Cara Menyalakan Keyboard Laptop Semua Tipe, Lengkap dan Paling Mudah

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Jumat, 15 September 2023 12:54
Cara Menyalakan Keyboard Laptop Semua Tipe, Lengkap dan Paling Mudah
Cara menyalakan keyboard laptop Windows dan MacBook, ternyata sangat mudah dan nggak ribet!

Fitur-fitur pada Laptop terus dikembangkan setiap tahunnya untuk memudahkan pengguna dalam mengoperasikannya. Pada saat ini, beberapa jenis laptop sudah dilengkapi dengan fitur backlit atau lampu pada keyboard.

Tidak semua laptop dilengkapi dengan fitur backlit keyboard. Kamu bisa mengecek terlebih dahulu apakah keyboard laptop kamu adalah keyboard laptop backlit atau tidak.

Jadi, backlit keyboard menjadi salah satu daya tarik laptop itu sendiri, karena laptop yang dilengkapi dengan fitur ini akan terkesan lebih keren. Selain memperbagus penampilan laptop, backlit keyboard akan berfungsi untuk menambah penerangan pada keyboard di tempat yang minim cahaya sehingga dapat mempermudah kita dalam mengetik.

Namun, masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara menyalakan keyboard laptop. Padahal, caranya mudah banget loh. Tapi perlu diingat bahwa cara menyalakan tiap keyboard laptop berbeda tergantung dengan tipe dan merek perangkat kamu. Berikut Diadona rangkum cara menyalakan keyboard laptop Windows dan MacBook.

1 dari 6 halaman

Cara Menyalakan Keyboard Laptop Asus

Cara Menyalakan Keyboard Laptop Asus © Diadona

Kombinasi cara menyalakan keyboard laptop Asus berbeda tergantung dengan tipe dan jenis laptop yang kamu gunakan. Kamu bisa mengeceknya pada User Manual dan pilih Hotkeys untuk informasi lebih lanjut.

  • Untuk model Notebook, tombol fungsi backlit adalah tombol F7. Apabila tipe Notebook kamu memiliki fitur backlit keyboard, maka kamu bisa menekan tombol Fn+F7 pada waktu yang bersamaan. Menekan tombol Fn+F7 secara terus-menerus akan meningkatkan kecerahan backlit keyboard dan pada akhirnya menonaktifkan lampu backlit.

  • Untuk model Notebook yang lain, tombol fungsi backlit adalah F3 dan F4. Apabila tipe Notebook kamu memiliki fitur backlit keyboard, maka kamu bisa menekan tombol Fn+F4 pada waktu yang bersamaan. Menekan tombol Fn+F3 secara terus-menerus akan meningkatkan kecerahan backlit keyboard, sedangkan menekan tombol FN+F4 secara terus menerus akan mengurangi kecerahan backlit keyboard dan pada akhirnya menonaktifkan lampu backlit.

  • Untuk Notebook jenis Gaming, umumnya akan berada pada tombol Up and Down. Kamu bisa menekan tombol Fn+Up pada waktu yang bersamaan. Menekan tombol Fn+Up secara terus-menerus akan meningkatkan kecerahan backlit keyboard, sedangkan menekan tombol FN+Down secara terus menerus akan mengurangi kecerahan backlit keyboard dan pada akhirnya menonaktifkan lampu backlit.

 

2 dari 6 halaman

Cara Menyalakan Keyboard Laptop Lenovo

Cara Menyalakan Keyboard Laptop Lenovo © Diadona

Sama seperti merek Laptop yang lain, cara menyalakan keyboard pada laptop Lenovo juga berbeda tergantung dengan tipe dan model laptop. Di bawah ini akan Diadona jelaskan cara menyalakan laptop Lenovo IdeaPad, ThinkPad, dan ThinkLight.

Berikut adalah cara untuk menyalakan keyboard Lenovo IdeaPad dan ThinkPad:

  • Biasanya pada sebagian besar laptop Lenovo akan dilengkapi dengan tombol backlit pada Spacebar di keyboard atas.

  • Tekan tombol Function key atau Fn dan tombol backlit pada Spacebar secara bersamaan.

  • Tingkat kecerahan bisa kamu atur dengan menekan tombol Fn dan tombol backlit pada spacebar secara bersamaan dan terus menerus. Apabila kamu tekan secara terus menerus hingga tingkat tertinggi maka dapat menonaktifkan lampu backlit.

