Ilmuan Ciptakan Alkohol Sintetis yang Nggak Bikin Mabuk, yah Jadi Sama Kayak Minum Jus dong?

Reporter : Nasa
Minggu, 5 April 2020 19:11
Ilmuan Ciptakan Alkohol Sintetis yang Nggak Bikin Mabuk, yah Jadi Sama Kayak Minum Jus dong?
Hangover free? Lah terus esensinya minuman beralkohol apa dong jadinya?

Ada sebuah kabar mengejutkan nih dari perkembangan ilmu pengetahuan yang terkait dengan alkohol. Kabarnya nih ya, para ilmuan menemukan minuman beralkohol yang tidak memabukkan dan tidak memberikan efek samping pada hati.

Melansir dari laman The Guardian (05/06), seorang ilmuan di Laboratorium Imperial College London, David Nutt, menyebut bahwa temuan ini menjadi alternatif kesehatan tersendiri. Khususnya bagi mereka yang memiliki kebiasaan meminum alkohol.

Penelitian ini kabarnya sudah dilakukan selama bertahun-tahun dan menjadi proyek ambisius. Nutt beserta timnya menemukan minuman alkohol yang bisa membuat sensasi serupa seperti alkohol biasa, yakni pening dan juga hangat di tubuh.

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Minuman Alkohol © Diadona

2 dari 3 halaman

Namun alkohol sintesis ini tidak memberikan dampak negatif jangka pajang seperti mabuk atau juga dampak merusak pada tubuh. Alkohol ini disebut mengandung ‘Alcosynth’ yang segera dikomersilkan dengan nama ‘Alcarelle’.

Perlu diketahui, David Nutt sendiri merupakan seorang Profesor yang pernah menjadi penasehat pemerintah. Nutt kemudian menemukan Alcosynth yang bisa menentukan target reseptor yang lebih spesifik dan mengabaikan hal lainnya.

3 dari 3 halaman

Namun demikian, Alcarelle ini masih dalam tahap akhir penelitian sebelum akhirmya dilepas di pasaran sebagai produk komersil. Nantinya, produk minuman alkohol yang tidak memabukkan ini membutuhkan perizinan dari otoritas daerah yang akan memperjualbelikannya.

Lebih lanjut, Nutt beserta timnya sedang mengumpulkan dana fantastis sebesar Rp 371 Miliar sebagai modal komersil. Jadi nggak sabar nunggu produknya keluar di pasaran? Katanya masih bisa nimbulin efek pening dan hangat kok.

Jadi esensi alkoholnya nggak ilang-ilang amat ya, nggak jadi kayak minum jus kok. Gimana nih pendapatmu tentang penemuan ilmuan ini? Jangan lupa sampaikan pendapatmu di kolom komentar ya.

Beri Komentar