Kesel dengan Grup Random? Ini Cara Mudah Agar Tidak Dimasukkan Grup WA

Reporter : Arif Mashudi
Senin, 13 November 2023 15:24
Kesel dengan Grup Random? Ini Cara Mudah Agar Tidak Dimasukkan Grup WA
Kesel tiba-tiba masuk grup random? Ada cara agar tidak dimasukkan grup WA kok!

Fitur chat grup whatsapp merupakan hal yang memudahkan orang untuk berkomunikasi dengan banyak orang sekaligus. Walaupun bermanfaat, kadang kita diinvite ke grup random yang tidak diinginkan. Tenang aja, karena ada cara agar tidak dimasukkan grup WA sembarangan. 

Beberapa orang menggunakan WA untuk keperluan bisnis, sehingga chat grup WA sangat penting untuk berkoordinasi. Untuk itu, sedikit menjengkelkan kalau ada orang tiba-tiba memasukkan kita ke grup sembarangan. Sebagian juga sebenarnya nggak mau WA mereka terlalu banyak grup.

Nah, berikut adalah ulasan bagaimana cara agar tidak dimasukkan grup WA oleh orang lain. Simak ya, Diazens!

1 dari 6 halaman

Alasan Orang Tidak Ingin Masuk Grup WA

Update Baru WhatsApp © Diadona

Sebelum lanjut ke cara agar tidak dimasukkan grup WA, ada berbagai alasan mengapa orang nggak mau diinvite ke grup WA. Hal ini mungkin jadi alasan kamu atau bisa kamu pertimbangkan jika ingin mengundang orang lain ke grup WA tanpa izin.

  1. Kenyamanan Privasi. Sebagian orang menganggap nomor WA adalah hal yang begitu pribadi. Sehingga, mereka sedikit kurang nyaman apabila diinvite ke grup WA sembarangan atau tanpa izin. 

  2. Tidak Suka Banyak Grup WA. Bagi orang-orang yang menggunakan WA hanya untuk personal mungkin kurang suka kalau WA mereka penuh dengan grup. Hal ini karena kadang spam yang mengganggu atau pengen WA lebih tenang.

  3. Whatsapp Untuk Kerja. Orang yang pakai WA untuk keperluan pekerjaan akan cukup terganggu apabila diinvite ke grup random yang nggak relevan dengan kerjaan mereka.

  4. HP Jadi Cepat Panas. WA yang kebanyakan grup cenderung membuat HP lebih cepat panas karena pesan grup yang masuk terus-menerus, ini bisa mengganggu bagi beberapa orang.

 

2 dari 6 halaman

Cara Agar Tidak Dimasukkan Grup WA di Android

whatsapp dark mode © Diadona

Setelah mengetahui beberapa alasan mengapa orang nggak ingin diinvite ke grup WA, berikut adalah bagaimana cara agar tidak dimasukkan grup WA. Buat pengguna Android, kamu bisa mengatur settingan privasi grup melalui menu pengaturan.

Dilansir dari web Whatsapp, berikut cara agar tidak dimasukkan grup WA bagi pengguna Android:

  • Pertama, buka aplikasi WA di HP kamu.

  • Kedua, pada layar utama Whatsapp, klik tombol ikon titik tiga yang ada di pojok kanan atas layar.

  • Ketiga, buka menu settings / pengaturan.

  • Keempat, pada menu settings, klik opsi menu privacy / privasi.

  • Kelima, lakukan sedikit scroll ke bawah sampai menemukan opsi menu ‘Groups’ atau ‘Grup’. Klik untuk membuka menu tersebut.

  • Terakhir, tinggal atur preferensi privasi grup yang kamu inginkan. Terdapat tiga pilihan, yaitu Semua Orang, Kontak Saya, dan Kontak Saya dengan Pengecualian.

 

3 dari 6 halaman

Cara Agar Tidak Dimasukkan Grup WA di iPhone

Ilustrasi WhatsApp © Diadona

Selain Android, pengguna iPhone juga bisa mengatur preferensi privasi grup sebagai cara agar tidak dimasukkan grup WA dengan sembarangan. Caranya sebenarnya hampir mirip dan mudah juga untuk kamu lakukan. 

Dilansir dari web Whatsapp, berikut cara agar tidak dimasukkan grup WA di IPhone:

  • Pertama, jalankan aplikasi WA di iPhone kamu.

  • Kedua, klik menu pengaturan yang ada di pojok kanan bawah layar whatsapp kamu.

  • Ketiga, buka menu settings / pengaturan.

  • Keempat, pada menu settings, klik opsi menu privacy / privasi.

  • Kelima, lakukan sedikit scroll ke bawah sampai menemukan opsi menu ‘Groups’ atau ‘Grup’. Klik untuk membuka menu tersebut.

  • Terakhir, atur preferensi privasi grup yang kamu pengen terapkan. Terdapat tiga pilihan, yaitu Semua Orang, Kontak Saya, dan Kontak Saya dengan Pengecualian.

 

4 dari 6 halaman

Penjelasan Preferensi Privasi Grup WA

Cara Mengetahui Whatsapp Diblokir © Diadona

Whatsapp sendiri menyediakan tiga pilihan preferensi privasi grup yang bisa kamu pilih sesuai keinginan. Tiga pilihan tersebut, yakni Semua orang, Kontak Saya, dan Kontak Saya kecuali. 

Lalu, apa arti dari ketiga preferensi ini? Berikut adalah penjelasannya dilansir dari website resmi Whatsapp:

  1. Everyone / Semua Orang

Pada preferensi ini, artinya semua orang bisa mengundang kamu ke grup WA tanpa harus melalui persetujuan kamu. Semua orang ini mencakup nomor-nomor yang ada di kontak kamu maupun tidak. 

  1. My Contacts / Kontak Saya

Di preferensi ini, orang-orang yang bisa mengundang kamu ke grup WA tanpa izin adalah nomor yang ada di daftar kontak kamu. Orang lain yang menyimpan nomor kamu namun kamu tidak menyimpannya, nggak bakal bisa mengundang kamu secara sembarangan.

Karena itu, admin grup perlu untuk mengirim undangan pribadi melalui pesan WA agar kamu dapat menerima undangan tersebut. 

  1. My Contacts except … / Kontak Saya kecuali …

Preferensi ini mirip dengan yang kedua, namun disini kamu bisa mengatur siapa kontak yang kamu kecualikan untuk tidak dapat mengundang kamu ke grup WA sembarangan. 

5 dari 6 halaman

Berapa Lama Link Undangan Grup WA Berlaku?

Ilustrasi WhatsApp © Diadona

Setelah mengetahui cara agar tidak dimasukkan ke grup WA, beberapa dari kamu mungkin memilih preferensi privasi grup khusus Kontak Saya, atau Kontak Saya dan pengecualian. Nah, agar kamu bisa masuk ke sebuah grup, admin perlu mengundang kamu secara pribadi.

Biasanya, admin grup bisa mengirimkan link undangan grup melalui chat pribadi yang bisa kamu klik jika setuju untuk bergabung. Sayangnya, link undangan ini nggak bakal berlaku selamanya loh Diazens. Dilansir dari Whatsapp Blog, link undangan grup WA hanya berlaku selama 3 hari atau 72 jam, kemudian link tersebut tidak akan bisa digunakan kembali. 

Tapi tenang aja, ini bukan berarti kamu nggak bisa join grup tersebut ya. Admin grup bisa membuat link undangan yang baru lalu mengirimkannya kembali ke chat untuk kamu klik dan bergabung. 

Beri Komentar