Panik Corona, Ibu Ini Rendam Bahan Makanan Pakai Air Sabun! Makin Absurd Gini, ya?

Reporter : Hevy Zil Umami
Sabtu, 4 April 2020 05:00
Panik Corona, Ibu Ini Rendam Bahan Makanan Pakai Air Sabun! Makin Absurd Gini, ya?
Ibu yang panik akan virus corona malah berinisiatif merendam semua bahan makanan dalam bak mandi yang berisikan air sabun.

Menjaga kebersihan memang adalah hal yang dianjurkan oleh badan kesehatan dan pemerintah. Salah satunya dengan rajin mencuci tangan dengan sabun. Hal ini guna untuk mencegah virus corona ada di tubuh kita.

Kendati demikian, bukan berarti bahwa air dan sabun dapat digunakan untuk mencuci apalagi merendam apapun yang ada di sekitar kita, seperti bahan makanan. Tapi apa yang dilakukan ibu ini agaknya keliru. Berniat ingin menghilangkan virus corona, ia justru merendam semua bahan makanannya ke dalam bak mandi yang berisikan air sabun mandi.

1 dari 2 halaman

Kelakuan absurd ibu ini diceritakan oleh anaknya sendiri, Evie Lancaster melalui unggahan di akun Twitternya @EvieLancaster. Dalam unggahannya, Evie memperlihatkan bahan makanan seperti kembang kol, brokoli, tomat, bahkan wadah es krim dan makanan lainnya yang direndam bersamaan di dalam air sabun. Terlihat beberapa dari bahan makanan tersebut bahkan ada yang tidak dibungkus plastik sama sekali. Meskipun ada juga yang dibungkus, tetapi ide untuk merendam makanan menggunakan air sabun sebenarnya sangat membahayakan.

2 dari 2 halaman

Seorang Profesor dan Spesialis Keamanan Makanan di North Carolina State University, Benjamin Chapman mengatakan bahwa partikel dalam sabun jika masuk ke dalam perut akan mengakibatkan keracunan.

Karenanya ia menyarankan cukuplah hanya dengan menggunakan air dingin untuk membersihkan bahan makanan. Cara itu akan menghilangkan segala kemungkinanan kotoran atau bakteri yang menempel hingga 90-99%.

Kelakuan ibu itu langsung menjadi viral dan juga menuai komentar dari para netizen. Banyak dari netizen yang mengatakan bahwa cara si ibu merendam makanan menggunakan air sabun bukannya membersihkan malah justru menimbulkan masalah kesehatan.

" Luar biasa, siapa yang suka kembang kol rasa sabun?," tulis seorang netizen.

" Anda tahu menelan sabun bisa membuat anda sakit?," tulis netizen lainnya.

Beri Komentar