18 Pengumuman Penting dari Apple WWDC 2020, dari iOS 14 Sampai Apple TV

Reporter : Firstyo M.D.
Selasa, 23 Juni 2020 12:44
18 Pengumuman Penting dari Apple WWDC 2020, dari iOS 14 Sampai Apple TV
Apa saja yang akan Apple luncurkan?

Pada Selasa (23/6) dini hari waktu Indonesia, Apple baru saja mengumumkan fitur dan teknologi yang akan diluncurkan dan sedang dikembangkan dalam event bertajuk Worlwide Developers Conference 2020 (WWDC 2020).

Ditayangkan melalui live streaming, ada beberapa hal besar yang diumumkan. Dilansir dari The Verge, berikut adalah 18 pengumuman terbesar yang dilakukan Apple dalam WWDC 2020.

1 dari 7 halaman

Apple iOS 14

iOS 14 © Diadona

Apple menunjukkan wujud dari iOS 14 untuk pertama kalinya dalam WWDC tadi. Ada banyak update besar yang terjadi, salah satunya adalah penempatan widget yang bisa diletakkan di home screen. Seluruh widget akan tersedia di Widget Gallery.

Update lain seperti fitur Picture in Picture (PiP) dan App Library juga akan menjadi bagian dari pembaharuan iOS 14.

Memoji Bervariasi

Memoji akan mendapatkan banyak pembaharuan di iOS 14. Termasuk di dalamnya adalah opsi usia yang lebih banyak, aksesoris seperti masker, dan ekspresi baru seperti tersipu. Penambahan kecil yang juga akan membuat iOS 14 makin menarik.

Apple Maps untuk Pesepeda

Sudah memuat peta untuk kendaraan motor, kendaraan umum, dan bahkan pejalan kaki, di iOS 14 nanti Apple Maps juga akan menyediakan penunjuk arah khusus untuk para pesepeda dan kendaraan listrik. Kota-kota yang akan pertama dijangkau adalah New York City, Los Angeles, San Fransisco, Shanghai, dan Beijing. Jumlah akan bertambah seiring dengan update baru di iOS 14 nantinya.

2 dari 7 halaman

Kunci Mobil Digital

Kunci mobil digital di iOS 14 © Diadona

Apple memperkenalkan cara baru untuk membuka kunci dan menyalakan mesin mobil, yakni melalui aplikasi di smartphone. Pengguna bisa mendaftarkan kuncinya via Apple Wallet dan mobil pun bisa dibuka kunci sekaligus dinyalakan mesinnya lewat fitur NFC. Namun saat ini fitur tersebut baru terbatas untuk mobil BMW 5 Series.

App Clips

Apple meluncurkan App Clips, fitur yang menyerupai Instant Apps pada Android. Pada intinya, fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk mengakses fitur di sebuah aplikasi tanpa harus melakukan instalasi sebelumnya.

Perubahan di iPadOS 14

Serupa dengan iOS, sistem operasi iPadOS 14 yang difungsikan untuk iPad juga akan mendapat update terbaru. Salah satu yang menarik adalah sidebar baru yang akan lebih memudahkan untuk mengakses aplikasi. Untuk pengguna yang memanfaatkan iPad sebagai pengganti laptop, sidebar itu akan sangat memudahkan.

3 dari 7 halaman

Tulisan Tangan di iPadOS 14

Scribble di iPadOS 14 © Diadona

Beberapa orang memanfaatkan iPad sebagai memo elektronik. Hal ini akan difasilitasi dengan adanya fitur baru bernama Scribble. Pengguna bisa mencorat-coret layar layaknya dilakukan di atas kertas dengan bantuan Apple Pencil.

Gonta-Ganti Device Sambungan Airpods

Apple akan mengupdate software AirPods yang memungkinkannya untuk terkoneksi otomatis dengan perangkat yang mulai memainkan audio. Pengguna tidak perlu lagi untuk memilihnya secara manual.

Airpod Pro

Apple mengembangkan kemampuan baru pada AirPods Pro yakni ketersediaan spatial audio yang akan membuat pengguna merasa seperti dikelilingi oleh sumber suara.

4 dari 7 halaman

Face Swapping di WatchOS 7

Appla Watch © Diadona

Apple mempermudah penggunanya dalam berbagi tampilan di Apple Watch atau watchface melalui fitur bernama Face Swapping.

Deteksi Dansa di WatchOS 7

Aplikasi olahraga di Apple Watch yang bisa mendeteksi detak jantung dan jarak tempuh akan mendapat tambahan pilihan olahraga, yakni dansa. Jarak, durasi, dan detak jantung selama berdansa akan dapat dideteksi oleh Apple Watch lewat WatchOS 7. Olahraga menarik yang belum muncul di perangkat lain serupa.

Deteksi Tidur di WatchOS 7

Selain saat berolahraga, kondisi tubuh saat tidur juga akan dapat dideteksi lewat WatchOS 7 di Apple Watch. Belum diketahui mendetil bagaimana sistemnya bekerja, jadi ditunggu aja ya.

5 dari 7 halaman

Deteksi Cuci Tangan di WatchOS 7

Deteksi cuci tangan di Apple Watch © Diadona

Merespon situasi pandemi COVID-19, Apple melalui WatchOS 7 juga akan memfasilitasi para penggunanya melalui pendeteksi cuci tangan. Fitur ini akan mmberi tahu pengguna kapan waktunya mulai dan berhenti mencuci tangan. Terkoneksi dengan mikrofon, Apple Watch dapat mendeteksi apakah kamu benar-benar mencuci tangan dengan mendengarkan suara cipratan air.

Smart Home Apple

Apple akan merilis sebuah teknologi smart home sebagai tambahan untuk perangkat yang bisa menjalankan HomeKit. Teknologi ini nantinya akan berwujud serupa smart home keluaran Google, Amazon, dan Zigbee.

Multiuser Apple Arcade di Apple TV

Kalau kamu sudah sangat ingin mendapat kemudahan dalam mengganti profil di Apple Arcade tanpa harus menghapus profil lama, maka update terbaru Apple TV ini akan sangat membahagiakan. Apple TV juga akan dapat terkoneksi dengan joystick Xbox Elite 2 dan Xbox Adaptive.

6 dari 7 halaman

Picture in Picture di TVOS 14

Apple TV © Diadona

Fitur PiP yang tedapat di iOS 14 akan dibawa ke versi Apple TV oleh TVOS 14. Pengguna bisa melakukan multitasking, melihat sebuah tayangan dalam bentuk insert kecil sembari tetap melakukan aktivitas di tab yang lebih besar.

masOS Big Sur

Apple memperkenalkan update besar untuk software desktopnya yang bernama macOS Big Sur. Update ini akan mendorong OS tersebut baik dari segi fungsi maupu desain sehingga lebih sejajar dengan iOS dan iPadOS.

Proseor yang Dikembangkan Apple

Selama ini Apple telah lama mengunakan prosesor berbasis Intel, namun dalam waktu dekat mereka akan membuat teknologi prosesornya sendiri. Teknologi tersebut sudah digunakan untuk iPhone dan iPads.

Beri Komentar