Apa Itu NFC? Ketahui Juga Fungsi dan Cara Menggunakannya

Reporter : Arif Mashudi
Senin, 30 Oktober 2023 14:02
Apa Itu NFC? Ketahui Juga Fungsi dan Cara Menggunakannya
Masih bingung apa itu NFC dan apa fungsi NFC? Baca sampai habis!

Mungkin kamu pernah dengar istilah NFC atau di HP kamu ada fitur NFC. Sebenarnya apa sih NFC dan apa fungsi NFC? Walaupun sekarang menjadi cukup umum, masih banyak orang ternyata masih nggak tau tentang hal ini.

Banyak sekali pertimbangan orang membeli smartphone, salah satunya adalah fitur NFC. Fitur ini dinilai memiliki banyak kelebihan dan manfaat. Dua diantaranya bisa buat cek saldo dan transaksi cashless.

Kamu mungkin aja menggunakan HP yang udah punya fitur NFC. Sayangnya, sebagian orang nggak menyadari fitur ini. Lalu, fungsi NFC di HP bisa untuk apa sih? Berikut Diadona telah mengulas lengkap segala hal yang perlu kamu ketahui terkait NFC.

1 dari 7 halaman

Apa Itu NFC?

NFC © Diadona

NFC (Near Field Communication) adalah teknologi yang memungkinkan komunikasi dua perangkat jarak pendek. Dilansir dari Samsung, teknologi NFC memungkinkan kamu melakukan transaksi aman, bertukar konten digital, dan menghubungkan perangkat elektronik dengan satu sentuhan. 

NFC dinilai mirip dengan Bluetooth. Bedanya, NFC jauh lebih mudah karena kamu cuma perlu menempelkan dua perangkat untuk menghubungkannya. Jadi, nggak perlu ribet sambungin kabel atau setting yang rumit.

NFC sebenarnya sudah umum digunakan pada sebagian smartphone. Fitur ini banyak disukai orang karena tidak membutuhkan koneksi internet. Ya tapi tetap ada kelemahan Diazens, NFC cuma bisa terhubung dalam jarak dekat kurang dari 4 cm. 

Kalau kamu penasaran apakah HP kamu ada fitur NFC, coba tempel kartu ATM, e-Money, atau kartu kredit di belakang HP. Kalau muncul popup notifikasi NFC, berarti HP kamu punya fitur ini.

2 dari 7 halaman

Fungsi-Fungsi NFC

NFC © Diadona

Nah, kalau udah tau apa itu NFC, berikut penjelasan fungsi-fungsi NFC. Sebagai sebuah fitur canggih, sudah pasti NFC punya banyak kegunaan dan manfaat. 

Fungsi NFC dinilai mampu memudahkan berbagai aktivitas penggunanya. Berikut adalah ulasan berbagai fungsi NFC, beberapa jarang diketahui loh.

Pembayaran & Transaksi Digital

Fungsi NFC yang paling umum yaitu bisa kamu pakai untuk transaksi atau pembayaran tanpa kontak. Kalau kamu tipe orang yang super cashless, fitur NFC bakalan cocok buat kamu.

Untuk membayar pakai NFC, kamu perlu perangkat tambahan kayak m-Banking yang mendukung NFC. Caranya gampang banget, kamu hanya perlu menempelkan HP kamu ke mesin sensor NFC saat ingin membayar.

Layanan-layanan seperti Google Pay, Apple Pay, atau Samsung Pay sudah lebih mengandalkan NFC untuk bertransaksi. Dilansir dari Digital Trends, NFC menawarkan sesuatu yang nggak bisa dilakukan kartu fisik, yaitu keamanan dan privasi yang jauh lebih baik.

3 dari 7 halaman

Mengecek dan Top Up Saldo e-Money

Fungsi NFC selanjutnya yang cukup umum yaitu bisa digunakan untuk mengecek dan mengisi saldo e-Money atau e-Toll. Dengan fitur NFC, kamu nggak perlu lagi ribet topup di ATM atau minimarket. Karena semua bisa langsung dilakukan di HP kamu.

