5 Tips Sederhana Supaya Smartphone Punya Koneksi Internet yang Stabil

Reporter : Arif Mashudi
Jumat, 1 Januari 2021 09:00
5 Tips Sederhana Supaya Smartphone Punya Koneksi Internet yang Stabil
Bisa dicoba ini~

Koneksi atau jaringan internet yang stabil adalah idaman hampir semua pengguna smartphone saat ini. Pasalnya berbagai kebutuhan smartphone hampir selalu membutuhkan koneksi yang stabil.

Tapi kamu tahu tidak, internet yang stabil itu nggak melulu tentang operator seluler yang kita gunakan. Tapi ada juga faktor dari smartphone itu sendiri yang mempengaruhi stabilitas koneksi internet.

Lalu bagaimana cara untuk medapatkan koneksi internet yang stabil? Simak tips-tips di bawah ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 6 halaman

1. Hapus Cache Aplikasi

Ilustrasi Smartphone © Diadona

Semua aplikasi yang terinstal di smartphone kita secara tak langsung akan menghasilkan " cache" yang dapat memakan memori sistem operasi lho. Selain itu, cache juga menghabiskan data internet secara perlahan.

Ini bisa menjadi faktor koneksi internet tidak berjalan dengan lancar. Karena itu, coba hapus cache aplikasi-aplikasimu. Caranya mudah, pilih Settings lalu ke Applications. Pilih aplikasi yang ingin kamu hapus cache-nya dan tap pilihan Clear Cache.

2 dari 6 halaman

2. Nonaktifkan Update Aplikasi

Ilustrasi Smartphone © Diadona

Aplikasi yang bermasalah biasanya kerap menjadi penyebab tidak stabilnya koneksi internet. Oleh karena itu, kamu bisa me-nonaktifkan penggunaan aplikasi yang tidak pernah kamu gunakan dan tentu saja memberatkan kinerja smartphone.

Atau bisa juga jika aplikasi tersebut menjadi aplikasi yang sering kamu gunakan, kamu bisa memperbaruinya ke versi terbaru yang pastinya sudah mendapat permbaruan dari penyedia aplikasi.

3 dari 6 halaman

3. Nonaktifkan Tethering

Ilustrasi Smartphone © Diadona

Tethering ini secara tidak langsung menjadikan smartphone kita sebagai pemancar sinyak untuk smartphone lain. Dengan kata lain, jaringan internet smartphone kita harus terbagi.

Jadi, ketika kita menghidupkan tethering di smartphone kita, tentu saja kita harus siap-siap untuk berbagi bandwidth bersama perangkat lainnya. Untuk menyetabilkan jaringan internet, kita harus menonaktifkan fitur tethering sehingga jaringan internet tetap fokus pada smartphone kita.

4 dari 6 halaman

4. Pindah Lokasi

Ilustrasi Smartphone Diangkat Tinggi-tinggi © Diadona

Meskipun sering dianggap nggak masuk akal, nyatanya berada di lokasi yang tertutup membuat smartphone kita sulit mendapatkan konesi yang stabil loh. Misal, kita berada di dalam gedung pasti koneksi kita terhalang banyak hambatan.

Jadi untuk koneksi lebih stabil, kita bisa berpindah ke tempat yang lebih terbuka dan tidak banyak hambatan sinyal guys. Tentu saja agar koneksi di smartphone kita berjalan dengan stabil.

5 dari 6 halaman

5. Lakukan Restart

Ilustrasi Smartphone © Diadona

Melakukan restart adalah salah satu cara ampuh ketika semua sistem operasi mengalami kendala. Bisa jadi koneksi tidak stabil di smartphone kita disebabkan oleh hal yang tidak kita ketahui.

Dengan melakukan restart, sistem akan kembali bekerja dalam kondisi 'bersih' dari aplikasi yang membuat sistem overload.

Anyway, selamat mencoba ya!

Beri Komentar