Cara Daftar Centang Biru Instagram Beserta Tipsnya, Dijamin Auto Berhasil!

Reporter : Arif Mashudi
Selasa, 31 Oktober 2023 14:42
Cara Daftar Centang Biru Instagram Beserta Tipsnya, Dijamin Auto Berhasil!
Begini cara daftar centang biru Instagram, ternyata gampang banget!

Apabila kamu ingin menunjukkan kredibilitas tertinggi di sosial media, maka kamu perlu melakukan verified akun atau mendapatkan lencana centang biru. Begitu juga dengan Instagram, kamu bisa mengajukan centang biru agar memberikan efek signifikan kepada brand image akun Instagram. Cara daftar centang biru di Instagram cukup mudah dan patut kamu coba.

Centang biru sendiri adalah lencana yang ada di sebelah username kamu, yang biasanya dimiliki oleh publik figur atau akun-akun resmi tertentu. Walaupun cara daftar centang biru mudah, namun mendapatkan persetujuan verified dari Instagram sangat sulit. Kamu juga bisa mencoba beberapa tips di bawah agar proses mengajukan lencana centang biru kamu berhasil dan disetujui oleh verifikator Instagram.

Lantas, bagaimana cara daftar centang biru Instagram? Berikut adalah  langkah-langkah paling lengkap untuk mendaftar verifikasi atau centang biru Instagram beserta tips untuk bisa mendapatkan centang biru.

1 dari 6 halaman

Cara Daftar Centang Biru Instagram 

Verified Instagram © Diadona

Cara daftar centang biru di Instagram cukup mudah. Yang perlu kamu persiapkan sebelumnya adalah identitas pengenal resmi pribadi atau bisnis kamu yang akan digunakan untuk proses pengisian form dan kemudian dikirimkan ke verifikator Instagram.

Berikut adalah cara daftar centang biru Instagram:

  • Buka aplikasi Instagram di ponsel kamu.

  • Login dengan menggunakan akun Instagram yang telah terdaftar.

  • Jika sudah berada di halaman utama, klik ikon garis tiga yang ada di kanan atas layar.

  • Kemudian klik menu ‘Settings’.

  • Lalu pilih menu ‘Account’.

  • Scroll ke bawah dan pilih opsi ‘Request verification’.

  • Setelah itu isi form yang diminta mulai dari nama asli kamu, nama kerja atau nama kamu dikenal sebagai, pilih kategori bidang kamu bekerja, dan juga kirimkan foto tanda pengenal resmi. Untuk Instagram pribadi kamu bisa mengirimkan SIM atau paspor, untuk Instagram bisnis kamu bisa mengirimkan dokumen bisnis resmi atau pengajuan pajak.

  • Pastikan semua data yang kamu isi sudah sesuai dan benar, jika sudah kamu bisa langsung klik tombol ‘Send’.

 

2 dari 6 halaman

Siapa Saja yang Bisa Daftar Centang Biru Instagram?

Cara Daftar Centang Biru Instagram © Diadona

Setelah mengetahui cara daftar centang biru Instagram, kamu mungkin bertanya-tanya siapa saja yang bisa daftar centang biru Instagram. Siapapun, brand apapun, dan organisasi apapun bisa serta berhak untuk mendaftar centang biru Instagram, bahkan Instagram pribadi sekarang sudah bisa membayar Meta untuk mendapatkan lencana centang biru. Namun untuk brand dan organisasi kamu perlu mengikuti aturan lama dan tidak bisa membayar Meta untuk mendapatkan centang biru.

Perlu kamu catat bahwa mendapatkan persetujuan centang biru Instagram sebenarnya cukup sulit, kamu tidak bisa mendaftar dan langsung mendapatkan lencana centang biru. Kamu perlu memenuhi beberapa syarat kelayakan agar Instagram menyetujui dan memberikan centang biru ke akun Instagram kamu

Berikut adalah syarat yang harus kamu penuhi untuk mendapatkan centang biru Instagram:

  • Autentik: Akun Instagram kamu harus mewakili orang, brand, atau organisasi yang sesungguhnya, bukan akun palsu atau penggemar.

  • Unik: Akun Instagram kamu harus menjadi satu-satunya akun yang mewakili seseorang atau brand tertentu, meskipun kamu mungkin juga memiliki akun terpisah.

  • Penting: Penting berarti kamu atau brand kamu harus sering dicari, terkenal, dan ditampilkan di sumber berita.

  • Sesuai aturan Instagram: Untuk mendapatkan centang biru Instagram maka kamu harus mengikuti ketentuan penggunaan dan pedoman komunitas Instagram.

  • Akun publik: Agar bisa verified, akun Instagram kamu harus disetel sebagai akun publik sebagai bahan pertimbangan Instagram untuk memberikan lencana centang biru.

