumah gratis yang bisa jadi salah satu alternatif kamu. Disini, kamu bisa sekaligus belanja di toko interior yang bekerja sama dengan Houzz.

HomeByMe

Aplikasi desain rumah gratis yang bisa kamu gunakan selanjutnya yaitu HomeByMe. Di aplikasi ini kamu bisa mendesain rumah sesuai dengan keinginan kamu baik format 2D maupun 3D. Selain itu, fitur yang menarik dari aplikasi ini adalah fitur AI dimana kamu bisa menemukan rekomendasi desain yang kamu sukai.

4 dari 8 halaman

Homestyler

Homestyler © Diadona

Homestyler merupakan aplikasi desain rumah gratis yang bisa kamu jadikan alternatif. Di sini tersedia ratusan template ruangan yang bisa kamu pilih sesuai dengan yang kebutuhan kamu. Tak hanya itu, kalau kamu seorang kreator atau interior desainer, kamu bisa mempublikasikan karya desain kamu di fitur Metaverse di aplikasi ini.

Roomle 3D & AR Room Planner

Buat kamu yang menggunakan iPhone, salah satu aplikasi desain rumah gratis yang bisa kamu coba. Aplikasi ini bisa dikatakan sangat canggih karena mendukung teknologi AR (augmented reality). Aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk mendesain rumah dalam 2D maupun 3D sesuai keinginan kamu.

5 dari 8 halaman

Renovation 3D

Renovation 3D © Diadona

Aplikasi desain rumah gratis selanjutnya yaitu Renovation 3D, aplikasi ini bisa juga kamu akses dengan gratis. Tersedia untuk Android, kamu bisa download Renovation 3D melalui Google Playstore. Disini, kamu bisa memetakan tata letak dan item-item di dalamnya memiliki tampilan fotorealistik.

SketchUp

SkethUp merupakan aplikasi desain rumah gratis yang bisa kamu gunakan untuk PC atau laptop. Kamu bisa mendownload dulu aplikasi SketchUp dan menginstal ke laptop kamu. Disini kamu bisa mendesain rumah secara 3D menggunakan item-item yang tersedia di aplikasi, kemudian kamu bisa juga mencetaknya.

6 dari 8 halaman

Room Creator Interior Design

Room Creator Interior Design © Diadona

Aplikasi desain rumah gratis selanjutnya yaitu Room Creator Interior Design. Disini kamu bisa memulai desain rumah dari nol, mulai dari tata letak rumah kamu. Kemudian, kamu bisa menambahkan ruangan-ruangan, seperti kamar mandi, kamar tidur, dapur, garasi, dan lain sebagainya.

Dream Plan

Aplikasi desain rumah gratis untuk PC yang bisa kamu jadikan alternatif adalah Dream Plan. Dilansir dari Microsoft, aplikasi ini membuat desain rumah menjadi lebih mudah dan asik. Beberapa fitur pada aplikasi ini, mulai dari template, blueprint, furniture, serta masih banyak item-item lainnya.

7 dari 8 halaman

Design Home: Real Home Decor

Design Home: Real Home Decor © Diadona

Sama seperti yang lainnya, aplikasi ini memungkinkan kamu untuk melakukan desain berbagai macam rumah sesuai kebutuhan kamu. Aplikasi desain rumah gratis ini menawarkan berbagai brand kelas high-end yang bisa melengkapi desain rumah kamu. 

Magicplan

Rekomendasi aplikasi desain rumah gratis lainnya yaitu Magicplan. Aplikasi ini cocok banget buat kamu yang ingin mendesain rumah sekaligus mengatur budget yang dibutuhkan untuk membangun rumah kamu. Di aplikasi ini, kamu juga bisa menintegrasikan desain menjadi satu dan mendownloadnnya dalam format file PDF, XLS, ataupun SVG.

8 dari 8 halaman

Sweet Home 3D

Sweet Home 3D © Diadona

Sweet Home 3D merupakan aplikasi desain rumah gratis lainnya yang bisa kamu jadikan alternatif. Kamu bisa mengakses aplikasi ini dengan melakukan registrasi terlebih dahulu. Salah satu fitur menarik dari Sweet Home 3D yaitu katalog perabot yang bisa kamu pilih sesuai nama.

Kitchen Planner 3D

Aplikasi desain rumah gratis terakhir yang bisa kamu gunakan yaitu Kitchen Planner 3D. Aplikasi ini dibuat khusus untuk mendesain dapur kamu. Desain yang dihasilkan di aplikasi ini adalah 3D, kamu bisa menentukan warna dan perabotan sesuai selera kamu.

Demikian 16 aplikasi desain rumah gratis yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan apabila kamu ingin mendesain rumah atau hanya sekedar mencari inspirasi saja. Semoga bermanfaat ya, Diazens!

Penulis: Starky

Beri Komentar