Google Workspace: Penjelasan, Macam Produk, dan Biaya Langganan

Reporter : Arif Mashudi
Senin, 6 November 2023 13:27
Google Workspace: Penjelasan, Macam Produk, dan Biaya Langganan
Layanan segudang manfaat, ini dia Google Workspace!

Sebagai salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Google punya banyak sekali layanan dan alat yang sangat canggih. Salah satu layanan Google yang bisa membantu bisnis atau pekerjaan profesional yaitu Google Workspace. Platform yang sebelumnya bernama G Suite memfasilitasi pekerjaan lebih cerdas, lancar, dan produktif.

Google Workspace punya banyak sekali manfaat. Namun, sebagian orang masih belum familiar dengan apa itu Google Workspace dan apa saja isi di dalamnya. Untuk itu, berikut adalah ulasan lengkap terkait segala hal yang perlu kamu tahu tentang Google Workspace. Simak ya!

1 dari 6 halaman

Apa Itu Google Workspace?

Google Workspace © Diadona

Google Workspace merupakan salah satu platform layanan Google yang bertujuan untuk membantu produktivitas pekerjaan para penggunanya. Google menjelaskan bahwa layanan ini adalah integrasi dari segala hal yang diperlukan untuk menyelesaikan sesuatu. 

Dilansir dari laman Google, Google Workspace mencakup semua aplikasi produktivitas yang kamu kenal, misalnya Gmail, Calendar, Docs, Spreadsheet, Slide, Meet, dan lain sebagainya. Layanan ini berbasis jaringan cloud, sehingga kamu bisa menyimpan segala data pekerjaan kamu dan berbagi atau berkolaborasi dengan rekan atau orang lain.

Google Workspace ini sering digunakan untuk keperluan bisnis dan profesional, misalnya perusahaan, organisasi, bahkan sekolah. Dengan ini kamu bisa melakukan pekerjaan, berbagi file, atau bekerja sama hanya dengan satu platform. 

Karena menggunakan layanan cloud, Google Workspace bisa menyimpan seluruh data secara digital, serta dapat membagikan data atau file dengan cepat. Jadi, kamu nggak akan kesulitan atau ribet dalam urusan berbagi dan menyimpan data.

2 dari 6 halaman

Produk Google Workspace

Google Workspace © Diadona

Google Workspace menawarkan berbagai produk dan layanan yang memenuhi banyak kebutuhan pengguna. Berikut beberapa aplikasi atau produk yang paling sering digunakan oleh orang di seluruh dunia:

Google Mail (Gmail)

Dilansir dari TechTarget, Gmail merupakan layanan email berbasis web gratis yang memberi pengguna penyimpanan sebesar 15 GB. Aplikasi ini sudah sangat populer sebagai platform email untuk keperluan pribadi maupun profesional. Punya tampilan yang sederhana, Gmail sangat nyaman digunakan untuk bertukar pesan elektronik.

Google Drive

Drive adalah layanan penyimpanan cloud yang memungkinkan kamu untuk menyimpan dan mengakses file dari manapun dengan perangkat apapun. Dilansir dari Google, Drive memberikan akses terenkripsi dan aman ke file kamu sehingga terhindar dari malware berbahaya. Layanan ini juga terintegrasi dengan Docs, Spreadsheet, dan Slides.

3 dari 6 halaman

Google Spreadsheet

Layaknya Excel, Spreadsheet adalah aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengatur dan mempresentasikan data dalam tabel. Google Spreadsheet cenderung lebih mudah digunakan dibanding Excel karena punya fitur tombol yang bisa diklik.

Google Docs

Kalau Microsoft punya Word, Google Workspace punya Docs. Fungsinya sama, yaitu untuk membuat dokumen atau file tertulis tertentu. Spesialnya Docs adalah fitur sharing, dimana kamu dan orang lain bisa berinteraksi secara real-time, melalui chat, komen, atau sugesti. 

Google Slides

Slides adalah layanan Google Workspace yang memungkinan kamu untuk membuat presentasi menarik dengan sangat mudah. Kalau kamu mau buat slide bareng temen-temen, kamu bisa berbagi dan melakukan edit secara real-time.

4 dari 6 halaman

Cara Mengganti Nama di Google Meet © Diadona

Google Meet

Meet memfasilitasi pertemuan online atau rapat virtual melalui layanan video conference yang sangat canggih. Google Meet adalah layanan yang bisa kamu akses dengan mudah dan gratis. Dengan ini, kamu bisa terus terhubung dengan orang lain atau tim kamu melalui Google Meet.

Google Forms

Berdasarkan laman Google Support, Google Forms memungkinkan kamu untuk membuat survei atau kuis langsung dari browser perangkat kamu (tidak perlu perangkat khusus). Google Forms biasanya digunakan untuk pendaftaran event, polling pendapat, kuis, hingga keperluan pengumpulan data riset.

Google Sites

Salah satu layanan sangat canggih dari Google Workspace yaitu Google Sites. Dengan layanan ini, kamu bisa membuat website sendiri tanpa perlu kodingan yang begitu memusingkan. Sites dirancang untuk memamerkan dan mengoptimalkan pekerjaan kamu agar terlihat bagi di desktop, tablet, maupun smartphone.

Itu dia beberapa produk Google Workspace yang canggih dan sering digunakan oleh banyak orang. Selain list di atas, ada berbagai produk layanan lain, seperti Google Chat, Google Calendar, Google Keep, Jamboard, Apps Script, Cloud Search, dan sebagainya.

5 dari 6 halaman

Harga Langganan Google Workspace

Google Workspace © Diadona

Sebagai sebuah layanan teknologi, Google Workspace menawarkan berbagai paket berlangganan kalau kamu ingin mengakses fitur-fitur lebih di produk Google Workspace. Harganya pun bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Dilansir dari laman Google, berikut list harga paket berlangganan beserta benefit yang masing-masing paket:

  1. Business Starter. Dengan harga mulai $3.60 USD perbulan, kamu bisa berlangganan paket Google Workspace dan mengakses produk di dalamnya. Benefit paket ini adalah kustomisasi email bisnis, 100 partisipan video meeting, serta 30GB ruang penyimpanan cloud.

  2. Business Standard. Paket ini berharga mulai $8.40 USD perbulannya. Kamu akan mendapatkan fasilitas 150 partisipan untuk video meeting dan 2 TB ruang penyimpanan cloud.

  3. Business Plus. Harga paket  dimulai dari $18 USD dan kamu akan mendapatkan fasilitas yang sangat besar. Mulai dari 500 partisipan video meeting, ruang penyimpanan cloud sebesar 5 TB, serta fitur-fitur lainnya.

 

6 dari 6 halaman

Sekian dulu ulasan terkait Google Workspace yang sangat canggih dan bermanfaat. Mulai dari pengertian, apa saja produknya, serta biaya berlangganan. Semuanya dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan masing-masing ya.

Pada intinya, Google Workspace adalah layanan Google yang punya banyak sekali manfaat. Layanan ini membantu pekerjaan manusia secara profesional dan memfasilitasi kolaborasi tim yang maksimal

Penulis: Starky

Beri Komentar