Usia Wine Ini Jauh Lebih Tua dari Kerajaan Majapahit, Mau Nyoba?

Reporter : Bagus Prakoso
Selasa, 21 April 2020 08:20
Usia Wine Ini Jauh Lebih Tua dari Kerajaan Majapahit, Mau Nyoba?
Bayangin, disimpan selama lebih dari 1650 tahun, gimana rasanya tuh?

Banyak yang mengatakan jika wine atau anggur memang lebih nikmat jika disimpan selama bertahun-tahun. Bahkan semakin lama disimpan akan semakin mahal harganya.

Namun bagaimana jika Wine disimpan selama lebih dari 1650 tahun? Apakah rasanya makin enak?

Berdasarkan catatan sejarah, the Speyer Wine Bottle merupakan anggur dalam botol paling tua di dunia yang belum pernah dibuka. Botol anggur ini ditemukan di sebuah makam Romawi di wilayah Speyer, Jerman. Seperti apa bentuknya? Yuk kita simak!

1 dari 2 halaman

Wine Tertua di Dunia © Diadona

Penemuan ini terjadi tahun 1867 saat dilakukan penggalian di makam bangsawan Romawi. Dilansir dari thevintagenews, para sejarawan dan peneliti mengatakan kemungkinan botol wine ini berasal dari masa 325 - 359 masehi.

Ini menjadi hal yang sangat unik karena botol anggur ini tetap tertutup dan belum dibuka hingga sekarang. The Speyer Wine Bottle kini disimpan dalam museum.

2 dari 2 halaman

Botol ini berbentuk bejana kaca dengan volume sekitar 1,5 liter. Botol anggur ini berwarna hijau kekuningan dengan pegangan berbentuk seperti lumba-lumba.

Sifat anggur dalam botol menimbulkan banyak spekulasi di kalangan ilmuan karena usianya yang sudah lebih dari 1.000 tahun. Beberapa analisis menyebutkan kadar etanolnya mungkin telah hilang. Namun ada pula yang memperkirakan jika masih ada sedikit kadar alkohol di dalamnya.

Para peneliti berusaha mendapatkan izin untuk menganalisis isinya, namun belum mendapat izin untuk membuka botolnya. Hal ini disebabkan kekhawatiran bahwa interaksi cairan di dalam botol dan lingkungan luar akan berpotensi merusak isinya.

Bagaimana? Ada yang minat cobain?

Beri Komentar