Tentu, untuk melakukan toup kamu butuh aplikasi yang mendukung NFC, seperti Tokopedia, LinkAja, OVO, dan lain sebagainya. Cukup menempelkan kartu e-Money ke belakang HP, lalu lakukan topup melalui aplikasi sesuai nominal yang kamu pengen.

Berbagi File ke Perangkat Lain

NFC juga berfungsi untuk berbagi file foto ataupun video ke perangkat yang dilengkapi NFC. Caranya hanya dengan menempelkan HP kamu ke perangkat dengan NFC, lalu kamu akan otomatis bisa berbagi file yang kamu inginkan. 

Tak hanya foto dan video, perangkat dengan NFC memungkinkan kamu untuk menjalankan aplikasi yang diinstal di HP yang lainnya. Canggih banget ya, Diazens!

4 dari 7 halaman

NFC © Diadona

Digunakan Pada Transportasi Umum

Salah satu fungsi NFC yang jarang diketahui orang adalah NFC sering digunakan pada transportasi umum modern sekarang. Transportasi umum kayak Transjakarta atau KRL menggunakan kartu yang didukung oleh NFC untuk mengontrol akses tiket penumpangnya.

Buka Kunci Smart Door

Nggak cuman buat transaksi, salah satu fungsi NFC yang sangat canggih digunakan untuk membuka kunci smart door, baik di rumah, kantor, atau hotel. Dilansir dari Digital Trends, sudah banyak kampus, perkantoran, atau hotel yang menggunakan kunci berbasis NFC.

Wireless Charging

Fungsi NFC yang baru-baru ini digunakan oleh beberapa smartphone adalah wireless charging. Berbeda dengan menggunakan kabel, wireless charging memungkinkan kamu mengisi daya dengan menempelkan smartphone ke perangkat charger NFC.

Teknologi ini memang belum ada di semua smartphone. Hanya saja, saja mungkin apabila ini menjadi hal yang lumrah kedepannya. 

Bermain Game Interaktif

Buat kamu para gamers akut, mungkin udah nggak asing lagi bahwa beberapa game konsol itu menggunakan fitur NFC saat dimainkan. Game konsol dengan NFC menawarkan pengalaman bermain game yang interaktif dan nggak membosankan.

Nintendo Switch misalnya, memiliki titik sentuh NFC yang memungkinkan kamu untuk mengendalikan konsol game tanpa perlu kabel. Itulah mengapa Nintendo Switch bisa dimainkan dengan berbagai gerakan.

5 dari 7 halaman

Cara Menggunakan NFC di HP

NFC © Diadona

Adapun berbagai cara agar kamu bisa menggunakan NFC di HP kamu untuk berbagai kebutuhan. Pastikan fitur NFC HP kamu sudah menyala, kamu dapat mengaktifkan NFC melalui setting.

Kalau kamu pengen mengecek saldo e-Money dengan NFC, kamu hanya perlu menempelkan kartu e-Money kamu ke belakang HP kamu. Jika, sudah maka akan muncul pop-up pilihan aplikasi yang bisa kamu gunain untuk mengecek saldo. Pilih satu salah aplikasi, maka otomatis saldo kamu akan ditampilkan.

6 dari 7 halaman

Kemudian, kalau kamu pengen membayar menggunakan NFC, baik pakai kartu atau HP, caranya sama yaitu dengan menempelkan kartu atau HP kamu ke perangkat NFC. Hal ini akan membuat fitur NFC akan mendeteksi dan mengirimkan nominal pembayaran yang perlu dibayarkan. Jika sudah, lakukan konfirmasi pembayaran dan tunggu proses hingga selesai.

Pada dasarnya, menggunakan NFC pasti dengan cara menempelkan atau mendekatkan HP kamu ke perangkat NFC lain. 

Sekian dulu Diazens, ulasan terkait apa itu NFC, fungsi NFC, dan cara menggunakan NFC di smartphone kamu. Fitur ini beneran canggih dan aman karena terenkripsi ya. Gimana, tertarik nggak buat pake NFC sehari-hari?

Penulis: Starky

Beri Komentar