  • Lengkap: Lengkap berarti akun Instagram milikmu harus memiliki biodata yang lengkap mulai dari foto profil, bio, dan juga harus sudah pernah memposting sesuatu di akun tersebut. 

 

3 dari 6 halaman

Tips Mendapatkan Centang Biru Instagram

Cara Daftar Centang Biru Instagram © Diadona

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, mendapatkan centang biru Instagram cukup sulit karena Instagram akan mempertimbangkan berbagai aspek. Oleh karena itu, setelah mengetahui cara daftar centang biru Instagram sebaiknya kamu juga mengetahui cara agar bisa mendapatkan centang biru atau verifikasi dari Instagram pada akunmu.

  • Tips pertama yang bisa kamu coba adalah dengan mendapatkan lebih banyak followers asli yang aktif, semakin sering kamu berinteraksi dengan followers dan following maka akan semakin meningkatkan kemungkinan Instagram akan menyetujui pendaftaran centang biru akun Instagrammu. Karena itu sebelum melakukan pendaftaran centang biru Instagram, perbanyak followers asli yang aktif, jangan sekali-kali menggunakan jalan pintas dengan membeli followers karena melanggar pedoman komunitas Instagram.

  • Kemudian tips kedua yaitu pastikan bahwa akun Instagram kamu, brand, atau organisasi menjadi sering dicari di setiap platform. Instagram ingin tahu apakah kamu atau brand dan organisasi kamu cukup relevan dengan melihat apakah orang-orang cukup peduli dengannya. Bukti orang-orang cukup peduli dengan kamu, brand, atau organisasi salah satunya ditunjukkan oleh seberapa banyak orang yang mencari pada setiap platform.

  • Setelah itu tips yang ketiga adalah hapus semua link lintas platform di bio Instagram kamu. Alasan dari kamu perlu menghapus semua link lintas platform di bio Instagram kamu karena Instagram kurang suka jika kamu menyertakan link sosial media kamu yang lain, Instagram menegaskan bahwa akun yang ingin memiliki centang biru tidak boleh memiliki media sosial lain di profil Instagram. Namun kamu tetap bisa menautkan akun Instagram kamu ke Facebook karena sama-sama di bawah naungan perusahaan Meta. 

 

4 dari 6 halaman

  • Lalu tips yang keempat yakni kamu juga bisa membuat bio dan profil yang menarik. Instagram juga sudah mengatakan bahwa kamu perlu melengkapi profil Instagram kamu agar bisa mendapatkan centang biru. Mengoptimalkan bio menjadi semenarik mungkin bisa menjadi salah satu cara yang kamu coba, tidak hanya mengesankan verifikator Instagram namun kamu juga bisa meningkatkan reputasi di akun Instagram kamu. 

  • Kemudian pastikan kamu mengikuti tips kelima ini dengan jangan sekali-kali kamu mencoba untuk membeli verification atau centang biru. Banyak sekali akun yang menawarkan centang biru dengan bayaran, cara itu memang terkesan instan namun akun kamu bisa terkena sanksi yang pada akhirnya akan dibanned oleh Instagram.

  • Lalu kamu juga bisa mencoba tips keenam dengan bekerja sama dengan agensi atau humas. Apabila kamu memiliki budget lebih maka kamu bisa menyewa agensi atau humas untuk membuat branding yang memukau bagi akun Instagram kamu. Agensi dan humas juga bisa mengirimkan permintaan centang biru ke Instagram dengan mengirimkan username Instagram kamu, menggabungkan akun, dan memverifikasi akun melalui portal khusus industri mereka. Cara ini memang tidak terjamin 100%, namun patut kamu pertimbangkan.

  • Selanjutnya lakukan tips ketujuh ini dengan mendaftar centang biru pada saat kamu, brand, atau organisasi sedang hangat dibicarakan. Pada saat kamu mengisi formulir daftar centang biru Instagram, kamu bisa membagikan link kepada Instagram tentang reputasi brand yang menyatakan bahwa akun kamu layak mendapatkan centang biru. Pada saat akun organisasi, brand, atau akun Instagram personal kamu sedang masuk ke portal berita, manfaatkan momentum tersebut dengan daftar centang biru. 

 

5 dari 6 halaman

  • Dan tips terakhir atau tips kedelapan adalah kamu bisa mencoba untuk mendaftar ulang jika permintaanmu ditolak Instagram. Namun perlu kamu ingat bahwa sebaiknya kamu mengirimkan permintaan kembali setelah lebih dari 30 hari. Jika kamu mengirimkan permintaan kurang dari 30 hari dan sebelum permintaan pertama mendapatkan balasan, maka Instagram akan membatalkan kedua permohonan centang biru yang kamu ajukan.

Jadi, itu tadi ya langkah dan tips terlengkap cara daftar centang biru Instagram. Selamat mencoba dan semoga membantu!

Penulis: Clarissa Dhea

Beri Komentar