Nggak Perlu atau Panik, Ini Cara Melihat PIN Shopeepay Ketika Kamu Lupa

Reporter : Arif Mashudi
Senin, 6 November 2023 11:42
Nggak Perlu atau Panik, Ini Cara Melihat PIN Shopeepay Ketika Kamu Lupa
Lupa PIN Shopeepay? Simak cara melihat PIN Shopeepay!

Beberapa orang mungkin langsung panik jika lupa PIN shopeepay mereka. Apalagi kalau sedang ingin melakukan transaksi atau membayar sesuatu. Untuk itu, cara melihat PIN shopeepay cukup dibutuhkan khususnya bagi para pelupa.

Shopeepay adalah salah satu dompet digital terkenal yang dibuat oleh Shopee. Dilansir dari laman web Shopee, Shopeepay bisa digunakan untuk membayar barang, melakukan transaksi, ataupun mentransfer uang ke orang lain. Nah, akun Shopeepay dikunci menggunakan PIN yang terdiri dari 6 angka untuk menjaga keamanannya.

Sebenarnya, Shopee tidak menyediakan fitur atau cara melihat PIN Shopeepay secara langsung. Hal ini mungkin karena PIN bersifat sangat rahasia, sehingga menghindari terjadinya hal-hal yang tidak kamu inginkan. 

Namun, kalau kamu lupa PIN Shopeepay, solusi yang bisa kamu tempuh adalah mengubah PIN. Dengan ini, kamu bisa melihat atau mengetahui PIN Shopeepay kamu setelah diubah. Berikut ulasannya!

1 dari 6 halaman

Cara Melihat PIN Shopeepay Dengan Lupa PIN

Cara Melihat PIN Shopeepay © Diadona

Cara melihat PIN Shopeepay pertama adalah dengan menggunakan fitur lupa PIN. Yes, kamu nggak salah baca, karena untuk bisa mengetahui PIN, kamu hanya bisa lupa PIN atau menggantinya.

Berikut langkah-langkahnya!

  • Langkah pertama, buka aplikasi Shopee di HP kamu. Kamu bisa menggunakan HP Android maupun iPhone dengan cara ini.

  • Kemudian, pada menu utama Shopee, klik menu Shopeepay memiliki ikon dompet. Menu ini terletak di samping menu koin Shopee.

  • Setelah itu, klik ikon gerigi untuk membuat menu pengaturan Shopeepay.

  • Lalu, kamu akan melihat opsi menu ‘PIN & Autentikasi Biometrik’ atau ‘PIN & Biometric Authenticacy’. Klik opsi menu tersebut.

  • Selanjutnya, klik menu Lupa PIN

  • Setelah itu, kamu akan menerima kode OTP yang dikirimkan pihak Shopee melalui SMS. Klik Lanjutkan untuk mengonfirmasi.

  • Kemudian, masukkan kode OTS yang kamu terima ke kolom yang sudah disediakan Shopee. Lalu, klik lanjutkan.

  • Jika sudah, kamu tinggal memasukkan PIN Shopeepay yang baru. Kemudian, lanjutkan proses hingga selesai.

  • Dengan ini, maka kamu berhasil mengganti PIN dan bisa melihat atau mengetahui PIN Shopeepay kamu kembali.

 

2 dari 6 halaman

Cara Melihat PIN Shopeepay Dengan Mengubahnya

Cara Melihat PIN Shopeepay © Diadona

Berikut adalah cara melihat PIN Shopeepay kamu dengan mengubahnya. Sekali lagi, tidak ada cara lain untuk bisa tahu PIN shopeepay kamu selain mendapatkan yang baru. Simak langkah-langkahnya!

  • Langkah pertama, buka aplikasi Shopee di HP kamu. Kamu bisa menggunakan HP Android maupun iPhone dengan cara ini.

  • Kemudian, pada menu utama Shopee, klik menu Shopeepay memiliki ikon dompet. Menu ini terletak di samping menu koin Shopee.

  • Setelah itu, klik ikon gerigi untuk membuat menu pengaturan Shopeepay.

  • Lalu, kamu akan melihat opsi menu ‘PIN & Autentikasi Biometrik’ atau ‘PIN & Biometric Authenticacy’. Klik opsi menu tersebut.

