Daripada Nganggur, Berikut 6 Cara Memanfaatkan Smartphone Tidak Terpakai di Rumah

Reporter : Yoyok
Kamis, 18 Juni 2020 19:50
Daripada Nganggur, Berikut 6 Cara Memanfaatkan Smartphone Tidak Terpakai di Rumah
Bisa jadi jam atau cctv lho

Bagi kalian para penggemar gadget smartphone, sudah wajar jika memiliki hape lebih dari satu. Terkadang, agar up to date, smartphone yang lama pun dibiarin di rumah lalu beli yang baru. Padahal hape yang lama masih bisa dipakai lho.

Memang ada juga yang bakal menjual hape lawas mereka ketika udah ada yang baru. Namun, ada juga orang yang nganggurin smartphone mereka di rumah dan dibiarkan berdebu.

Daripada dianggurin berdebu di rumah, smartphone lawas kamu bisa kamu gunakan dengan berbagai macam fungsi lho. Penasaran? Dikutip dari Phone Arena, yuk intip beberapa cara memanfaatkan smartphone yang gak kepakai di rumah daripada bibiarin berdebu.

1 dari 7 halaman

Konsol Game Portable

Fungsi Lain Smartphone © Diadona

Android memiliki segudang game mobile yang dapat kamu mainkan. Mulai dari game klasik hingga game modern, semua bisa kamu instal lewat Play Store. Kalau kamu punya smartphone nganggur di rumah, hape lawasmu bisa jadi konsol game portable lho.

Kamu tinggal beli controller berbentuk joystick yang sudah banyak dijual dimana-mana. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan Nintendo Switch dengan budget lebih murah.

2 dari 7 halaman

Jam Weker

Fungsi Lain Smartphone © Diadona

Smartphone lawas kamu juga bisa jadi jam weker lho. Sudah banyak juga aplikasi khusus yang hanya menunjukkan waktu beserta fitur-fiturnya.

Aplikasi tersebut juga dapat menampilkan laporan cuaca tiap harinya. Jadi, kamu bisa dapat jam weker multifungsi lho.

3 dari 7 halaman

MP3 Player

Fungsi Lain Smartphone © Diadona

Sudah banyak sekali aplikasi streaming musik dan podcast di Play Store. Mulai Spotify hingga Youtube Music. Dengan begitu, smartphone nganggurmu bisa jadi MP3 Player layaknya iPod lho.

Jika suara yang dihasilkan hapemu kurang enak didengar, kamu bisa pakai speaker lho. Bahkan, kini sudah banyak speaker bluetooth yang mudah kamu dapatkan dimana saja.

4 dari 7 halaman

CCTV

Fungsi Lain Smartphone © Diadona

Jika kamera smartphone lawasmu masih bisa dipakai, kemungkinan hape nganggurmu tersebut bisa digunakan sebagai CCTV. Atau, kamu juga bisa memanfaatkannya sebagai kamera pengawas bayi kecilmu lho.

Caranya cukup mudah, kamu tinggal menginstal aplikasi IP Webcam di smartphone lawasmu. Dengan aplikasi ini, kamu dapat mengakses kamera smartphonemu dari mana saja dengan gadget lain. Bahkan, aplikasi ini sudah dilengkapi dengan sensor gerak lho.

5 dari 7 halaman

Hard Disk Eksternal

Fungsi Lain Smartphone © Diadona

Smartphone zaman sekarang sudah banyak yang memiliki kapasitas memori internal yang cukup besar. Dengan begitu, smartphone nganggurmu bisa kamu manfaatkan sebagai pengganti hard disk eksternal lho.

Bahkan, kamu bisa mereview file-file apa saja yang ada dalam smartphonemu. Bisa juga kamu tambahkan pin atau password agar tidak semua orang bisa mengakses file tersebut.

6 dari 7 halaman

VR (Virtual Reality)

Fungsi Lain Smartphone © Diadona

Smartphone nganggurmu bisa dipakai buat VR lho. Kamu bisa menggunakannya untuk menonton film dengan vibe 3D. SUdah banyak aplikasi yang dapat membuat hapemu menajdi gadget VR.

Kalau kamu tidak memiliki headset VR, kamu bisa bikin sendiri lho. Bahannya pun juga sangat sederhana, kamu bisa membuatnya hanya dengan kardus.

Beri Komentar