Cara Masuk Dark Web Dengan Aman Beserta Risikonya

Reporter : Arif Mashudi
Senin, 25 September 2023 12:16
Cara Masuk Dark Web Dengan Aman Beserta Risikonya
Penasaran gimana cara masuk Dark Web? Ada beberapa hal yang perlu kamu tahu sebelum coba!

Kamu mungkin familiar dengan Dark Web ataupun Deep Web. Website ini memang terkenal dengan hal negatif, ilegal, dan menyeramkan. Namun, ternyata kamu bisa membuka Dark Web loh dengan cara tertentu

Beberapa orang mungkin penasaran dengan apa yang ada di dalam Dark Web. Apakah Dark Web seburuk yang dikatakan orang-orang atau sebenarnya Dark Web hanya berupa situs pada umumnya. Untuk itu, cara masuk Dark Web mungkin menarik bagi sebagian orang.

Kalau kamu termasuk orang-orang yang penasaran akan isi Dark Web, kamu perlu mengetahui beberapa hal penting sebelum mencoba cara masuk Dark Web. Berikut Diadona telah membahas terkait hal tersebut, simak ya!

1 dari 6 halaman

Apa Itu Dark Web © Diadona

Apa Itu Dark Web & Apa Isinya?

Dilansir dari Avast, Dark Web adalah istilah konten internet yang sengaja disembunyikan dan memerlukan perangkat lunak khusus untuk mengaksesnya. Dark Web adalah bagian dari Deep Web, yaitu konten-konten di internet yang tidak diindeks oleh mesin pencarian. Google juga menjelaskan Dark Web adalah bagian dari internet yang di mana orang menyembunyikan identitas diri dan lokasi dari orang lain atau penegak hukum.

Konten yang kita kenal sekarang, misalnya melalui laman pencarian Google, adalah konten-konten yang telah terindeks oleh Google dan layak ditayangkan. Namun, apa yang kita bisa temukan di internet sebenarnya hanya sebagian kecil dari keseluruhan konten yang ada, Heimdal menulis hanya sekitar 4 persen. Itulah mengapa muncul istilah Dark Web atau Deep Web, untuk mengakses konten tertentu yang tidak muncul di laman pencarian biasanya.

Dark Web adalah tempat berkumpulnya hal-hal negatif dan ilegal di internet. Untuk itu, Dark Web hanya bisa diakses dengan perangkat atau sistem khusus yang tidak biasanya digunakan di web biasa. Beberapa sumber menyebut Dark Web adalah tempat perdagangan ilegal, pengedaran narkoba, jual beli senjata api, penjualan informasi pribadi, dan lain sebagainya. 

Dark Web disukai oleh kelompok tertentu karena aspek anonimitasnya. Web ini memang dirancang  untuk anonim dan menjaga kerahasiaan pengaksesnya. Jika tidak disalahgunakan, sebenarnya Dark Web ini hanya berupa web anonim untuk bertukar informasi. 

2 dari 6 halaman

Cara Masuk Dark Web © Diadona

Cara Masuk Dark Web

Setelah mengetahui apa itu Dark Web dan apa saja isinya, selanjutnya adalah bagaimana cara masuk Dark Web? Apabila kamu tertarik, kamu perlu memastikan untuk tetap aman saat berada disana. Mengingat, Dark Web sedikit lebih berbahaya dari website pada umumnya.

Untuk itu, setelah cara masuk Dark Web, pastikan kamu terus membaca terkait risiko dan tips agar kamu tetap aman saat mengaksesnya. Untuk bisa mengakses Dark Web, kamu perlu masuk ke protal .onion menggunakan Tor Browser. Berikut adalah ulasan cara masuk Dark Web:

1. Download VPN dan Hubungan VPN dengan perangkat kamu

Cara masuk Dark Web pertama adalah mempersiapkan VPN terbaik dan paling aman untuk meyembunyikan IP adress kamu agar identitas kamu terlindungi. Dilansir dari Cybernews, ada beberapa VPN terbaik untuk mengakses Dark Web, yaitu NordVPN, Surfshark, IPVanish, ExpressVPN, CyberGhost. 

2. Download dan Install Tor Browser

Tor Browser adalah jaringan yang digunakan dalam cara masuk Dark Web. Tor Browser memungkinkan kamu untuk bisa mengakses portal domain .onion dan melindungi anonimitas juga privasi kamu. 

Untuk melakukan download, kamu bisa mengakses laman resmi Tor Project dan langsung download dari website tersebut. Hindari download dari website lain karena beresiko mengandung malware yang berbahaya bagi perangkat kamu.