Biasanya, pengguna Lenovo ThinkLight akan berpikir bahwa tidak ada lampu backlight pada laptop mereka karena merupakan laptop keluaran lama. Namun pada beberapa laptop, terdapat shortcut untuk menyalakan keyboard laptop.

Berikut adalah cara untuk menyalakan keyboard Lenovo IdeaPad dan ThinkLight:

  • Cari tombol backlit yang biasanya berada di Page Up atau bisa juga disingkat menjadi PgUp.

  • Tekan tombol Function key atau Fn dan tombol Page Up secara bersamaan.

  • Untuk mematikan lampu backlit, kamu bisa menekan tombol Fn dan Page Up secara bersamaan dan terus menerus.

 

3 dari 6 halaman

Cara Menyalakan Keyboard Laptop Acer

Cara Menyalakan Keyboard Laptop Acer © Diadona

Cara menyalakan keyboard laptop Acer kurang lebih sama dengan merek laptop lainnya. Kamu bisa menyalakannya dengan menggunakan kombinasi tombol pada keyboard.

Di laptop Acer, kombinasi keyboard yang digunakan untuk menyalakan lampu backlit adalah Fn+F9. Kamu bisa menekan tombol Fn+F9 secara bersamaan dan lampu backlit akan menyala.

Namun, tidak semua model laptop Acer memiliki fitur keyboard backlit ini. Untuk mengetahui apakah laptop kamu memiliki fitur keyboard backlit kamu bisa mengeceknya di keyboard, cari tombol dengan simbol A yang menyala. Namun apabila simbol tersebut tidak tertera pada tombol di keyboard kamu, kamu bisa mencoba dengan menggunakan kombinasi Fn+F9 (F8, F10, F11) tergantung dengan model untuk menyalakan lampu backlit laptop masing-masing.

4 dari 6 halaman

Cara Menyalakan Keyboard Laptop Dell

Cara Menyalakan Keyboard Laptop Dell © Diadona

Cara untuk menyalakan keyboard di laptop Dell juga berbeda tergantung dengan model dan tipe laptop. Untuk dengan mudah menentukan apakah laptop Dell kamu memiliki fitur backlit keyboard adalah dengan menekan tombol F10, F6, dan tombol panah ke kanan pada keyboard. Apabila laptop kamu tidak memiliki ikon iluminasi yang tercetak di atasnya, maka laptop kamu tidak dilengkapi dengan fitur backlit keyboard.

Berikut adalah kombinasi cara untuk menyalakan keyboard laptop Dell:

  • Tekan tombol F10. Apabila setelah menekan tombol F10 masih tidak menyala, kamu bisa mencoba menekan tombol Fn kemudian Esc dan coba lagi.

  • Tekan tombol Fn+F6 secara bersamaan.

  • Tekan tombol Fn+F5 secara bersamaan.

  • Tekan tombol Fn+tombol panah ke kanan yang berada di bawah kanan keyboard secara bersamaan.

 

5 dari 6 halaman

Cara Menyalakan Keyboard MacBook

Cara Menyalakan Keyboard MacBook © Diadona

Cara menyalakan keyboard Macbook sangat mudah. Kamu bisa langsung menyalakannya dengan menggunakan keyboard yang tertera ikon matahari, biasanya terdapat di tombol F1 dan F2 atau di tombol F5 dan F6. Kamu juga bisa mengatur kecerahan lampu backlit dengan menggunakan tombol-tombol tersebut.

Untuk menyalakan keyboard backlit secara manual, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Klik Apple Menu yang berada di ujung kiri atas layar.

  • Pilih menu System Settings.

  • Klik menu Keyboard.

  • Pada bagian kanan, kamu bisa menggeser ‘Kecerahan Keyboard’ untuk mengatur tingkat kecerahan. Geser hingga ke ujung kiri untuk menonaktifkan backlit keyboard.

Apabila MacBook kamu memiliki Touch Bar, kamu bisa meluaskan Control Strip lalu menekan tombol untuk menaikkan kecerahan atau menurunkan kecerahan. Untuk mematikan lampu backlit keyboard kamu bisa menekan secara terus menerus tombol untuk menurunkan kecerahan.

Jadi, itu tadi ya cara menyalakan keyboard laptop dengan simple dan nggak pakai ribet yang bisa kamu terapkan di laptop Windows dan MacBook. So, selamat mencoba!

Penulis: Clarissa Dhea

Beri Komentar