  • Selanjutnya, pilih opsi ‘Ubah PIN Shopeepay’ atau ‘Change Shopeepay PIN’.

  • Jika sudah, kamu akan diminta untuk memasukkan PIN Shopeepay kamu yang baru.

  • Setelah itu, kamu akan menerima kode OTP yang dikirimkan pihak Shopee melalui SMS. Masukkan kode tersebut ke kolom yang sudah disediakan untuk mengonfirmasi.

  • Terakhir, klik lanjut untuk menyelesaikan proses pengubahan PIN Shopeepay.

 

3 dari 6 halaman

Cara Mengaktifkan Fitur Fingerprint di Shopeepay

Cara Melihat PIN Shopeepay © Diadona

Kalau kamu orangnya pelupa dan nggak mau ribet, kamu bisa memanfaatkan fitur sidik jari di Shopeepay. Fitur ini memungkinkan kamu untuk menggunakan jari dibanding harus memasukkan PIN setiap kali bertransaksi.

Shopee sendiri melengkapi Shopeepay dengan fitur fingerprint untuk memudahkan penggunanya. Berikut langkah-langkah mengaktifkannya:

  • Langkah pertama, buka aplikasi Shopee di handphone kamu.

  • Kemudian, buka menu Shopeepay yang berikon dompet dari homepage Shopee.

  • Setelah itu, klik ikon gerigi atau menu pengaturan Shopeepay di sisi pojok kanan atas layar Shopee kamu.

  • Lalu, pada menu pengaturan Shopeepay, buka menu PIN & Autentikasi Biometrik. 

  • Selanjutnya, aktifkan tombol Aktivasi Biometrik dengan menggeser toogle ke kanan hingga berwarna hijau.

  • Setelah itu, kamu akan diminta untuk mengonfirmasi PIN Shopeepay kamu.

  • Terakhir, ikuti proses biometrik yang tampil, maka kamu berhasil mengaktifkan fitur sidik jari dan sudah bisa kamu gunakan saat ingin melakukan transaksi.

 

4 dari 6 halaman

Shopeepay Bisa Buat Apa Saja?

Nah, selain cara mengganti atau cara melihat PIN Shopeepay, berikut sedikit ulasan tambahan apa saja yang bisa kamu lakukan dengan Shopeepay. Simak ya, Diazens!

  1. Pembelian Barang Online di Shopee. Kegunaan pertama Shopeepay adalah untuk memudahkan penggunanya membeli barang di Shopee. Kamu cukup top-up saldo ke Shopeepay kamu, maka kamu bisa membayar barang apapun dengan sekali klik.

  2. Pembayaran Barang Offline. Nggak cuma untuk bayar online, Shopeepay adalah dompet digital yang bisa kamu gunakan untuk membayar barang di minimarket atau toko yang menyediakan fitur kode QR.

  3. Transfer Dana. Salah satu fungsi Shopeepay lainnya yaitu melakukan transfer dana baik ke akun Shopeepay lain maupun rekening bank.

 

 

5 dari 6 halaman

Tips Agar Tidak Lupa PIN Shopeepay

Berikut adalah beberapa tips agar kamu tidak sering lupa PIN Shopeepay kamu:

  1. Tulis di notes atau aplikasi catatan handphone kamu. Hal ini berguna apabila ketika kamu lupa, kamu bisa langsung mengecek notes handphone dan melihat PIN Shopeepay kamu.

  2. Gunakan PIN yang mudah untuk diingat. Umumnya orang menggunakan PIN dari tanggal lahirnya, tahun lahir, atau hal-hal personal lain yang mudah untuk diingat.

  3. Pastikan nomor telepon kamu aktif. Ini agar walaupun kamu lupa dengan PIN Shopeepay kamu, kamu bisa memulihkannya dengan nomor telepon yang terkoneksi ke akun Shopee kamu.

Sekian dulu Diazens ulasan terkait cara melihat PIN Shopeepay beserta beberapa hal lain yang masih berkaitan dengan Shopeepay dan PIN Shopeepay. Semoga bermanfaat, have a nice day!

Penulis: Starky

Beri Komentar