Hati-Hati, 6 Kesalahan Saat Pake Powerbank Ini Bisa Bikin Handphone Rusak

Reporter : Yoyok
Selasa, 22 Desember 2020 16:50
Hati-Hati, 6 Kesalahan Saat Pake Powerbank Ini Bisa Bikin Handphone Rusak
Atau bisa jadi, handphone rusak kamu sekarang ini gara-gara powerbank

Handphone sudah menjadi kebutuhan sekunder yang wajib dimiliki semua orang. Selain untuk komunikasi, handphone juga bisa digunakan untuk bekerja maupun pesan makanan dan belanja online.

Karena handphone merupakan sebuah gadget dan barang elektronik, pastinya juga memiliki baterai. Karena kalau tidak ada baterai, handphone tidak akan bisa hidup.

Buat kalian yang gak bisa lepas dari handphone, pastinya kalian membutuhkan sebuah powerbank yang bisa dibawa kemana saja. Dengan powerbank ini, kamu tidak perlu khawatir jika handphone kamu kehabisan daya karena bakal bisa lkangsung kamu charge dengan powerbank.

Namun kamu juga harus hati-hati, penggunaan powerbank yang salah bisa bikin handphone kamu rusak lho gaes. Gak percaya? Berikut ini adalah enam kesalahan yang bakal bikin handphone rusak saat menggunakan powerbank.

1 dari 7 halaman

Menggunakan Output Powerbank yang Salah

Dalam menggunakan powerbank, perhatikan output yang akan kamu gunakan. Output yang kamu gunakan harus benar-benar sesuai dengan handphone yang kamu gunakan.

Maka dari itu, sebaiknya gunakan powerbank keluaran vendor yang sama dengan handphone kamu. Karena dengan begitu, powerbank dan handphone kamu akan lebih cocok.

2 dari 7 halaman

Menggunakan Handphone Saat di-Charge dengan Powerbank

Cara Membuat Power Bank © Diadona

Kesalahan yang kedua ini dapat berakibat buruk terhadap handphone maupun powerbank kamu. Selain itu, waktu pengisian daya juga akan lebih lama karena kamu juga sedang menggunakan handphone.

Tentu saja hal ini sangat tidak efektif karena mengakibaatkan kinerja powerbank jadi tidak maksimal.

3 dari 7 halaman

Memakai Kabel Konektor Abal-abal

Saat kamu membeli powerbank, biasanya kamu mendapatkan kabel konektor atau kabel USB. Cek dulu kabel tersebut apakah cocok dengan handphone kamu.

Kesalahaan penggunaan kabel konektor powerbank bisa berakibat fatal terhadap handphone kamu lho. Jika kamu ragu dengan kabel asli powerbank, kamu bisa menggunakan kabel charging handphone kamu yang tentu saja original.

4 dari 7 halaman

Powerbank Murah

Cara Membuat Power Bank © Diadona

Semakin kesini, tentunya semakin banyak powerbank dengan harga murah bertebaran di pasaran. Banyak sudah powerbank berkapasitas besar namun harganya murah. Sebaiknya, kamu merogoh kocek lebih dalam saat akan membeli powerbank.

Beberapa kasus mengatakan bahwa powerbank dengan harga murah menggunakan baterai daur ulang. Tentu saja hal ini dapat merusak handphone kamu jika dipakai terus-terusan.

5 dari 7 halaman

Mengisi Daya Saat Handphone Terasa Panas

Saat mengisi baterai handphone , pastinya gadget kamu satu ini akan terasa lebih panas. Apalagi jika handphone kamu diisi dayanya dengan powerbank.

maka dari itu, hindari mengisi baterai saat handphone masih dalam keadaaan panas. Entah itu karena pemakaian yang nonstop ataupun terkena sinar matahari.

bahkan, jika masih terasa hangat, hindari mengisi daya handphone dengan powerbank.

6 dari 7 halaman

Mengisi Daya Sampai Penuh

Ilustrasi Powerbank © Diadona

Memang baik dan gak bikin repot jika kamu mengisi daya dengan powerbank sampai penuh. Namun, hal ini akan memperburuk keadaan handphone dan juga powerbank kamu lho.

Jika baterai handphone sudah mencapai 80-90 persen, powerbank akan mengeluarkan energi lebih untuk mengisi baterai handphone sampai penuh. tentunya hal ini akan membuat handphone dan juga powerbank kamu cepat rusak.

Beri Komentar