 

3 dari 6 halaman

3. Masuk dan Jelajahi Dark Web Menggunakan Tor Browser

Setelah kamu berhasil menginstall Tor Browser, cara masuk Dark Web selanjutnya adalah dengan langsung mengakses domain .onion di browser Tor tersebut. Pastikan VPN kamu telah terkoneksi sebelum kamu mengakses domain .onion agar alamat IP tersembunyi.

Selain itu, saat mengakses Dark Web, kamu perlu sangat berhati-hati karena sebagian besar situs Dark Web tidak diatur. Jadi, hindari melakukan klik pada situs sebelum memastikan keasliannya. Untuk memudahkan kamu mencari situs-situs .onion Dark Web, kamu bisa mendapatkan beberapa list melalui website Hidden Wiki.

 4. Lindungi Data Pribadi dan Identitas Kamu

Saat melakukan browsing di Dark Web, kamu perlu sangat berhati-hati dalam berkomunikasi, berinteraksi, ataupun melakukan transaksi tertentu. Walaupun tidak semuanya, namun Dark Web terkadang penuh akan penipuan. Jadi, gunakan alamat email terenkripsi dan anonim, kemudian lakukan pembayaran dengan cryptocurrency anonim.

Demikian cara masuk Dark Web buat kamu yang mungkin saja penasaran seperti apa isi Dark Web. Namun, mengakses Dark Web bukanlah sesuatu yang direkomendasikan apalagi jika hanya untuk iseng ya, Diazens!

4 dari 6 halaman

Risiko Masuk Dark Web © Diadona

Risiko Masuk Dark Web

Sebelum kamu tertarik untuk mengakses Dark Web, kamu perlu tahu dulu nih kira-kira apa saja risiko mencoba cara masuk Dark Web di atas. Sebagai website yang tidak biasanya, Dark Web memiliki banyak potensi risiko yang mungkin berbahaya bagi kamu.

Mengetahui risiko membuat kamu lebih berhati-hati jika ingin mengakses Dark Web. Berikut adalah ulasannya:

1. Potensi Botnet

Dilansir dari TechTarget, Botnet adalh sekumpulan perangkat yang terhubung ke internet (PC, server, seluler, atau IoT lainnya) yang terinfeksi dan dikendalikan oleh malware. Sebenarnya, Botnet tidak hanya ada di malware karena telah sering digunakan sebelumnya.

Botnet di Dark Web bisa saja digunakan untuk menyebarkan virus, memfasilitasi serangan DDoS, atau melakukan pishing guna mendapat informasi pribadi. Untuk itu, pastikan perangkat yang kamu gunakan sudah aman. 

2. Banyak Penipuan dan Phising

Sebagai situs yang tidak diatur, sangatlah mungkin apabila banyak sekali penipuan dan phising di Dark Web. Anonimitas di Dark Web membuat banyak penjahat siber berusaha untuk melakukan penipuan dan mencuri data orang lain untuk dijual kembali. Itulah mengapa Dark Web memiliki kesan yang begitu buruk.

Untuk itu, jika kamu berpikiran untuk mengakses Dark Web, kamu harus mempertimbangkan potensi penipuan dan phising di Dark Web. Selain itu, jika kamu ingin melakukan transaksi di Dark Web, kamu akan menggunakan cryptocurrency yang juga tidak ada jaminan perlindungan bagi pembeli.

5 dari 6 halaman

3. Terlibat Kejahatan dan Kegiatan Ilegal

Dark Web penuh oleh hal-hal ilegal yang melanggar hukum, seperti pengedaran narkoba, senjata ilegal, penjualan data pribadi, hacker, dan lain sebagainya. Walaupun akses domain Dark Web bersifat anonim, namun tidak menutup kemungkinan identitas kamu bisa dilacak oleh pihak yang berwenang. Mengakses dan juga melibatkan diri dengan aktivitas seperti ini hanya akan membuat kamu berurusan dengan hukum. 

4. Konten Ilegal yang Berdampak Buruk

Mengakses Dark Web akan membuat kamu terpapar pada konten-konten ilegal, misalnya kekerasan, pornografi, kekerasan seksual, bahkan bisa saja lebih parah. Atau mungkin kamu diarahkan ke situs-situs terorisme, pembantaian, pembunuhan, dan sebagainya. Ini secara tidak langsung akan berdampak pada diri kamu, baik secara emosional atau psikologis.

Jadi, sebaiknya kamu menghindari situs-situs seperti ini agar tidak terpapar konten yang relatif merusak.  Jangan sampai karena iseng akhirnya berdampak buruk di diri kamu

Penulis: Starky

Beri Komentar